PENINGKATAN BUDI PEKERTI MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK PADA SISWA KELAS IX C SMP NEGERI 4 WATES KULON PROGO
Abstract
Pendidikan budipekerti yang selama ini dilakukan oleh guru belum memperhatikan konsep-konsep atau ide-ide dari anak, yang cenderung mendekte dan memaksakan anak melakukan atau mentaati. Sehingga semakin tnenurunnya pribadi siswa dalam budi pekertinya. Oleh karena itu guru bimbingan dan konseling perlu melakukan penelitian tindakan kelas melalui layanan bimbingan dan konseling yang melibatkan siswa secara langsung melalui dinamika kelompok, yaitu layanan bimbingan kelompok. Tujuan penelitian tindakan kelas ini dilakukan untuk meningkatkan budi pekerti siswa melalui layanan bimbingan kelompok. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dengan menerapkan salah satu jenis pemberian layanan bimbingan dan konseling yaitu jenis layanan bimbingan kelompok, pada proses layanan bimbingan siklus I maupun siklus II. Setiap pelaksanaan dilakukan kolaborasi dengan guru sejenis untuk mengetahui peningkatan pemahaman budi pekerti siswa. Setelah selesai layanan bimbingan kelompok dilakukan rejleksi untuk mengevaluasi efektifitas penerapan jenis layanan serta untuk menentukan bentuk tindakan yang akan dilaksanakan dalam proses layanan berikutnya. Teknik pengumpulan data dengan observasi, angket dan lembar penilaian. Analisis data menggunakan teknik diskripsi kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I aktivitas siswa dalam layanan bimbingan kelompok mencapai rata-rata 56,94%(sedang) dengan ketuntasan pos tes pokok bahasan budi pekerti (Siswa yang mendapat nilai 6,5 atau lebih) mencapai 80,56%. Pada siklus II aktivitas siswa dalam layanan bimbingan kelompok mencapai rata-rata 66, 90%(baik) dan ketuntasan pos tes materi budi pekerti 88,24%. Dengan demikian layanan bimbingan kelompok dapat meningkatkan pemahaman tentang budipekerti siswa IX C SMP Negeri 4 Wates, diperoleh dari hasil nilai pre tes ke post tes sebesar 35,29% menjadi 88,24% atau terjadi peningkatan sebesar 52,95%
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/jig%20cope.v16i01.3952
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Ilmiah Guru (JIG) COPE oleh http://journal.uny.ac.id/index.php/cope disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.
Indexed by: