UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF PADA KELAS XI IPA4 SMA NEGERI 5 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011

Sapto Nugroho, SMA N 5 Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Penelitian  ini bertujuan  untuk mendeskripsikan: (1)  respon siswa dalam pembelajaran    dengan   media  berbasis multimedia interaktif, dan (2) peningkatan prestasi  belajar siswa setelah diterapkan media pembelajaran  berbasis multimedia interaktif pada pokok  bahasa  "Peluang" dalam mata pelajaran Matematika di kelas XIIPA 4 SMAN 5  Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan, subyek siswa kelas IX IPA 4 SMA N 5 Yogyakarta, menggunakan design dari Kemmis dan Me Taggart. Data dikumpulkan dengan tes dan lembar bservasi,selanjutnya data dianalisis secara  deskriptif.  Hasil penelitian  menunjukkan bahwa penerapan media pembelajaran  berbasis multimedia interaktif dapat meningkatkan   prestasi belajar siswa untuk materi "Peluang". Pada siklus I, hasil  ketuntasan   belajar secara klasikalyang dicapai adalah 62,38%, kemudian pada siklus II meningkat menjadi 71,43%, sehingga terjadi  peningkatan sebesar 9.05%.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jig%20cope.v16i01.3951

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Jurnal Ilmiah Guru (JIG) COPE oleh http://journal.uny.ac.id/index.php/cope disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

View My Stats

Indexed by:

Flag Counter