Transmisi Nilai Sopan Santun pada Keluarga Abdi Dalem

Kamilia Rizki Rahmi, , Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses transmisi nilai sopan santun dari orangtua yang bersatus sebagai Abdi Dalem kepada anaknya. Penelitian ini menggunakan desain penelitian kualitatif dengan jenis fenomenologi yang melibatkan subjek 4 keluarga Abdi Dalem dari Kraton Yogyakarta dengan mewawancari ayah yang menjadi Abdi Dalem sebagai informan utama dan anggota keluarga terdekat sebagai informan tambahan, sehingga jumlah subjek penelitian adalah 8 orang. Penelitian ini dilakukan di tempat tinggal responden yang berada di wilayah Bantul, Yogyakarta. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan metode, serta data dianalisis menggunakan konsep analisis Creswell (2019). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keempat keluarga memiliki persamaan pada proses transmisi nilai sopan santun kepada anak-anaknya yaitu menegur anaknya saat keliru dalam menerapkan sopan santun. Selain itu, pada semua keluarga terdapat kesamaan pada sopan santun yang ditanamkan pada anak yaitu penggunaan basa (Bahasa Jawa Krama) saat berbicara dengan orang lain terutama orang yang lebih tua.

 


Keywords


sopan santun, keluarga abdi dalem

Full Text:

PDF

References


Anshori, N. S. (2013, Desember). Makna Kerja (Meaning of Work) Suatu Studi Etnografi Abdi Dalem Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat Daerah Istimewa Yogyakarta. Jurnal Psikologi Industri dan Organisasi, 2(2), 157-162.

Bachri, B. S. (2010, April). Meyakinkan Validittas Data Melalui Triangulasi Pada Penelitian Kualitatif. Jurnal Teknologi Pendidikan, 10(1), 46-62.

Creswell, J. W. (2019). Research Design: Pendekatan Mettode Kualitatif, Kuantitatif, dan Campuran (4 ed.). (A. Fawaid, & R. K. Pancasari, Penerj.) Yogyakarta: PUSTAKA PELAJAR.

Daheri, M., & Warsah, I. (2019). Pendidikan Akhlak: Relasi Antara Sekolah Dengan Keluarga. At- Turats Jurnal Pemikiran Pendidikan Islam, 13(1), 3-20.

Erzad, A. M. (2017, Juli- Desember). Peran Orang Tua Dalam Mendidik Anak Sejak Dini di Lingkungan Keluarga. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudatul Athfal, 5(2), 414-431.

Fardani, M. A., & Wiranti, D. A. (2019, Maret 20). Peran Orang Tua Dalam Pengembangan Bahasa Jawa Anak Usia Dini. Prosiding Seminar Nasional "Penguatan Muatan Lokal Bahasa da Sastra Daerah Sebagai Fondasi Pendidikan Karakter Generasi Milenial", 116-122.

Fitrah, M., & Luthfiyah. (2017). Metode Penelitian: Penelitian Kualitatif, Tindakan Kelas, & Studi Kasus.

Sukabumi: CV Jejak.

Gunandha, Reza. (11 September 2019). Viral Video Siswa SMP Acungkan Sabit Karena HP Disita. Diakses pada tanggal 22 Februari 2019, dari https://jogja.suara.com/read/2019

/09/11/172451/viral-video-siswa- smp-acungkan-sabit-karena-hp- disita-guru?page=all

Gunarsa, S. D. (2008). Psikologi Praktis: Anak, Remaja, dan Keluarga. Jakarta: PT BPK Gunung Mulia.

Hanafi, Ristu. (22 Februari 2019). Heboh Video Siswa di Yogya Tantang dan Dorong Guru Gegara HP Disita. Diakses pada tanggal 22 Februari 2019, dari

https://news.detik.com/berita- jawa-tengah/d-4439071/heboh- video-siswa-di-yogya-tantang-dan- dorong-guru-gegara-hp-disita

Haryanto, H. C., & Rahmania, T. (Juni 2017). Nilai-Nilai yang Penting Terkait dengan Etika. Jurnal Psikologi Ulayat, 4(1), 1-10.

