PENGEMBANGAN MEDIA GAMBAR “BE A SCIENTIST” DENGAN PROGRAM ADOBE FLASH CS3 UNTUK PEMBELAJARAN SEJARAH

Dina Fitriana,

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan media gambar “Be a Scientist” dengan program Adobe Flash CS3 untuk pembelajaran Sejarah kelas X SMA; (2) mengetahui kelayakan media gambar yang dikembangkan. Jenis penelitian ini adalah research and development. Subjek uji coba dalam penelitian ini sejumlah 52 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri atas: wawancara, observasi, lembar penilaian, dan dokumentasi. Prosedur analisis data yang digunakan untuk menentukan kelayakan produk yang dikembangkan adalah: (1) data yang diperoleh dari lembar penilaian dikonversi ke skala 100; (2)  data dianalisis dengan statistik deskriptif; (3) data dianalisis menggunakan penilaian acuan patokan (PAP); (4) seluruh data dikonversi ke dalam skala 100 untuk menentukan kriteria kelayakan pada masing-masing aspek. Hasil penilaian menunjukkan bahwa skor media sebagai berikut: (1) aspek materi, penilaian layak dengan skor 79,4 dan kategori penilaian “B” (baik). (2) aspek media, penilaian layak dengan skor 81,6 dan kategori penilaian “B” (baik). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa media gambar “Be a Scientist” yang dikembangkan layak digunakan untuk pembelajaran Sejarah di kelas X SMA pada materi pengaruh agama dan kebudayaan Islam di Indonesia.

 

Kata Kunci: media gambar “Be a Scientist”, pembelajaran sejarah, Adobe Flash CS3.style='mso-bidi-font-style: normal'>.

 

 

Kata kunci: connected, nested, parsial, berpikir kritis

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/istoria.v11i1.5760

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2015 Dina Fitriana

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Printed ISSN (p-ISSN): 1858-2621
Online ISSN (e-ISSN): 2615-2150

ISTORIA has been Indexed by:

           

Supervised by:

RJI Main logo

 

Lisensi Creative Commons
/>Jurnal ISTORIA: Jurnal Pendidikan dan Sejarah by History Education Study Program, UNY is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Flag Counter View My Journal Stats