COVID-19: RELASI SOSIAL SISWA DI BANTEN PADA PEMBELAJARAN JARAK JAUH (PJJ)
Rizki Setiawan, Pendidikan Sosiologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
Abstract
Dampak pandemi covid-19 pada sektor pendidikan ialah pelaksanaan pembelajaran jarak jauh secara daring. Hal itu mereduksi sistem pendidikan dari berbagai aspek termasuk dimensi sosial. Aktivitas sosial yang biasa terjadi di sekolah tidak memungkinkan dilakukan sehingga terjadi hambatan terhadap proses sosial secara langsung antar siswa. Oleh karena itu, Tujuan penelitian ini adalah untuk menggambarkan bagaimana relasi sosial siswa SMA lokal Banten dalam situasi Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) di tengah pandemi covid-19. Penelitian ini menggunakan metode survei. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu: kuantitas interaksi langsung tatap muka bersifat jarang dan tidak sukarela. Interaksi tidak langsung melalui media teknologi bersifat intens dan terjalin keakraban pada pola interaksi tidak langsung secara online.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Amber Hollar.2008. “Social Experiences in the Classroom”,https://sites.google.com/site/crmmprojectsite/Home/chapter-11--relevance-strategy. Diakses 7 April 2021.
Doni harfiyanto,dkk.”Pola Interaksi Sosial Siswa Pengguna Gadget Di Sma N 1 Semarang”,Journal of Educational Social Studies, volume 4, No 1, 2015:3.
Hurst, B., Wallace, R., & Nixon, S. B, “The Impact of Social Interaction on Student Learning”, Reading Horizons: A Journal of Literacy and Language Arts, Vol 52, No 4, 2013:376-382.
I Gede Sedana Suci, dkk. 2020. Pengantar Sosiologi Pendidikan.Pasuruan: Qiara Media.
Kemenlu. 22 April 2020. “Kebijakan Pemerintah Republik Indonesia terkait Wabah Covid-19”. https://kemlu.go.id/. Diakses 29 Maret 2021.
Maunah, Binti. 2016. Sosiologi pendidikan. Yogyakarta: Media.
Rizki Setiawan, “Karakteristik Dasar Literasi Digital dan Relasi Sosial Generasi Milenial Banten”,Sosioglobal: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Sosiologi, Volume 4, no 2, 2020,158-166.
Soekanto, Soerjono. 2019. Sosiologi Suatu Pengantar. Depok: Rajawali Pers.
Subadi, Tjipto. 2009. Sosiologi dan Sosiologi Pendidikan. Surakarta: Fairuz Media.
Totok Wahyu Abadi,dkk. 2013. Media Sosial dan Pengembangan Hubungan Interpersonal Remaja di Sidoarjo. Jurnal Ilmu Komunikasi, vol 2 no 1: 99-100.
Widodo,T. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif. Solo: UNS Press.
Yohannes Marryono Jamun,dkk. “Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Pola Interaksi Sosial Siswa SMA Di Kecamatan Langke Rembong”, Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, volume 3, No 1, 2019, 6.
DOI: https://doi.org/10.21831/dimensia.v10i2.47297
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Dede Yusuf, Rizki Setiawan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
eISSN : 2654-9344 | pISSN : 1978-192X
Dimensia is abstracting, indexing, and listing in the following databases:
Follow us at dimensia.sosiologi
Suported by:
Dimensia dalam https://journal.uny.ac.id/index.php/dimensia/index mengikuti aturan lisensi Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional
https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/deed.id
https://creativecommons.org/licenses/by-nc/2.0/deed.en
View My Stats