Civic education di Negara Korea Selatan dan Inggris

Fatikha Fauziah, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Pendidikan diyakini berperan penting dalam memajukan peradaban bangsa. Hampir setiap negara menanamkan kewarganegaraan melalui pendidikan dengan cara yang berbeda-beda. Perbedaan ini dilatarbelakangi oleh perkembangan sejarah, ekonomi, identitas nasional, dan budaya setiap negara. Artikel ini bertujuan untuk menganalisis pendidikan kewarganegaraan di Korea Selatan dan Inggris dengan menggali atribut yang melatarbelakanginya. Kedua negara dipilih karena memiliki kesebandingan yakni maju dalam bidang industry. Hasil telaah menunjukkan bahwa terdapat perbedaan kurikulum pendidikan kewarganegaraan di kedua negara. Inti dari pendidikan kewarganegaraan (civic virtue) di Korea Selatan berasal dari budaya dan keyaninan, yakni budaya konfusianisme dan agama leluhur. Sedangkan, inti pendidikan kewarganegaraan di Inggris berasal dari sejarah dan ideologinya.

 

Kata kunci: Pendidikan kewarganegaraan, Korea Selatan, Inggris

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/foundasia.v10i2.27926

Refbacks

  • There are currently no refbacks.





Our journal indexed by:

  

View My Stats