ANALISIS WACANA IKLAN PERAWATAN KULIT WAJAH PADA MAJALAH FEMME ACTUELLE (Pendekatan Mikrostruktural dan Makrostruktural)

Siti Perdi Rahayu, Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aspek-aspek kohesi dan koherensi yang terdapat dalam iklan perawatan kulit wajah Crème Bienfaisante, NIVEA Q10, Idéalia Life Serum, dan IXXI Pearlixime pada majalah Femme Actuelle. Metode Pengumpulan data yang digunakan adalah metode simak dengan teknik dasar teknik sadap dan teknik lanjutan SBLC (Simak Bebas Libat Cakap), serta teknik catat dan diakhiri dengan klasifikasi. Untuk menganalisis data digunakan metode agih dan metode padan. Hasil penelitian menunujukan bahwa Penggunaan aspek kohesi dalam wacana iklan Perawatan Kulit Wajah (Crème Bienfaisante, NIVEA Q10, Idéalia Life Serum, dan IXXI Pearlixime) adalah sebagai berikut: elipsis sebanyak 36 (35,65 %), konjungsi/perangkai 32 (31,69 %), repetisi 12 (11,89), referensi 6 (5,94 %), kolokasi 7 (6,93%), substitusi 4 (3,96%), sinonim dan hiponimi masing-masing 2 (1,98 %). Jenis kohesi elipsis adalah yang paling banyak digunakan. Elipsis ini berfungsi menimbulkan rasa penasaran atau ingin tahu dari pembaca terhadap hal-hal yang tidak diungkapkan dalam teks. Aspek koherensi meliputi hubungan makna: penambahan 9 (30%), kewaktuan 7 (23,34%), penjelas 5 (16,67%), tempat 3 (10%), kepemilikan dan persyaratan masing-masing 2 (6,67%), tujuan dan perbandingan masing-masing 1 (3,34%). Semua wacana iklan perawatan kulit wajah memberikan informasi yang khusus dan terperinci tentang produk, menampilkan foto produk dan model, disertai dengan ilustrasi yang jelas tentang pesan produk. Pada umumnya, perawatan kulit wajah bertujuan untuk membuat kulit wajah wanita tidak kelihatan tua, mencegah timbulnya atau menghilangkan keriput. Di samping itu, kulit wajah wanita diharapkan harus selalu kelihatan segar, ceria, tidak kusam, dan tidak kelihatan capai. Perawatan kulit wajah ini juga harus dilakukan setiap hari, dengan krim pagi dan krim malam. serta serum yang bisa digunakan setiap saat

Kata kunci: Wacana, Iklan, Kohesi, Referen, Substitusi, Elipsis, Konjungsi, Kolokasi, Koherensi


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/diksi.v23i1.6626

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 1970 DIKSI



 

Jurnal Diksi is published by Faculty of Languages, Arts, and Culture, Universitas Negeri Yogyakarta. It is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Based on a work at http://journal.uny.ac.id/index.php/diksi

 

Our Journal has been Indexed by:

  

  

   

Diksi Journal is published by the Faculty of Languages, Arts, and Culture Universitas Negeri Yogyakarta in collaboration with Himpunan Sarjana Kesusasteraan Indonesia (HISKI)

Supervised by:


 
Translator
 
View My Stats