Hubungan Kepribadian Tahan Banting (Hardiness) Dengan Manajemen Waktu Pada Mahasiswa

Ummu Salamah, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Pandemi covid 19 membuat pembelajaran serba online sehingga para mahasiswa perlu mengelola waktu dan menyesuaikan dirinya dalam kondisi yang serba baru dan tidak menentu. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui adakah hubungan antara kepribadian tahan banting (hardiness) dengan manajemen waktu pada mahasiswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Sampel dalam penelitian ini merupakan 109 mahasiswa dengan metode accidental sampling. Instrumen yang digunakan adalah skala kepribadian tahan banting (hardiness) dan skala manajemen. Instrumen disebar secara online dengan menggunakan Google Form. Uji hipotesis menggunakan Pearson product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif antara kepribadian tahan banting (hardiness) dengan manajemen waktu secara signifikan dengan nilai korelasi sebesar r =0,684, artinya tingginya rendahnya skor kepribadian tahan banting (hardiness) berkaitan dengan tinggi rendahnya skor manajemen waktu dan/atau tinggi rendahnya skor manajemen waktu berkaitan dengan tinggi rendahnya skor kepribadian tahan banting (hardiness).


Keywords


kepribadian tahan banting, manajemen waktu, mahasiswa

Full Text:

PDF

References


Abdollahi, A., Maleki Farab, N., Panahipour, S., & Allen, K. A. (2020). Academic Hardiness As A Moderator Between Evaluative Concerns Perfectionism And Academic Procrastination In Students. The Journal Of Genetic Psychology, 181(5), 365-374.

Abdollahi, A., Panahipour, S., Akhavan Tafti, M., & Allen, K. A. (2020). Academic Hardiness As A Mediator For The Relationship Between School Belonging And Academic Stress. Psychology In The Schools, 57(5), 823–832. Doi:10. 1002/Pits.22339

Al-Kumaim, N. H., Alhazmi, A. K., Mohammed, F., Gazem, N. A., Shabbir, M. S., & Fazea, Y. (2021). Exploring The Impact Of The Covid-19 Pandemi On University Students’ Learning Life: An Integrated Conceptual Motivational Model For Sustainable And Healthy Online Learning. Sustainability, 13(5), 2546.

Arnett, J. J. (2006). Emerging Adulthood: Understanding The New Way Of Coming Of Age. Dalam J. J. Arnett, & J. L. Tarnner, Emerginjg Adults In America: Coming Of Age In The 21st Century (Hal, 3-19). Washington Dc: American Psychologycal Association.

Azar, S., & Zafer, S. (2013). Confirmatory Factor Analysis Of Time Management Behavior Scale: Evidence From Pakistan. Interdisciplinary Journal Of Contemporary Research In Business, 4(12), 946-959.

Azwar, S. (2019). Metode Penelitian Psikolofi edisi ii. Yogyakarta, Indonesia: Pustaka Pelajar.

Azwar, S. (2019). Realibilitas dan Validitas Edisi 4. Yogyakarta, Indonesia: Pustaka Pelajar.

Azwar, S. (2007). Metode Penelitian. Pustaka Pelajar: Yogyakarta

Davidson. (2002). Mengelola Waktu. Jakarta: Gramedia

Efimova, O. I., Grinenko, A. V., Kalinina, N. V., Miroshkin, D. V., Bazhdanova, Y. V., Oshchepkov, A. A., & Ivleva, S. A. (2019).

Personality Hardiness As A Factor Determining The Interaction Of A Person With The Environment (Psychological And Ecological Aspects). Ekoloji Dergisi, (107).

Florian, V., Mikulincer, M., & Taubman, O. (1995). Does Hardiness Contribute To Mental Health During A Stressful Real Situation? The Role Of Appraisal Coping. Journal Of Personality And Social Psychology , 68 (4), 687-695.

Kobasa. S. C. (1979). Stressful Life Events, Personality And Health: An Inquiry Into Hardiness. Journal Of Personality An Social Psychology. Vol 37, 1-11

Kresnapati, P., & Setyawan, D. A. (2020). Analisis Perkuliahan Daring Mahasiswa Pjkr Universitas Pgri Semarang Sebagai Dampak Pandemi Covid 19. Edu Sportivo: Indonesian Journal Of Physical Education, 1(1), 25-32.

