Foodstagramming hyperreality in consumption behavior in Indonesia
Nurhadi Nurhadi, Universitas Sebelas Maret Surakarta, Indonesia
Sigit Pranawa, Universitas Sebelas Maret Surakarta, Indonesia
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adiasih, P., & Brahmana, R. K. M. R. (2015). Persepsi terhadap makanan tradisional Jawa Timur: Studi awal terhadap mahasiswa perguruan tinggi swasta di Surabaya. KINERJA: Journal of Business and Economics, 19(2), 112-125. Doi: https://doi.org/10.24002/kinerja.v19i2.538
Andesta, D. (2018). Analisis Kebutuhan Anak Usia Dasar dan Implikasinya dalam Penyelenggaraan Pendidikan. JIP (Jurnal Ilmiah PGMI), 4(1), 83-97. Doi: https://doi.org/10.19109/jip.v4i1.2269
Anwar, F. (2017). Perubahan dan permasalahan media sosial. Jurnal Muara: Ilmu Sosial, Humaniora, dan Seni, 1(1), 137-144. Doi: https://doi.org/10.24912/jmishumsen.v1i1.343
Assegaf, S. (2017). Evaluasi pemanfaatan media sosial sebagai sarana knowledge sharing. Jurnal Manajemen Teknologi, 16(3). 271-293.
Atanasova, A. (2016). The psychology of foodstagramming. Retrieved from https://www.socialmediatoday.com/social-networks/psychology-foodstagramming
Azrimaidaliza, A., & Purnakarya, I. (2011). Analisis pemilihan makanan pada remaja di Kota Padang, Sumatera Barat. Kesmas: National Public Health Journal, 6(1), 17-22. Doi: http://dx.doi.org/10.21109/kesmas.v6i1.114
Baidhowi, B., & Zaki, I. (2014). Implementasi konsumsi Islami pada pengajar pondok pesantren (Studi kasus pada pengajar pondok pesantren Al-Aqobah Kecamatan Diwek Kabupaten Jombang). Jurnal Ekonomi Syariah: Ekonomi dan Terapan, 1(9), 610-621. Doi: http://dx.doi.org/10.20473/vol1iss20149pp%25p
Bergh, C. (2019). LS&Co.’s Chip Bergh: Why Business Leaders Need to Take a Stand on Gun Violence. Retrieved from https://www.levistrauss.com/2018/09/05/chip-bergh-take-stand-gun-violence/
CupoNation. (2018). Sosial media dan messenger di Indonesia. Retrieved from https://www.cuponation.co.id/magazin/indonesia-berada-pada-peringkat-ke-empat-pengguna-facebook-dan-instagram-terbanyak.
Demartoto, A. (2009). Kajian terhadap pemikiran postmodernisme jean baudrillard tentang realitas semu dalam masyarakat era simulasi. FISIP UNS: Surakarta.
Fitria, H. (2016). Hiperrealitas dalam sosial media (Studi kasus: makan cantik di Senopati pada masyarakat perkotaan). Informasi, 45(2), 91-98. Doi: https://doi.org/10.21831/informasi.v45i2.7985
Ilyas, R. (2016). Etika konsumsi dan kesejahteraan dalam perspektif ekonomi Islam. Jurnal At-Tawassuth: Jurnal Ekonomi Islam, 1(1), 152-172. Doi: http://dx.doi.org/10.30821/ajei.v1i1.367
Mufidah, N. L. (2012). Pola konsumsi masyarakat perkotaan: Studi deskriptif pemanfaatan foodcourt oleh keluarga. BioKultur, 1(2), 157-178.
Mulawarman, M., & Nurfitri, A. D. (2017). Perilaku pengguna media sosial beserta implikasinya ditinjau dari perspektif psikologi sosial terapan. Buletin Psikologi, 25(1), 36-44. Doi: http://dx.doi.org/10.22146/buletinpsikologi.22759
Rahman, N., Dwi, N. U., & Armawaty, F. (2016). Faktor-faktor yang berhubungan dengan perilaku makan pada remaja SMA Negeri 1 Palu. PREVENTIF: Jurnal Kesehatan Masyarakat, 1(7), 43-52.
Ritzer, G. (2003). Teori Sosial Postmodern. Kreasi Wacana: Yogyakarta.
Sada, H. J. (2017). Kebutuhan dasar manusia dalam perspektif pendidikan Islam. Jurnal Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 8(2), 213-226. Doi: https://doi.org/10.24042/atjpi.v8i2.2126
Sari, E., & Dwiarti, R. (2018). Pendekatan hierarki abraham maslow pada prestasi kerja karyawan PT. Madubaru (Pg Madukismo) Yogyakarta. Jurnal Perilaku dan Strategi Bisnis, 6(1), 58-77. Doi: https://doi.org/10.26486/jpsb.v6i1.421
Sarup, M. (2003). Post-structuralism and postmodernism. Jendela: Yogyakarta.
Solis, B. (2010). Engage: The complete guide for brands and businesses to build, cultivate, and measure success in the new web. Newark: Wiley.
Sufa, S. A. (2017). Tren gaya hidup sehat dan saluran komunikasi pelaku pola makan food combining. Jurnal Komunikasi Profesional, 1(7), 105-120.
Sugiyono, S. (2013). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Suhaeb, F. W., & Kahfi, M. A. (2017, February). Fenomena hiperrealitas masyarakat pada makanan. Paper presented at Seminar Nasional Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial Membentuk Karakter Bangsa dalam Rangka Daya Saing Global, Grand Clarion Hotel, Makassar.
Suryani, I. (2014). Pemanfaatan media sosial sebagai media pemasaran produk dan potensi Indonesia dalam upaya mendukung ASEAN Community 2015 (Studi social media marketing pada twitter Kemenparekraf RI dan Facebook DISPARBUD Provinsi Jawa Barat). Jurnal Komunikasi, 8(2), 123-138.
Watie, E. D. S. (2011). Komunikasi dan media sosial (Communications and social media). Jurnal The Messenger: Culture Studies, IMC and Media, 3(1), 69-75. Doi: http://dx.doi.org/10.26623/themessenger.v3i2.270
Widodo, D. R. (2015). Jajak pendapat, budaya unggah foto makanan. Litbang Kompas.
DOI: https://doi.org/10.21831/hsjpi.v7i1.28916
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Our journal indexed by:
Printed ISSN (p-ISSN): 2356-1807 | Online ISSN (e-ISSN): 2460-7916
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0