Evaluasi Program ‘Inigenting’ Generasi Berencana (Genre) untuk menurunkan stunting di Kubu Raya, Kalimantan Barat
Margaretha Andriani AP, Departemen Pendidikan Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Tanjungpura, Indonesia
Tasya Damaya, Departemen Pendidikan Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Tanjungpura, Indonesia
Afnan Triyuning Andini, Departemen Pendidikan Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Tanjungpura, Indonesia
Amelia Ng, Departemen Pendidikan Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Tanjungpura, Indonesia
Marini Marini, Departemen Pendidikan Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Tanjungpura, Indonesia
Antonia Sasap Abao, Departemen Pendidikan Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Tanjungpura, Indonesia
Silvia Santri, Departemen Pendidikan Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Tanjungpura, Indonesia
Abstract
Program Inigenting dimulai pada awal 2023 dengan fokus pada sosialisasi edukasi gizi dan pencegahan anemia pada remaja guna meningkatkan status gizi dan menurunkan angka stunting. Namun, program ini belum berkontribusi signifikan, terbukti dari meningkatnya angka stunting di Kabupaten Kubu Raya sebesar 8,8% pada 2023. Penelitian ini mengevaluasi efektivitas program menggunakan Model CIPP (Context, Input, Process, Product) oleh Stufflebeam dan Shienkfield dengan pendekatan kualitatif deskriptif melalui observasi dan wawancara. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa konteks, strategi, dan sumber daya program dikategorikan baik, sementara pelaksanaan dan manajemen program juga dinilai baik. Namun, kualitas peserta, tanggapan terhadap program, serta keberlanjutan program masih cukup baik. Kendala utama adalah cakupan program yang terbatas, durasi yang belum optimal, serta belum adanya upaya keberlanjutan yang jelas.
The Inigenting program began in early 2023, focusing on nutrition education and anemia prevention among adolescents to improve their nutritional status and reduce stunting rates. However, the program has not had a significant impact, as stunting in Kubu Raya Regency increased by 8.8% in 2023. This study evaluates the program's effectiveness using the CIPP (Context, Input, Process, Product) model by Stufflebeam and Shienkfield, employing a qualitative descriptive approach through observations and interviews. The evaluation results indicate that the program's context, strategies, and resources are categorized as good, while implementation and management are also rated positively. However, participant quality, program reception, and sustainability are only moderately effective. The main challenges include limited program coverage, insufficient duration, and the absence of clear sustainability efforts.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anindita, D. D., Hidayat, D., & Musa Safuri. (2023). Penerapan Evaluasi Model CIPP Pada Program Pendidikan Anak Usia Di Paud Al-Fattah Jakarta. Jurnal Untirta, 8(1), 30–38.
Aziz Rezki Antartila. (2021). Penerapan Program Generasi Berencana (Genre) Di Kota Palembang. Jiana: Jurnal Ilmu Administrasi Negara, 19(3), 190–206.
BKKBN, Genre Indonesia, & Rise Foundation. (2023). Modul Edukasi dan Aksi Remaja Untuk Gizi dan Pencegahan Anemia.
Defi, E. F. (2020). Evaluasi Program Generasi Berencana Melalui Pusat Informasi Konseling Remaja Di Sekolah Menengah Pertama Negeri (Smpn) Kota Makassar. Skripsi tidak dipublikasikan, Universitas Hasanuddin.
Dinas Kesehatan. (2023). Data Tren Masalah Gizi pada Balita Stunting.
Hadiyat, R. (2022). Prevalensi Stunting Pada 1000 Hari Pertama Kehidupan. Journal Of Baja Health Science, 2(1), 61–77.
Haryani, S., Astuti, P. A., & Sari, K. (2021). Pencegahan Stunting melalui Pemberdayaan Masyarakat dengan Komunikasi Informasi dan Edukasi di Wilayah Desa Candirejo Kecamatan Ungaran Barat Kabupaten Semarang. Jurnal Pengabdian Kesehatan, 4(1), 30–39.