Macan, T. H. (1990). Time Management: Test Of Process Model. Journal Of. Applied Psychology. 79, 3, 381 391.

Mandaku, V., & Aloysius, S. (2017). Pengaruh Motivasi Berprestasi, Locus Of Control, Dan Manajemen Waktu Terhadap Prokrastinasi Akademik. Naskah Tidak Diterbitkan. Jakarta Timur: Sekolah Tinggi Ilmu Statistik

Marlinda, I. W., Supriono, Y., & Herani, I. (2015). Hubungan Hardiness Dengan Locus Of Control Eksternal Pada Mahasiswa Perantauan Dalam Menyelesaikan Skripsi. Psikoislamika: Jurnal Psikologi Dan Psikologi Islam, 12(1), 23-31

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (2020). Surat Edaran Nomor 3 Tahun 2020 Tentang Pencegahan COVID-19 pada Satuan Pendidikan. Diunduh pada tanggal 06 Mei 2021 dari https://www.kemdikbud.go.id

Moreno-Jiménez, B., Rodríguez-Muñoz, A., Hernández, E. G., & Blanco, L. M. (2014). Development And Validation Of The Occupational Hardiness Questionnaire. Psicothema, 207-214.

Mukhtar, K. H. A. D. I. J. A. H., Arooj, M. A. H. W. I. S. H., & Mukhtar, M. A. H. N. O. O. R. (2020). A Cross-Sectional Study: Time Management Skills Among Medical Students In Pakistan. Pakistan J. Med. Heal. Sci, 14(1), 159-162.

Nasrul, D. F. (2020). Manajemen Waktu Belajar Di Perguruan Tinggi Pada Masa Pandemi Covid-19. Journal Of Islamic Educational Management Vol. 1, No. 3

Nugroho, F. W., & Karyono, K. (2014). Hubungan Antara Hardiness Dengan Kecemasan Menghadapi Dunia Kerja Pada Mahasiswa Tingkat Akhir. Empati, 3(3), 76-84.

Nurrahmaniah, N. (2019). Peningkatan Prestasi Akademik Melalui Manajemen Waktu (Time Management) Dan Minat Belajar. Andragogi: Jurnal Pendidikan Islam Dan Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 149-176.

Roscoe. (1975): (Ge 1702:Essential Academic English Shinawatra University) Http:/Sola.Siu.Ac.Th/Sola/Public/Facsites/Ge1701/Reading/Sampling.Pdf

Setiawan, I., & Irsyada, R. (2019, October). Time Management Sebagai Sarana Pencapaian Progam Ontime Graduatiation. In Prosiding Seminar Nasional Iptek Olahraga (Senalog) (Vol. 2, No. 1).

Spaleniak J, M., & Pizuńska, D. (2019). Hardiness As A Mediator Of Health. In The Book Of Articles National Scientific Conference For Phd Students Ii Edition (P. 31).

Srijanti, P., & P. Artiningrum. (2017). Etika Membangun Sikap Profesionalisme Sarjana. Jakarta: Graha Ilmu.

Sunarya, P. A., Bin Ladjamudin, A. B., & Dewanto, I. J. (2017). Hubungan Antara Manajemen Waktu Dengan Prestasi Belajar Mahasiswa Program Studi Diii Komputerisasi Akuntansi Amik Raharja Informatika. Cyberpreneurship Innovative And Creative Exact And

Social Science, 3(2), 115-121.

Urfillah, U., & Muflikhati, I. (2017). Motivasi Berwirausaha, Manajemen Waktu, Manajemen Keuangan, Dan Prestasi Akademik Pada Mahasiswa Wirausaha. Jurnal Ilmu Keluarga & Konsumen, 10(1), 71




DOI: https://doi.org/10.21831/ap.v4i1.51549

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Our Journal is Indexed by:

Crossref 

e-ISSN: 2746-122X

 

Creative Commons License
Acta Psychologia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/acta-psychologia/.