Implementasi pembelajaran seni tari pada Kurikulum Merdeka di sekolah dasar
Nadlir Nadlir, Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya, Indonesia
Abstract
Keywords
References
Agustriani, L., Verdha, L., Fajar, M., Inshi, M., Farihin, M., Salman, M., Rama, M., Shofia, N., Silvia, N., Fathurrahman, N., & Herdiana, D. (2022). Sosialisasi Nilai-nilai Pancasila Melalui Permainan Kerjasama Tim kepada Anak-anak. Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), 150. https://doi.org/10.20527/btjpm.v4i1.4765
Aprilliani, A., Giyartini, R., & Saputra, E. R. (2023). Analisis Kebutuhan Media Flashcard dalam Pembelajaran Seni Tari Kelas V di SDN Karya Bhakti. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 08(02), 5533–5542.
Arifin, Z. (2014). Penelitian Pendidikan: Metode dan Paradigma Baru. Remaja Rosdakarya.
Asri, G. K. P., Suwarijaya, & Aulia, N. (2023). Tik Tok Media Pengembangan Karakter melalui Kreativitas Tari Kreasi Dayak. Imaji: Jurnal Seni Dan Pendidikan Seni, 21(1), 10–21. https://doi.org/10.21831/imaji.v21i1.47882
Danial, E., & Warsiah, N. (2009). Metode Penulisan Karya Ilmiah. Laboraturium Pendidikan Kewarganegaraan.
Edinon, G. A. (2022). Nilai-nilai Pendidikan dalam Pertunjukkan Tari Podang dan Implementasinya dalam pembelajaran di Sekolah. Imaji: Jurnal Seni Dan Pendidikan Seni, 20(1), 69–77. https://doi.org/10.21831/imaji.v20i1.47371
Hayati, I., & Lestari, W. (2022). Analisis Kebutuhan Evaluasi Pembelajaran Tari Kreasi Kelas IX di SMP Negeri 1 Sapuran. Imaji: Jurnal Seni Dan Pendidikan Seni, 20(1), 88–94. https://doi.org/10.2831/imaji.v20i1.46200
Hidajat, R. (2019). Tari Pendidikan: Pengajaran Seni Tari untuk Pendidikan. Media Kreativa.
Iraqi, H. S., Lena, M. S., Sulastri, J., & Reviana, F. R. (2023). Pembelajaran Seni Rupa dalam Penerapan Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Sosial Budaya, 3(4), 640–649. https://doi.org/https://doi.org/10.58578/yasin.v3i4.1283
Kemendikbudristek. (2021). Kurikulum Untuk Pemulihan Pembelajaran. Pusat Kurikulum dan Pembelajaran Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.
Keputusan Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 56/M/2022 Tentang PPedoman Penerapan Kurikulum dalam Rangka Pemulihan Belajar Pengembangan & Pembelajaran, (2022).
Mania, S. (2017). Observasi sebagai Alat Evaluasi dalam Dunia Pendidikan dan Pengajaran. Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 11(2), 220–233. https://doi.org/10.24252/lp.2008v11n2a7
Marani, O. N., & Rantina, M. (2023). Pengembangan Tari Kreasi Berbasis Tema Pada Anak Usia ( 5-6 ) Tahun Di Kota Palembang. Jurnal Pendidikan Anak, 9(1), 96–112.
Moleong, L. J. (2019). Metodologi Penelitian Kualitatif. Remaja Rosdakarya.
Nensin, I. R., Nainggolan, O. T. P., & Artanto, M. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka dalam Pembelajaran Seni Musik : Studi Kasus di SMP Negeri 3 Kebumen. Jurnal Ilmiah Seni Pertunjukan, 17(2), 469–479.
Pamadhi, H. (2008). Pendidikan Seni di SD. Universitas Terbuka.
Pamungkas, J., Dieni, A., & Rizka, M. (2023). Analisis Unsur Motorik Kasar Pada Pembelajaran Tari Kreasi Pelajar Pancasila Di Taman Kanak – kanak. Jurnal Usia Dini, 9(2), 91–95.
Prastiwi, D. (2022). 8 Fakta Terkait Nadiem Makarim Luncurkan Kurikulum Merdeka. Liputan 6.Com.
Putri, D. A. P., & Usriyah, L. (2019). Pengembangan KKecerdasan Kinestetik Peserta Didik Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Tari Tradisional di Madrasah Ibtidaiyah Unggulan Al-Islah Kecamatan Muncar Kabupaten Banyuwangi. EDUCARE: Journal of Primary Education, 1(1), 01–16. https://doi.org/10.35719/educare.v1i1.2
Sewi, R. M., & Mailasari, D. U. (2020). Pengembangan Keterampilan Kolaborasi pada Anak Usia Dini melalui Permainan Tradisional. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 8(2), 220. https://doi.org/10.21043/thufula.v8i2.8796
Sinaga, F. S. S., Winangsit, E., & Putra, A. D. (2021). Pendidikan, Seni, dan Budaya: Entitas Lokal dalam Peradaban Manusia Masa Kini. Virtuoso: Jurnal Pengkajian Dan Penciptaan Musik, 4(2), 104–110. https://doi.org/10.26740/vt.v4n2.p104-110
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta.
Sustiawati, N. L., Suryatini, N. K., & Mayun Artati, A. A. A. (2018). Pengembangan Desain Pembelajaran Seni Tari Di Sekolah Dasar Berbasis Localgenius Knowledge Berpendekatan Integrated Learning. Mudra Jurnal Seni Budaya, 33(1), 128–143. https://doi.org/10.31091/mudra.v33i1.322
Taher, R., Mayar, F., & Desyandri. (2023). Pendidikan Karakter dalam Pelaksanaan Pembelajaran Seni Tari di Sekolah Dasar Negeri 20 Gumarang. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri, 09(02), 1686–1699. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i2.891
Yulianti, N., Sya’idah, N., Desyandari, & Mayar, F. (2022). Pentingnya Penerapan Pembelajaran Seni Tari dalam Membentuk Mental Siswa di Kelas 3 Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(3), 1877–1882. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4974
DOI: https://doi.org/10.21831/imaji.v22i2.71889
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Supervised by
Our Journal has been Indexed by:
View My Stats