Mentoring karakter keagamaan mahasiswa: respon dan implikasi
Hazma Hazma, Politeknik Negeri Bandung, Indonesia
Hasbi Assidiqi Mauluddi, Politeknik Negeri Bandung, Indonesia
Rini Rahman, Universitas Negeri Padang, Indonesia
Abstract
Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan persepsi mahasiswa terhadap program tutorial keagamaan di Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) dengan fokus pembahasan pada respon mahasiswa, faktor pembentuk respon, dan implikasinya terhadap pelaksanaan mentoring keagamaan di masa depan. Studi ini dilatarbelakangi oleh kebutuhan untuk memahami bagaimana respon mahasiswa terhadap program mentoring keagamaan sehingga dapat dijadikan sebagai dasar pengembangan program di masa depan. Penelitian melibatkan 1359 mahasiswa UPI yang telah mengikuti program tutorial keagamaan pada semester genap tahun 2024. Data yang terkumpul dianalisis secara deskriptif melalui penghitungan frekuensi, persentase, mean, dan standar deviasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa umumnya memiliki persepsi positif terhadap program tutorial keagamaan, khususnya terkait dengan pengelolaan, penjadwalan dan durasi sesi yang dianggap memadai dan fleksibel sesuai dengan kebutuhan mahasiswa. Materi yang disampaikan dinilai relevan dan disajikan dengan cara yang mudah dipahami, yang menunjukkan efektivitas metode program yang diterapkan. Interaksi dengan tutor juga mendapat respons positif, dengan tutor yang mampu menjelaskan materi secara menarik dan interaktif serta memberikan umpan balik yang konstruktif, sangat diapresiasi oleh mahasiswa. Penelitian ini menghasilkan beberapa implikasi penting dalam pengelolaan kegiatan mentoring keagamaan di masa depan. Pertama, pendidikan keagamaan dalam konteks kontemporer. Kedua, menggabungkan fleksibilitas dan personalisasi. Ketiga, meningkatkan kualitas tutor. Keempat, pengembangan inklusiv. Kelima, evaluasi berkelanjutan.
This article aims to describe student perceptions of the religious mentoring program at Univeristas Pendidikan Indonesia (UPI), focusing on student responses, factors influencing these responses, and their implications for the future implementation of religious mentoring. This study is motivated by the need to understand how students respond to the religious mentoring program so that it can serve as a basis for future program development. The research involved 1359 UPI students who participated in the religious tutorial program during the second semester of 2024. The collected data were analyzed descriptively through the calculation of frequencies, percentages, means, and standard deviations. The findings indicate that students generally have a positive perception of the religious tutorial program, particularly regarding its management, scheduling, and the duration of sessions which are deemed adequate and flexible according to student needs. The material presented is considered relevant and is delivered in an easily understandable manner, demonstrating the effectiveness of the applied program methods. Interaction with tutors also received positive responses, with tutors who are able to explain the material in an engaging and interactive manner and provide constructive feedback, which is highly appreciated by the students. This study produces several important implications for the management of future religious mentoring activities: first, religious education in a contemporary context; second, the integration of flexibility and personalization; third, enhancing tutor quality; fourth, inclusive development; fifth, continuous evaluation.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anwar, R. N., & Muhayati, S. (2021). Upaya membangun sikap moderasi beragama melalui pendidikan agama islam pada mahasiswa perguruan tinggi umum. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 12(1), 1–15.
Fakhruddin, A., Islamy, M. R. F., Romli, U., & Subakti, G. E. (2023). RELIGIOUS EDUCATION, DIVERSITY, AND CONFLICT RESOLUTION: A Case Study of Universitas Pendidikan Indonesia Lab School in Building a Culture of Tolerance and Interreligious Dialogue. https://doi.org/10.15642/religio.2023.13.1.20-40
Firmansyah, M. I., Syarief Nurdin, E., Hakam, K. A., Kosasih, A., & Hakam, A. (2023). Strengthening the Moderate Character of Students’ through the Co-curricular Islamic Education Tutorial Program at Public Universities. In Jurnal Iqra’ : Kajian Ilmu Pendidikan (Vol. 8, Issue 2). http://journal.iaimnumetrolampung.ac.id/index.php/ji/
Hanafi, Y. (2017). Transformasi Kurikulum Mata Kuliah Pendidikan Agama Islam di Perguruan Tinggi Umum: Dari Paradigma Normatif-Doktriner Menuju Paradigma Historis-Kontekstual. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran (JPP), 23(1), 27–37.
Hanifa, A., Nazwa Aulya, C., Wisesa, N. S., Faturrohman, R., & Hadiansyah, S. (2023). Survei Kepuasan Peserta Program Tutorial Terhadap Program Tutorial PAI UPI. In EDUCATION: Scientific Journal of Education (Vol. 1, Issue 2). https://journal.csspublishing/index.php/education
Helwani, A., Agustina, A., & Jannah, N. (2023). PEMBINAAN MENTAL SPIRITUAL AL-ISLAM KEMUHAMMADIYAHAN BAGI MAHASISWA SEMESTER 2 PENDIDIKAN BAHASA ARAB FAKULTAS AGAMA ISLAM. Journal of Community Empowerment, 2(2), 88–91.
