PEMGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PRAKTEK TARI SURAKARTA I BAGI MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN SENI TARI FAKULTAS BAHASA DAN SENI UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk media video
pembelajaran tari yang bisa digunakan untuk menunjang pembelajaran mata
kuliah Tari Surakarta I bagi mahasiswa Jurusan Pendidikan Seni Tari Fakultas
Bahasa dan Seni Universitas Negeri Yogyakarta. Kompetensi yang ingin dicapai
melalui media pembelajaran ini adalah meningkatnya teknik gerak, wirama, dan
penjiwaan mahasiswa.
Pengembangan video pembelajaran tari Surakarta I ini menggunakan
model prosedural dengan 8 tahap pokok, yaitu: (1) analisis kebutuhan, (2)
perancangan, (3) pengembangan produk awal, (4) uji validasi ahli, (5) uji coba
terbatas, (6) revisi 1 (7) uji coba lapangan, dan (8) evaluasi akhir.
Setelah melalui proses pengembangan produk yaitu melalui uji ahli
dan uji coba terbatas diperoleh media video pembelajaran tari. Persepsi
mahasiswa tentang kemampuan media untuk meningkatkan motivasi belajar dan
pemahaman teknik gerak, irama, ekspresi dan penjiwaan tari adalah sebagai
berikut: Perolehan skor persepsi mahasiswa tentang kemampuan media dalam
meningkatkan motivasi belajar adalah: 4,25; pemahaman teknik gerak 4,8;
pemahaman irama 4, 25; pemahaman ekspresi dan penjiwaan 4. Sedangkan dari
segi teknis, persepsi mahasiswa tentang kualitas peraga yang dipergunakan adalah
4,05; kualitas gambar 3,65; kualitas suara 3,8; dan kebermaknaan materi 4,35.
Rata-rata skor keseluruhan adalah 4,14. Berdasarkan perolehan skor maka dapat
disimpulkan bahwa persepsi mahasiswa tentang kemampuan dan kualitas media
video tari Gambyong Pareanom secara keseluruhan adalah baik.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/imaji.v13i2.7883
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Supervised by
Our Journal has been Indexed by:
View My Stats