PENGGUNAAN METODE LATIHAN BERSAMA TEMAN SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KOMPETENSI MENULIS PARAGRAF ARGUMENTATIF PADA SISWA KELAS X SMA N 1 DEPOK
Abstract
Penelitian ini bertujuan (1) menggunakan Metode Latihan Bersama Teman
dalam pembelajaran bahasa Indonesia, (2) meningkatkan kompetensi menulis
paragraf argumentatif siswa kelas XA SMAN 1 Depok.
Penelitian dilakukan melalui penelitian tindakan kelas. Setting penelitian ini
adalah siswa kelas XA SMA Negeri 1 Depok semester satu tahun ajaran 2012-2013.
Subjek penelitian ada 32 siswa yang terdiri dari 9 laki-laki dan 23 perempuan. Kriteria siswa adalah tertinggi nilai UN-nya dibandingkan dengan siswa kelas X yang
lain, namun kompetensi menulis paragraf argumentatifnya rendah. Objek penelitian ini adalah peningkatan kompetensi menulis paragraf argumentatif. Penelitian
ini terdiri dari dua siklus, masing-masing siklus menggunakan empat komponen
tindakan dalam satu spiral yang saling terkait. Komponen tindakan tersebut adalah
(1) perencanaan tindakan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi, dan (4) reflksi.
Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah observasi, dokumentasi, catatan
lapangan, tes, dan angket siswa. Jenis data penelitian ini adalah data primer, yaitu
data yang diperoleh dari hasil observasi, hasil tes dalam proses pembelajaran yang
berupa nilai siswa yang diperoleh melalui proses pembimbingan, hasil tes akhir, dan
hasil angket siswa. Data dianalisis dengan teknik analisis data kualitatif, analisis
data kuantitatif, dan analisis reflksi putaran penelitian tindakan kelas.
Hasil penelitian ini menyatakan bahwa Metode Latihan Bersama Teman yang
digunakan pada pembelajaran menulis paragraf argumentatif siswa kelas XA SMA N
1 Depok tahun ajaran 2012-2013 (1) dapat dilakukan dengan cara memberdayakan
siswa yang telah mencapai nilai tuntas untuk menilai dan membimbing siswa yang
belum mencapai nilai tuntas, (2) dapat meningkatkan kompetensi menulis paragraf
argumentatif siswa kelas XA SMA N 1 Depok, (3) sebagai akibat pemberdayaan
siswa membimbing teman, penelitian ini dapat menumbuhkan kegiatan remidial
dan pengayaan secara beriringan saat KBM berlangsung sehingga terjadi peningkatan kompetensi.
Kata kunci : Menulis paragraf; paragraf argumentatif; metode Latihan Bersama
dalam pembelajaran bahasa Indonesia, (2) meningkatkan kompetensi menulis
paragraf argumentatif siswa kelas XA SMAN 1 Depok.
Penelitian dilakukan melalui penelitian tindakan kelas. Setting penelitian ini
adalah siswa kelas XA SMA Negeri 1 Depok semester satu tahun ajaran 2012-2013.
Subjek penelitian ada 32 siswa yang terdiri dari 9 laki-laki dan 23 perempuan. Kriteria siswa adalah tertinggi nilai UN-nya dibandingkan dengan siswa kelas X yang
lain, namun kompetensi menulis paragraf argumentatifnya rendah. Objek penelitian ini adalah peningkatan kompetensi menulis paragraf argumentatif. Penelitian
ini terdiri dari dua siklus, masing-masing siklus menggunakan empat komponen
tindakan dalam satu spiral yang saling terkait. Komponen tindakan tersebut adalah
(1) perencanaan tindakan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi, dan (4) reflksi.
Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah observasi, dokumentasi, catatan
lapangan, tes, dan angket siswa. Jenis data penelitian ini adalah data primer, yaitu
data yang diperoleh dari hasil observasi, hasil tes dalam proses pembelajaran yang
berupa nilai siswa yang diperoleh melalui proses pembimbingan, hasil tes akhir, dan
hasil angket siswa. Data dianalisis dengan teknik analisis data kualitatif, analisis
data kuantitatif, dan analisis reflksi putaran penelitian tindakan kelas.
Hasil penelitian ini menyatakan bahwa Metode Latihan Bersama Teman yang
digunakan pada pembelajaran menulis paragraf argumentatif siswa kelas XA SMA N
1 Depok tahun ajaran 2012-2013 (1) dapat dilakukan dengan cara memberdayakan
siswa yang telah mencapai nilai tuntas untuk menilai dan membimbing siswa yang
belum mencapai nilai tuntas, (2) dapat meningkatkan kompetensi menulis paragraf
argumentatif siswa kelas XA SMA N 1 Depok, (3) sebagai akibat pemberdayaan
siswa membimbing teman, penelitian ini dapat menumbuhkan kegiatan remidial
dan pengayaan secara beriringan saat KBM berlangsung sehingga terjadi peningkatan kompetensi.
Kata kunci : Menulis paragraf; paragraf argumentatif; metode Latihan Bersama
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/jig%20cope.v0i1.2936
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Ilmiah Guru (JIG) COPE oleh http://journal.uny.ac.id/index.php/cope disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.
Indexed by: