PENINGKATAN BUDI PEKERTI MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK PADA SISWA KELAS IX C SMP NEGERI 4 WATES KULON PROGO

Agus Sutik Dwiartanta, SMP N 4 Wates Kulon Progo, Indonesia

Abstract


Pendidikan budipekerti yang selama ini dilakukan oleh guru belum memperhatikan konsep-konsep atau ide-ide dari anak, yang cenderung mendekte dan memaksakan anak melakukan atau mentaati. Sehingga semakin tnenurunnya pribadi   siswa  dalam  budi pekertinya. Oleh karena itu guru bimbingan dan konseling perlu  melakukan penelitian tindakan kelas melalui layanan bimbingan dan konseling yang melibatkan siswa secara langsung  melalui  dinamika   kelompok, yaitu layanan bimbingan kelompok. Tujuan penelitian tindakan kelas ini dilakukan untuk meningkatkan  budi pekerti  siswa melalui layanan bimbingan kelompok. Penelitian  tindakan  kelas ini dilaksanakan  dengan  menerapkan  salah satu jenis  pemberian  layanan bimbingan dan konseling yaitu jenis layanan bimbingan kelompok, pada proses layanan bimbingan siklus I maupun siklus II. Setiap pelaksanaan dilakukan kolaborasi dengan guru sejenis untuk mengetahui peningkatan pemahaman budi pekerti siswa. Setelah selesai layanan bimbingan  kelompok  dilakukan  rejleksi untuk mengevaluasi  efektifitas penerapan jenis layanan serta untuk menentukan bentuk tindakan yang  akan dilaksanakan dalam proses layanan berikutnya. Teknik pengumpulan data dengan  observasi, angket dan lembar penilaian. Analisis data menggunakan teknik diskripsi kualitatif. Hasil penelitian  menunjukkan bahwa pada siklus I aktivitas siswa dalam layanan bimbingan  kelompok  mencapai rata-rata 56,94%(sedang) dengan ketuntasan pos tes pokok  bahasan  budi pekerti  (Siswa yang mendapat nilai 6,5  atau lebih) mencapai 80,56%. Pada siklus II aktivitas siswa dalam layanan  bimbingan kelompok mencapai rata-rata 66, 90%(baik) dan ketuntasan pos tes materi budi pekerti 88,24%. Dengan demikian layanan  bimbingan kelompok dapat meningkatkan pemahaman  tentang budipekerti siswa IX C SMP Negeri 4 Wates, diperoleh dari hasil nilai pre tes ke post tes sebesar 35,29% menjadi 88,24% atau terjadi peningkatan sebesar 52,95%

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jig%20cope.v16i01.3952

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Jurnal Ilmiah Guru (JIG) COPE oleh http://journal.uny.ac.id/index.php/cope disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

View My Stats

Indexed by:

Flag Counter