UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR PIANO 2 MELALUI METODE SIGHT READING DI JURUSAN PENDIDIKAN SENI MUSIK FBS UNY
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar Piano 2
melalui metode sight reading di Jurusan Pendidikan Seni Musik FBS UNY.
Jenis penelitian ini dapat diklasifikasikan sebagai penelitian tindakan kelas dalam
dua siklus. Yang setiap siklusnya terdiri (a) perencanaan/persiapan, (b) tindakan, (c)
pengamatan, (d) refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa Jurusan
Pendidikan Seni Musik yang mengambil mata kuliah Piano 2 sejumlah 20 orang. Tahapan
penelitian, yaitu (a) pretest sebagai alat ukur kemampuan awal mahasiswa, (b) post test
sebagai evaluasi hasil akhir mahasiswa. Teknik analisis data meliputi analisis secara
kuantitatif berupa data ordinal yang dianalisis menggunakan persentase.
Hasil penelitian menunjukkan hasil sebagai berikut. (1) Siklus I sebanyak 10 dari
20 mahasiswa telah tuntas belajar atau 50% dan mahasiswa yang belum tuntas belajar
sebanyak 10 mahasiswa atau 50%. (2) Siklus II sebanyak 17 dari 20 mahasiswa telah
tuntas belajar atau 85% . Jika dilihat dari data diatas maka dapat disimpulkan bahwa
penggunaan metode sight reading dapat meningkatkan hasil belajar mata kuliah Piano 2
semeter genap tahun ajaran 2013/2014 jurusan pendidikan seni musik FBS UNY.
melalui metode sight reading di Jurusan Pendidikan Seni Musik FBS UNY.
Jenis penelitian ini dapat diklasifikasikan sebagai penelitian tindakan kelas dalam
dua siklus. Yang setiap siklusnya terdiri (a) perencanaan/persiapan, (b) tindakan, (c)
pengamatan, (d) refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa Jurusan
Pendidikan Seni Musik yang mengambil mata kuliah Piano 2 sejumlah 20 orang. Tahapan
penelitian, yaitu (a) pretest sebagai alat ukur kemampuan awal mahasiswa, (b) post test
sebagai evaluasi hasil akhir mahasiswa. Teknik analisis data meliputi analisis secara
kuantitatif berupa data ordinal yang dianalisis menggunakan persentase.
Hasil penelitian menunjukkan hasil sebagai berikut. (1) Siklus I sebanyak 10 dari
20 mahasiswa telah tuntas belajar atau 50% dan mahasiswa yang belum tuntas belajar
sebanyak 10 mahasiswa atau 50%. (2) Siklus II sebanyak 17 dari 20 mahasiswa telah
tuntas belajar atau 85% . Jika dilihat dari data diatas maka dapat disimpulkan bahwa
penggunaan metode sight reading dapat meningkatkan hasil belajar mata kuliah Piano 2
semeter genap tahun ajaran 2013/2014 jurusan pendidikan seni musik FBS UNY.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/imaji.v13i2.7886
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Supervised by
Our Journal has been Indexed by:
View My Stats