Jayanti, D. Y., & Novananda, E. N. (2019). Pengetahuan Tentang Gizi Seimbang Dengan Status Gizi Pada Remaja Putri Kelas Xi Akuntansi 2 (Di Smk Pgri 2 Kota Kediri). Jurnal Kebidanan, 6(2), 100–108.
Krisnawaty, A., Trisnawati, E., Widyastutik, O., & Alamsyah, D. (2023). Pemberian MP-ASI Sebagai Penentu Utama Stunting di Kabupaten Kubu Raya. Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia (MPPKI), 6(9).
Lubis, H. Z., & Nurwati, N. R. (2020). Pengaruh Pernikahan Usia Dini Terhadap Pola Asuh Orang Tua . Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (JPPM), 1(1), 1–13.
Mufid, M. (2020). Evaluasi Model Context, Input, Process and Product (CIPP) Program Baca Tulis Al-Qur’andi Institut Agama Islam Negeri Pekalongan. Journal Of Empirical Research In Islamic Education, 8(1), 1–14.
Nasihi, A., & Hapsari, R. A. T. (2022). Monitoring dan Evaluasi Kebijakan Pendidikan. Indonesian Journal of Teaching and Learning, 1(1), 77–88.
Nurhayani, Yaswinda, & Movitaria, A. M. (2022). Model Evaluasi CIPP Dalam Mengevaluasi Program Pendidikan Karakter Sebagai Fungsi Pendidikan. Jurnal Inovasi Penelitian, 2(8).
Nuryuliyani, E. (2023, July 28). Mengenal Lebih Jauh tentang stunting. Kemenkes: Direktorat Jendral Pelayanan Kesehatan.
Peraturan Presiden Nomor 72. (2021). Peraturan Presiden Nomor. 72 Tahun 2021 Tentang Percepatan Penurunan Stunting.
Purnaningsih, N., & Lestari, E. (2021). Keberlanjutan Program Kawasan Rumah Pangan Lestaribagisatu Kelompok Wanita Tani Di Kelurahan Beji,Kabupaten Wonogiri,Provinsi Jawa Tengah. Jurnal Agro Ekonomi, 39(1), 69–80.
Puspita, S. A., Nugraha, R., & Simanjorang, F. (2023). Generasi Berencana (GENRE) Sebagai Upaya Penciptaan Human Capital. Triwikrama: Jurnal Multidisiplin Ilmu Sosial, 2(2).
Putri, I. Z., & Sukmana, C. (2023). Evaluasi Program Pelatihan Fungsional Dasar bagi Penyuluh Keluarga Berencana di BKKBN Provinsi Jawa Barat. Lifelong Education Jurnal, 3(1), 6–16. https://journal.imadiklus.or.id/index.php/lej
Sari, K. D., & Noer, U. khaerul. (2021). Evaluasi Program Generasi Berencana Di Dki Jakarta. Jurnal Indonesia Sosial Teknologi, 2(9).
Sukarman. (2023). Implementation Of The Accelerated Stunting Reduction Movement Program In The District Kubu Raya. Journal of Public Admnistration and Sociology of Development, 4(2), 633–644.
Topik, Y. I. (2020). Pengetahuan Ibu Tentang Stunting Pada Balita Di Posyandu Desa Segarajaya. Indonesian Journal of Health Development, 2(3).
Warju. (2016). Innovation of Vocational Technology Education Educational Program Evaluation using CIPP Model. Jurnal UPI, 36–42.
Wijayanti, I. N., Yulianti, R., & Wijaya, B. (2019). Evaluasi Program Pendidikan Pemakai Dengan Model CIPP di Perpustakaan Fakultas Teknik UGM. Jurnal Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, 3(1).
DOI: https://doi.org/10.21831/dimensia.v14i1.73524
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Hana Farhanafiza Aulia

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
eISSN : 2654-9344 | pISSN : 1978-192X
Dimensia is abstracting, indexing, and listing in the following databases:
Follow us at dimensia.sosiologi
Suported by:
Dimensia dalam https://journal.uny.ac.id/index.php/dimensia/index mengikuti aturan lisensi Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional
https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/deed.id
https://creativecommons.org/licenses/by-nc/2.0/deed.en
View My Stats