Spiritualias dan Hardiness Sebagai Prekdiktor Resiliensi pada Mahasiswa dengan Peran Ganda: Studi pada Mahasiswa Tingkat Akhir yang Memiliki Pekerjaan Sambilan
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji efek dari spiritualitas dan hardiness sebagai prediktor resiliensi pada mahasiswa peran ganda di Daerah Istimewa Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan yang menggunakan metode accidental sampling. Sampel yang didapatkan adalah sejumlah 244 responden mahasiswa tingkat akhir yang memiliki pekerjaan sambilan. Metode pengambilan data dilakukan dengan menggunakan skala spiritualitas, skala hardiness dan skala resiliensi. Teknik analisis data menggunakan uji korelasi pearson product moment dan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa spiritualitas memiliki hubungan yang signifikan terhadap resiliensi (r=.766, p<.01), dan hardiness dengan resiliensi (r=.747, p <.01). Hasil analisis regresi linier berganda menunjukkan adanya efek yang signifikan antara spiritualitas dengan resiliensi (β = .474; t = 8.81; p < .01), serta terdapat efek yang signifikan pula antara hardiness dengan resiliensi. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa spiritualitas dan hardiness secara simultan terbukti memiliki efek secara signifikan terhadap resiliensi pada mahasiswa tingkat akhir yang memiliki pekerjaan sambilan (β = .406; t = 7.54; p < .01) simultan (F (2, 241) = 239,59; p < .01; R2 = .66).
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Asbari, M., Pramono, R., Kotamena, F., Juliana, Sihite, O. B., Alamsyah, V. U., . . . Purwanto, A. (2020). Bekerja sambil kuliah dalam perspektif self management (Studi etnografi pada karyawan etnis jawa di kota seribu industri tangerang). Jurnal Edumaspul, 4(1), 253-263.
Budiaji, W. (2013). Skala pengukuran dan jumlah respon skala likert: (The measurement scale and the number of responses in likert scale). Jurnal Ilmu Pertanian dan Perikanan, 2(2), 127-133.
Cahyani, Y. E., & Akmal, S. Z. (2017). Peranan spiritualitas terhadap resiliensi pada mahasiswa yang sedang mengerjakan skripsi. Jurnal Psikoislamedia, 2(1), 32-41.
Carneiro, E. M., Navinchandra, S. A., Vento, L., Timo´teo, R. P., & Borges, M. d. (2018). Religiousness/spirituality, resilience and burnout in employees of a public hospital in brazil. Journal of Religion and Health, 58(2), 677-685.
Connor, K. M., & Davidson, J. R. (2003). Development of a new resilience scale: The connor-davidson resilience scale (CD-RISC). Depression and Anxiety, 18(2), 76-82.
Dudija, N. (2011). Perbedaan motivasi menyelesaikan skripsi antara mahasiswa yang bekerja dengan mahasiswa yang tidak bekerja. Humanitas, VIII(2), 196-206.
Garcia-Dia, M. J., DiNapoli , J. M., Garcia-Ona, L., Jakubowski, R., & O'Flaherty, D. (2013). Concept analysis: resilience. Archives of Psychiatric Nursing, 27(6), 264-270.
Georgoulas-Sherry, V., & Kelly, D. R. (2019). Resilience, grit, and hardiness: determining the relationships amongst these constructs through structural equation modeling techniques. Journal of Positive Psychology & Wellbeing, 3(2), 165 –178.
Jiménez, B. M., Muñoz, A. R., Hernández, E. G., & Blanco, L. M. (2014). Development and validation of the occupational hardiness questionnaire. Psicothema, 26(2), 207-214.
Keye, M. D., & Pidgeon, A. M. (2013). An investigation of the relationship between resilience, mindfulness, and academic self-efficacy. Open Journal of Social Sciences, 1(6), 1-4.
Kobasa, S. C., Maddi, S. R., & Courington, S. (1981). Personality and constitution as mediators in the stress-Illness relationship. Journal of Health and Social Behavior, 22(4), 368-378.
Maddi , S. R., & Khoshaba, D. M. (2005). Resilience at work: How to succeed no matter what life throws at you. New York: Amacom Books.
Mardelina, E., & Muhson, A. (2017). Mahasiswa bekerja dan dampaknya pada aktivitas belajar dan prestasi akademik. Jurnal Economia, 13(2), 201-209.
Meezenbroek, E. D., Garssen, B., Berg, M. V., Tuytel, G., DierenDonck, D. V., Visser, A., & Schaufeli, W. B. (2012). Measuring spirituality as a universal human experience: Development of the spiritual attitude and involvement list (SAIL). Journal of Psychosocial Oncology, 30(2), 141–167.
Novitasari, Y. (2017). Kompetensi spiritualitas mahasiswa. JOMSIGN: Journal of Multicultural Studies in Guidance and Counseling, 1(1), 45-70.
Resnick, B., Gwyther, L. P., & Roberto, K. A. (2018). Resilience in aging. New York: Springer.
Robert, P., & Saar, E. (2012). Learning and working: The impact of the ‘double status position’ on the labour market entry process of graduates in CEE countries. European Sociological Review, 28(6), 742–754.
Tadayon, M., Dabirizadeh, S., Zarea, K., Behrooz, N., & Haghighizadeh, M. H. (2018). Investigating the relationship between psychological hardiness and resilience with depression in women with breast cancer. Gulf Journal of Oncology, 1(28), 23-30.
VanBreda , A. D. (2001). Resilience theory: A literature review with special chapters on deployment resilience in military families & resilience theory in social work. Pretoria, South Africa: South African Military Health Service.
Yahya, G. M., & Widjaja, S. U. (2019). Analisis prestasi akademik pada mahasiswa yang bekerja part-time di jurusan ekonomi pembangunan fakultas ekonomi universitas negeri malang angkatan 2014. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 12(1), 46-52.
Yanbarisova, D. (2015). The effects of student employment on academic performance in tatarstan higher education institutions. Russian Education and Society, 57(6), 459–482.
DOI: https://doi.org/10.21831/ap.v3i2.45830
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Our Journal is Indexed by:
Acta Psychologia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/acta-psychologia/.