Rancang Bangun Electronic Control Unit Berbasis Arduino pada Mesin Motor Dua Langkah

Fahmy Ferdian Dalimarta, Politeknik Muhammadiyah Tegal, Indonesia
Muzakki Mahdi, Politeknik Muhammadiyah Tegal, Indonesia
Jaelani Jaelani, Politeknik Muhammadiyah Tegal, Indonesia
Randi Dwi Wibisono, Politeknik Muhammadiyah Tegal, Indonesia

Abstract


Pengguna sepeda motor dua-langkah dihadapkan pada realitas bahwa konsumsi bahan bakar kendaraan mereka relatif boros, disamping itu terdapat kendala yang sering terjadi yakni tidak berfungsinya karburator kendaraan secara optimal. Hal ini menjadi permasalahan karena sistem karburator yang tidak stabil mengakibatkan debit bahan bakar yang keluar tidak sesuai dengan yang semestinya. Tujuan penelitian ini adalah perancangan dan pembangunan sebuah rangkaian Electronic Control Unit (ECU) yang terhubung dengan pompa injeksi bahan bakar guna menggantikan karburator yang dapat mengatur bukaan bahan bakar pada mesin dua-langkah dan menyimpan pengaturan tersebut secara permanen. Perancangan ECU dikembangkan dengan metode riset dan pengembangan purwarupa mesin kendaraan Engine Module Simulator yang merepresentasikan Throttle Position Sensor dan Pulser. Setelah purwarupa menunjukkan hasil uji yang sesuai, maka ECU diterapkan pada kendaraan yang sebenarnya. Hasil pengujian perangkat ECU ini didapatkan peningkatan rasio konsumsi bahan bakar berbanding jarak tempuh dari 1:14.4 menjadi 1:27.4 kilometer per liter bahan bakar. Persentase penghematan yang didapatkan adalah sebesar 90.3 persen.

Keywords


Arduino; Electronic Control Unit; Engine two-stroke

Full Text:

105-111 (PDF)

References


Achebe, C. H., Ogunedo, B. M. O., Chukwuneke, J. L., & Anosike, N. B. (2020). Analysis of diesel engine injector nozzle spray characteristics fueled with residual fuel oil. Heliyon, 6(8), e04637. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2020.e04637

Ahtian, M., & Sari, R. (2022). Metode Forward Chaining Pada Sistem Pakar Diagnosa Gangguan Mesin Sepeda Motor Vespa-2-Tak. Journal of Students‘Research in Computer Science, 3(1), 73–88. https://doi.org/10.31599/jsrcs.v3i1.1176

Amir. (2019). Pelatihan Servis Sepeda Motor Tipe Karburator untuk Karang Taruna Desa Srikamulyan, Kecamatan Tirtajaya, Kabupaten Karawang. Jurnal Buana Pengabdian, 1(2), 54–66. https://doi.org/10.36805/jurnalbuanapengabdian.v1i2.1207

Badan Pusat Statistik RI. (2021). Statistik Transportasi Darat 2020.

Cheng, A., Wang, L., Xiong, Q., Zhang, Y., & Feng, Y. (2019). Design of Analog Signal Detection System for Vehicle Control Unit. 2019 Chinese Control and Decision Conference (CCDC), 3012–3015. https://doi.org/10.1109/CCDC.2019.8833159

Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral. (2021). Statistik Minyak dan Gas Bumi Semester I 2021.

Duarte, G. O., Gonçalves, G. A., & Farias, T. L. (2014). A Methodology to Estimate Real-world Vehicle Fuel Use and Emissions based on Certification Cycle Data. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 111, 702–710. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.01.104

Duc, K. N., Nguyen, Y.-L. T., Duy, T. N., Nghiem, T.-D., Le, A.-T., & Huu, T. P. (2021). A robust method for collecting and processing the on-road instantaneous data of fuel consumption and speed for motorcycles. Journal of the Air & Waste Management Association, 71(1), 81–101. https://doi.org/10.1080/10962247.2020.1834470

Hidayat, S., & Soewono, A. (2018). Kaji Eksperimental Pengaruh Fuel Injection Pulse Terhadap Kinerja Motor Otto. Cylinder, 4(1), 14–20.

Kawahara, N. (2008). Automotive Applications. In Comprehensive Microsystems (pp. 369–390). Elsevier. https://doi.org/10.1016/B978-044452190-3.00067-7

Mahmoudzadeh Andwari, A., Pesyridis, A., Esfahanian, V., & Said, M. (2019). Combustion and Emission Enhancement of a Spark Ignition Two-Stroke Cycle Engine Utilizing Internal and External Exhaust Gas Recirculation Approach at Low-Load Operation. Energies, 12(4), 609. https://doi.org/10.3390/en12040609

Pramudito, G., Fibriani, L. N., & Syahroni, S. (2021). Pembuatan Alat TPS (Throttle Position Sensor) Checker Pada Sepeda Motor Honda Revo PGM-FI Berbasis IoT Menggunakan Modul ESP32. Technologic, 12(2). https://doi.org/10.52453/t.v12i2.381

Prasetyo, I., Saputro, Y., & Khalilullah, A. R. (2021). Perbandingan Efisiensi Bahan Bakar dan Emisi Gas Buang Kendaraan Teknologi VVT-I Dengan Dual VVT-I. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin Undiksha, 9(1), 42–49. https://doi.org/10.23887/jptm.v9i1.31385

Reddy, K. V. M. K., Reddy, B. M., Reddy, K. C. S., Kartheek, P., & Adarsh, T. S. (2021). Comparative investigation of electronic fuel injection in two-wheeler applications: A Review. IOP Conference Series: Materials Science and Engineering, 1116(1), 012073. https://doi.org/10.1088/1757-899X/1116/1/012073

Šarkan, B., Loman, M., Synák, F., Richtář, M., & Gidlewski, M. (2022). Influence of Engine Electronic Management Fault Simulation on Vehicle Operation. Sensors, 22(5), 2054. https://doi.org/10.3390/s22052054

Señara, A. L., Emata, V. D., & Quento, N. D. (2022). Engine Electronic Control Module (ECM): An Instructional Mock-Up Development. Global Scientific Journal, 10(3), 1180–1196.

Setiyo, M., & Utoro, L. (2017). Re-Mapping Engine Control Unit (ECU) Untuk Menaikkan Unjuk Kerja Mesin Sepeda Motor. Sintek Jurnal, 11(2), 62–68.

Suparta, I. N., Suarta, I. M., Rahtika, I. P. G. S., & Sunu, P. W. (2021). Perbandingan konsumsi bahan bakar pada sistem injeksi dan sistem karburator. Journal of Applied Mechanical Engineering and Green Technology, 2(3), 108–113. https://doi.org/10.31940/jametech.v2i3.108




DOI: https://doi.org/10.21831/dinamika.v7i2.53301

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Dinamika Vokasional Teknik Mesin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Lisensi Creative Commons 

Jurnal Dinamika Vokasional Teknik Mesin by http://journal.uny.ac.id/index.php/dynamika was distributed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


 

 

 

in collaboration with:

 

 

View My Stats