Implementasi pembelajaran seni tari pada Kurikulum Merdeka di sekolah dasar

Sholihatul Ummah, Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya, Indonesia
Nadlir Nadlir, Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya, Indonesia

Abstract


Seni tari tidak hanya dipelajari melalui kegiatan ekstrakurikuler saja, tetapi seni tari telah menjadi suatu mata pelajaran. Hal ini akibat dari kurikulum baru, Kurikulum Merdeka. Pembelajaran seni terbagi menjadi empat pilihan dan sekolah berwenang untuk memilih satu untuk diimplementasika. SDIT Al Ibrohimi merupakan sekolah yang menerapkan kurikulum merdeka dan pembelajaran seni yang dipilih adalah seni tari untuk kelas I. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan implementasi pembelajaran seni tari pada kurikulum merdeka di SDIT Al Ibrohimi. Metode penelitian yang digunakan kualitatif deskriptif dengan mengambil data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi sebagai pendukung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran seni tari terlaksana dengan baik. Pembelajaran sudah sesuai dengan modul ajar yang dibuat dengan memperhatikan capaian pembelajaran. Asesmen dilaksanakan secara tertulis dan praktik.

Keywords


pembelajaran seni tari, kurikulum merdeka, sekolah dasar

References


Agustriani, L., Verdha, L., Fajar, M., Inshi, M., Farihin, M., Salman, M., Rama, M., Shofia, N., Silvia, N., Fathurrahman, N., & Herdiana, D. (2022). Sosialisasi Nilai-nilai Pancasila Melalui Permainan Kerjasama Tim kepada Anak-anak. Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), 150. https://doi.org/10.20527/btjpm.v4i1.4765

Aprilliani, A., Giyartini, R., & Saputra, E. R. (2023). Analisis Kebutuhan Media Flashcard dalam Pembelajaran Seni Tari Kelas V di SDN Karya Bhakti. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 08(02), 5533–5542.

Arifin, Z. (2014). Penelitian Pendidikan: Metode dan Paradigma Baru. Remaja Rosdakarya.

Asri, G. K. P., Suwarijaya, & Aulia, N. (2023). Tik Tok Media Pengembangan Karakter melalui Kreativitas Tari Kreasi Dayak. Imaji: Jurnal Seni Dan Pendidikan Seni, 21(1), 10–21. https://doi.org/10.21831/imaji.v21i1.47882

Danial, E., & Warsiah, N. (2009). Metode Penulisan Karya Ilmiah. Laboraturium Pendidikan Kewarganegaraan.

Edinon, G. A. (2022). Nilai-nilai Pendidikan dalam Pertunjukkan Tari Podang dan Implementasinya dalam pembelajaran di Sekolah. Imaji: Jurnal Seni Dan Pendidikan Seni, 20(1), 69–77. https://doi.org/10.21831/imaji.v20i1.47371

Hayati, I., & Lestari, W. (2022). Analisis Kebutuhan Evaluasi Pembelajaran Tari Kreasi Kelas IX di SMP Negeri 1 Sapuran. Imaji: Jurnal Seni Dan Pendidikan Seni, 20(1), 88–94. https://doi.org/10.2831/imaji.v20i1.46200

Hidajat, R. (2019). Tari Pendidikan: Pengajaran Seni Tari untuk Pendidikan. Media Kreativa.

Iraqi, H. S., Lena, M. S., Sulastri, J., & Reviana, F. R. (2023). Pembelajaran Seni Rupa dalam Penerapan Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Sosial Budaya, 3(4), 640–649. https://doi.org/https://doi.org/10.58578/yasin.v3i4.1283

Kemendikbudristek. (2021). Kurikulum Untuk Pemulihan Pembelajaran. Pusat Kurikulum dan Pembelajaran Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Keputusan Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 56/M/2022 Tentang PPedoman Penerapan Kurikulum dalam Rangka Pemulihan Belajar Pengembangan & Pembelajaran, (2022).

Mania, S. (2017). Observasi sebagai Alat Evaluasi dalam Dunia Pendidikan dan Pengajaran. Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 11(2), 220–233. https://doi.org/10.24252/lp.2008v11n2a7

Marani, O. N., & Rantina, M. (2023). Pengembangan Tari Kreasi Berbasis Tema Pada Anak Usia ( 5-6 ) Tahun Di Kota Palembang. Jurnal Pendidikan Anak, 9(1), 96–112.

Moleong, L. J. (2019). Metodologi Penelitian Kualitatif. Remaja Rosdakarya.

Nensin, I. R., Nainggolan, O. T. P., & Artanto, M. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka dalam Pembelajaran Seni Musik : Studi Kasus di SMP Negeri 3 Kebumen. Jurnal Ilmiah Seni Pertunjukan, 17(2), 469–479.

Pamadhi, H. (2008). Pendidikan Seni di SD. Universitas Terbuka.

Pamungkas, J., Dieni, A., & Rizka, M. (2023). Analisis Unsur Motorik Kasar Pada Pembelajaran Tari Kreasi Pelajar Pancasila Di Taman Kanak – kanak. Jurnal Usia Dini, 9(2), 91–95.

Prastiwi, D. (2022). 8 Fakta Terkait Nadiem Makarim Luncurkan Kurikulum Merdeka. Liputan 6.Com.

Putri, D. A. P., & Usriyah, L. (2019). Pengembangan KKecerdasan Kinestetik Peserta Didik Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Tari Tradisional di Madrasah Ibtidaiyah Unggulan Al-Islah Kecamatan Muncar Kabupaten Banyuwangi. EDUCARE: Journal of Primary Education, 1(1), 01–16. https://doi.org/10.35719/educare.v1i1.2

Sewi, R. M., & Mailasari, D. U. (2020). Pengembangan Keterampilan Kolaborasi pada Anak Usia Dini melalui Permainan Tradisional. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 8(2), 220. https://doi.org/10.21043/thufula.v8i2.8796

Sinaga, F. S. S., Winangsit, E., & Putra, A. D. (2021). Pendidikan, Seni, dan Budaya: Entitas Lokal dalam Peradaban Manusia Masa Kini. Virtuoso: Jurnal Pengkajian Dan Penciptaan Musik, 4(2), 104–110. https://doi.org/10.26740/vt.v4n2.p104-110

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta.

Sustiawati, N. L., Suryatini, N. K., & Mayun Artati, A. A. A. (2018). Pengembangan Desain Pembelajaran Seni Tari Di Sekolah Dasar Berbasis Localgenius Knowledge Berpendekatan Integrated Learning. Mudra Jurnal Seni Budaya, 33(1), 128–143. https://doi.org/10.31091/mudra.v33i1.322

Taher, R., Mayar, F., & Desyandri. (2023). Pendidikan Karakter dalam Pelaksanaan Pembelajaran Seni Tari di Sekolah Dasar Negeri 20 Gumarang. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri, 09(02), 1686–1699. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i2.891

Yulianti, N., Sya’idah, N., Desyandari, & Mayar, F. (2022). Pentingnya Penerapan Pembelajaran Seni Tari dalam Membentuk Mental Siswa di Kelas 3 Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(3), 1877–1882. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4974




DOI: https://doi.org/10.21831/imaji.v22i2.71889

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Supervised by

RJI Main logo


Our Journal has been Indexed by:

       

 Creative Commons License

website statistics View My Stats