Internalisasi Seni-Budaya Bangsa Masyarakat Multikultural Melalui Implementasi Project Based Learning

Herdiwati Herdiwati, SMA Negeri 2 Yogyakarta

Abstract


Penelitian bertujuan menginternalisasi seni-budaya masyarakat multikultural pada siswa Klas XI MIA 4 SMA Negeri 2 Yogyakarta. Model Project Based Learning  digunakan pada Penelitian Tindakan Kelas untuk mencapai kompetensi sikap, pengetahuan dan ketrampilan. Penekanan pembelajaran terletak pada aktivitas-aktivitas siswa pada hasil produk dengan menerapkan keterampilan meneliti, menganalisis, berkarya,  sampai mempresentasikan proses pembelajaran melaluii pengalaman nyata. Berdasarkan analisa data yang dilakukan, diperoleh hasil, yaitu sikap siswa pada proses pembelajaran rata-rata 75%, project insiklopedia masyarakat multikultural 100 %, pelaksanaan diskusi kelompok 80 %, kegiatan psikomotorik 81,5 %, evaluasi hasil proyek foto 76,5 dan proyek video 81,5. Pada presentasi nilai pos-tes mengalami peningkatan dari pretes 2,4. Hasil tersebut menunjukkan Implementasi Project Based Learning dapat menginternalisasi seni-budaya suku bangsa-suku bangsa masyarakat multikultural, pada  siswa kelas XI MIA 4 SMA  Negeri 2 Yogyakarta tahun pembelajaran  2019-2020.

Keywords


Internalisasi, Seni-budaya, Project Based Learning

Full Text:

PDF

References


Asra dan Sumiyati , (2018), Metode Pembelajaran , Bandung : CV. Wacana Prima.

Azhar, A. (2009). Media Pembelajaran. Jakarta. Rajawali Pers

Dimyati & Mudjiono (2006), Belajar dan Pembelajaran, Jakarta : Rineka Cipta.

Fathurrohman, Muhammad. 2015. Model-model Pembelajaran Inovatif Alternatif Desain Pembelajaran yang Menyenangkan. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Kamdi, W dkk. (2007). Model-Model Pembelajaran Inovatif. Universitas Negeri Malang. Malang

Purwa Atmaja (2011), Psikhologi Pendidikan Dalam Perspektif Baru, Jogjakarta, Ar-Ruzz Media.

Shoimin, Aris. 2014. Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum (2013). Yogyakarta: Ar-ruzz Media.

Suharsimi Arikunto dan Supardi Suhardjono ( 2006 ), Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Bumi Aksara.

Syaiful Bahri Djamaroh (2010), Startegi Belajar Mengajar, Jakarta : Rineka Cipta.

Slamet Triyono (2018), Anthropologi untuk SMA/MA kelas X, Bandung, Yrama Widya

Wina Sanjaya ( 2008 ), Strategi Pembelajaran, Jakarta : Kencana Prenada.

Zaini Hisyam ( 2007 ), Metode Belajar Strategi Belajar, Yogyakarta: Pustaka Insan Madani




DOI: https://doi.org/10.21831/dimensia.v10i1.41054

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Herdiwati Herdiwati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

eISSN : 2654-9344   |     pISSN : 1978-192X

Dimensia is abstracting, indexing, and listing  in the following databases: 

                           

Follow us at  dimensia.sosiologi

Suported by:

RJI Main logo

Dimensia dalam https://journal.uny.ac.id/index.php/dimensia/index mengikuti aturan lisensi Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional 

https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/deed.id

https://creativecommons.org/licenses/by-nc/2.0/deed.en

 

View My Stats