TINJAUAN REPERTOAR MUSIK SIMFONI DALAM PEMBELAJARAN ORKESTRA DI JURUSAN PENDIDIKAN SENI MUSIK FBS UNY
Abstract
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan tinjauan repertoar musik
simfoni untuk mengembangkan pembelajaran orkestra di Jurusan Pendidikan Seni
Musik FBS UNY. Hasil penelitian adalah sebagai berikut. Repertoar merupakan
salah satu cara untuk menemukan bagian-bagian pokok dan karakter tertentu
dalam karya musik simfoni. Ilmu Bentuk Musik dan Ilmu Sejarah Musik dapat
dijadikan sebagai landasan teori bahwa simfoni Klasik karya W.A. Mozart, seperti
Simfoni nomor 38 dalam D Major, dan karya simfoni Romantik karya Franz
Schubert, seperti Simfoni nomor 2 dalam Bes Mayor, umumnya memiliki bentuk
sonata (allegro) dan memiliki karakter gaya yang meliputi tekstur, nuansa kontras,
melodi, variasi ritme, dinamika, dan perubahan warna suara. Tinjauan repertoar
dalam pembelajaran orkestra di Jurusan Pendidikan Seni Musik FBS UNY, yang
menggunakan karya-karya musik simfoni sebagai materi pembelajaran, dapat
berkembang sebagai sebuah orkestra pendidikan.
simfoni untuk mengembangkan pembelajaran orkestra di Jurusan Pendidikan Seni
Musik FBS UNY. Hasil penelitian adalah sebagai berikut. Repertoar merupakan
salah satu cara untuk menemukan bagian-bagian pokok dan karakter tertentu
dalam karya musik simfoni. Ilmu Bentuk Musik dan Ilmu Sejarah Musik dapat
dijadikan sebagai landasan teori bahwa simfoni Klasik karya W.A. Mozart, seperti
Simfoni nomor 38 dalam D Major, dan karya simfoni Romantik karya Franz
Schubert, seperti Simfoni nomor 2 dalam Bes Mayor, umumnya memiliki bentuk
sonata (allegro) dan memiliki karakter gaya yang meliputi tekstur, nuansa kontras,
melodi, variasi ritme, dinamika, dan perubahan warna suara. Tinjauan repertoar
dalam pembelajaran orkestra di Jurusan Pendidikan Seni Musik FBS UNY, yang
menggunakan karya-karya musik simfoni sebagai materi pembelajaran, dapat
berkembang sebagai sebuah orkestra pendidikan.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/imaji.v12i1.3640
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Supervised by
Our Journal has been Indexed by:
View My Stats