Herdiansyah, H. (2012). Metode Penelitian Kualitatif untuk Ilmu-ilmu Sosial. Jakarta: Penerbit Salemba Humanika.

Hidayati, F., Kaloeti, D. V., & Karyono. (2011, April). Peran Ayah dalam Pengasuhan Anak. Jurnal Psikologi Undip, 9(1), 1-10.

Jannah, D. (2018). Single Parent: Ayah sebagai pembina Moral Anak. Rannah Research, 1(1).

Laili, W. N. (2016, Oktober). Konsep Diri Remaja Muslim Pengguna Bahasa Jawa Krama. Profetik Jurnal Komunikasi, 09(02), 61-69.

Lestari, R. (2016). Transmisi Nilai Prososial Pada Remaja Jawa. Jurnal Indigenous, 1(2), 33-44.

Lestari, S. (2016). Psikologi Keluarga: Penanaman Nilai dan Penanganan Konflik dalam Keluarga. Jakarta: PRENADAMEDIA GROUP.

Moleong, L. J. (2014). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT REMAJA ROSDAKARYA.

Mustafa, H. (2011). Perilaku Manusia Dalam Perspektif Psikologi Sosial. Jurnal Administrasi Bisnis, 7(2), 143-

Nurjamily, W. O. (2015, Desember). Kesatuan Berbahasa Indonesia dalam Lingkungan Keluarga (Kajian Sosiopragmatik). Jurnal Humanika, 3(15).

Purwadi, Y. A. (2016). Perancangan Komik Unggah Ungguh di DIY Berjudul "Ora Ilok". Yogykarta: Institut Seni Indonesia.

Putri, D. P., & Lestari, S. (2015, Februari). Pembagian Peran dalam Rumah Tangga pada Pasangan Suami Istri Jawa. Jurnal Penelitian Humaniora, 16(1), 72-85.

Rakhmawati, I. (Juni 2015). Peran Keluarga Dalam Pengasuhan Anak. Konseling Religi: Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 6(1), 1-18.

Rochayanti, C., & Pujiastuti, E. E. (Agustus 2012). Sosialisasi Budaya Lokal dalam Keluarga Jawa. Jurnal Ilmu Komunikasi, 10(3), 308-320.

Santrock, J. W. (2012). Life Span Development: Perkembangan Masa Hidup (13 ed.). Jakarta: Penerbit Erlangga.

Saputro, H., & Talan, Y. O. (2017, Oktober). Pengaruh Lingkugan

Keluarga Terhadap Perkembangan Psikososial Pada Anak Prasekolah. Journal of Nursing Practice, 1(1), 1-8.

Sarwono, S. W. (2015). Psikologi Lintas Budaya. Jakarta: Rajawali Pers.

Setiawan, D. (2018). Dampak Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi Terhadap Budaya. Simbolika, 4(1), 62-72.

Sudaryanto, A. (2008, Februari). Hak dan Kewajiban Abdi Dalem Pemerintah Kraton Yogyakarta. Mimbar Hukum, 20(1), 1-191.

Sumaryanti, L. (2017, Januari-Juli). Peran Lingkungan Terhadap Perkembangan Bahasa Anak. Muaddib, 07(01), 72-89.

Wahyuningsih, S. K., & Surbakti, A. H. (2018, Mei-Agustus). Perubahan Bahasa dan Budaya Jawa di Yogyakarta Pada Era

Globalisasi. Jurnal As-Salam, 2(2), 53-59.

Wardani, F. L., & Uyun, Z. (2017). "Ngajeni Wong Liyo"; Menghormati

Orang yang Lebih Tua Pada Remaja Etnis Jawa. Jurnal Ilmiah Psikologi, 2(2), 176-183.

Yusuf, S., & Nurihsan, J. (2011). Teori Kepribadian. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Zulaeha, I. (2017). Strategi Pemertahanan Bahasa Daerah PAda Ranah Pendidikan. Jurnal Peradaban Melayu, 12, 40-46.




DOI: https://doi.org/10.21831/ap.v3i2.46195

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Our Journal is Indexed by:

Crossref 

e-ISSN: 2746-122X

 

Creative Commons License
Acta Psychologia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/acta-psychologia/.