Murdianto, M. (2024). Analisis Strategi Dosen dalam Membentuk Karakter Keagamaan Mahasiswa di Institut Agama Islam Qomarul Huda Bagu. EDUKASIA: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(1), 495–500.
Nasih, A. M., Sultoni, A., & Thoriquttyas, T. (2020). Ragam penguatan pendidikan agama islam (PAI) di perguruan tinggi umum. Delta Pijar Khatulistiwa.
Nasih, A. M., Sultoni, A., & Thoriquttyas, T. (2021). Formulation of curriculum moderation on religious mentoring: Case study from three public universities in Indonesia. In Community Empowerment through Research, Innovation and Open Access (pp. 13–17). Routledge. https://doi.org/10.1201/9781003189206-3
Ni’amah, M., Asfahani, A., Musa, M., & Husnita, L. (2023). Pendampingan Kajian Agama dan Wawasan Keagamaan dalam Meningkatkan Spiritual Siswa SMK. Assoeltan: Indonesian Journal of Community Research and Engagement, 1(1), 11–19.
Nurhaeni, S., & Herawati, H. (2022). Penanaman akhlak mulia siswa melalaui kegiatan Kokurikuler Pendidikan Agama Islam (PAI). Tawazun: Jurnal Pendidikan Islam, 15(3), 439–446.
Purwanto, Y., Qowaid, Q., & Fauzi, R. (2019). Internalisasi Nilai Moderasi Melalui Pendidikan Agama Islam di Perguruan Tinggi Umum. EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Dan Keagamaan, 17(2), 110–124.
Qodratulloh, W. (2017). Persepsi Mahasiswa Terhadap Program Pendidikan Karakter melalui Mentoring Pendidikan Agama Islam di Politeknik Negeri Bandung. JURNAL HANDAYANI PGSD FIP UNIMED, 7(1), 13–19.
Rahman, R., Murniyetti, M., & Qodratulloh, W. S. (2023). Pengembangan nilai moderasi beragama dalam materi akidah pada perkuliahan pendidikan agama Islam di Universitas Negeri Padang. Jurnal Humanika, 23(2), 211–216. https://doi.org/10.21831/hum.v23i2.65538.211-216
Rohimah, R. B., & Ngulwiyah, I. (2022). Penanaman Karakter Melalui Program Tadarus Dan Mentoring Lingkar Studi Pekanan (LSP) Untirta. Jurnal Pendidikan Karakter JAWARA (Jujur, Adil, Wibawa, Amanah, Religius, Akuntabel), 8(1).
Romansah, T. (2017). Implementasi kegiatan mentoring keagamaan dalam pembinaan karakter islami. Atthulab: Islamic Religion Teaching and Learning Journal, 2(1), 63–82.
S, W. Q., Hazma, Suhartini, I., Milanti, A. A., & Arsyad, Z. (2023). Pengadaptasian “The Most Significant Change” sebagai Alat Evaluasi Pembelajaran PAI di Perguruan Tinggi. Jurnal Hawari, 4(2), 149–156.
S, W. Q., M, H. A., Hafidhuddin, Hadikusuma, R., & Rahman, R. (2022). Mainstreaming Religious Moderation in Polytechnic, Quo Vadis? TARBAWY: Indonesian Journal of Islamic Education, 9(2), 229–241.
Sandana, J., Thaha, H., & Zainuddin, F. (2021). Optimalisasi Manajemen Program Ekstrakurikuler Rohani Islam. Kelola: Journal of Islamic Education Management, 6(2), 137–152.
Sanusi, I., Ruswandi, U., Thohir, A., & As’ad, M. (2023). Internalisasi Nilai-Nilai Modersi Beragama Melalui Mentoring Karakter Terintegrasi Pendidikan Agama (Metagama). Jurnal Sosial Teknologi, 3(11), 880–897.
Suparlan, & AW, S. F. (2017). Manajemen Pendidikan Karakter Berbasis Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Perguruan Tinggi Umum. Jurnal Humanika, 17(2), 112–132.
Supriadi, U., Rindu, M., Islamy, F., & Faqihuddin, A. (2023). Internalization of Wasathiyyah Values in Efforts to Enhance the Religiosity and Tolerance of Students Based on Mentoring: An Exploratory Study of the UPI Tutorial Program. In Jurnal Iqra’ : Kajian Ilmu Pendidikan (Vol. 8, Issue 2). http://journal.iaimnumetrolampung.ac.id/index.php/ji/
Utami, V., Muhibah, S., & Handoyo, A. W. (2022). Pengaruh Kegiatan Mentoring Keagamaan Program LSP Untirta terhadap Pengembangan Karakter Jawara Mahasiswa. Guidance: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 19(02), 132–140.
DOI: https://doi.org/10.21831/hum.v24i2.73143
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Waway Qodratulloh S, Hazma Hazma, Hasbi Assidiqi Mauluddi, Rini Rahman
Supervised by
Our Journal has been Indexed by
Humanika: Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum by http://journal.uny.ac.id/index.php/humanika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.