Analisis semiotika lirik lagu berjudul "Nanti Kita Seperti Ini"

Sela Anjelika, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Artikel ini mengkaji makna kebahagiaan pada lirik lagu “Nanti Kita Seperti Ini” karya Batas Senja melalui analisis semiotika Roland Barthes. Teori semiotika Roland Barhes digunakan untuk menjelaskan denotasi, konotasi, dan mitos dari makna kebahagiaan yang terkandung dalam lirik lagu tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kualitatif dengan model interpretatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik studi dokumen melalui penelusuran terhadap berbagai macam sumber yang relevan dengan topik yang sedang dianalisis.  Hasil kajian semiotika Roland Barthes pada lirik lagu “Nanti Kita Seperti Ini” karya Batas Senja adalah sebagai berikut. Makna denotasi menunjukkan perasaan cinta yang besar dan keinginan untuk memaknai kebahagiaan bersama. Makna konotasi berkaitan dengan keterkaitan manusia dalam memaknai kebahagiaan berbekal keyakinan kepada Tuhan. Sementara itu, mitos yang terkandung dalam lirik lagu tersebut adalah kerja sama dalam hubungan untuk memaknai kebahagiaan itu sendiri.penelitian.

 


Keywords


lirik lagu; makna kebahagiaan; semiotika

References


Anggito, A., & Setiawan, J. (2018). Metodologi penelitian kualitatif. CV Jejak (Jejak Publisher).

Aulia, A., Diana, D., & Setiawan, D. (2022). Pentingnya Pembelajaran Musik untuk Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age, 6(1), 160-168.

Fitri, R. D. (2024). Pengaruh Musik Terhadap Mood Dan Emosi Peran Musik Dalam Kesehatan Mental. Circle Archive, 1(4).

Halimah, L. (2016). Musik Dalam Pembelajaran. EduHumaniora| Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 2(2).

Harnia, N. T. (2021). Analisis semiotika makna cinta pada lirik lagu “tak sekedar cinta” karya dnanda. Jurnal Metamorfosa, 9(2), 224-238.

Kevinia, C., Aulia, S., & Astari, T. (2022). Analisis Teori Semiotika Roland Barthes Dalam Film Miracle in Cell No. 7 Versi Indonesia. Journal of Communication Studies and Society, 1(2), 38-43.

Kriswanto, Y. J. (2020). Peran musik sebagai media intervensi dalam lingkup praktik klinis. IKONIK: Jurnal Seni dan Desain, 2(2), 81-86.

Najla, A. N. (2020). Dampak mendengarkan musik terhadap kondisi psikologis remaja.

Rahman, T., Pertiwi, L., & Batubara, A. (2022). Hakikat Kebahagiaan Hidup: Konsensus antara Al-Qur’an dan Filsafat Stoikisme. Jurnal Riset Agama, 2(3), 807-821.

Santosa, D. A. (2019). Urgensi pembelajaran musik bagi anak usia dini. Jurnal Ikip Veteran, 26(1), 78.

Tamara, J. (2020). Kajian Semiotika Roland Barthes pada Poster Unicef. Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS), 3(2), 726-733.

Wadu, R. P. S, (2023). Pengaruh Musik Dewasa pada Anak di Masa Pandemi. Acintya, 15(1), 53-57.




DOI: https://doi.org/10.21831/hum.v30i1.80841

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

p-ISSN: 1412-4009 || e-ISSN: 2528-6722

Indexed by:

      

  


Creative Commons License
Jurnal Penelitian Humaniora by http://journal.uny.ac.id/index.php/humaniora is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


View Journal Stats

 

Flag Counter