Manajemen program pembelajaran bahasa Arab pada anak prasekolah Yayasan PAUD Sultan Qaimuddin di Kendari
Danial Hilmi, Universitas Islam Negeri Malang, Indonesia
Abstract
Penelitian kualitatif deskriptif ini bertujuan mengetahui manajemen program bahasa Arab pada anak prasekolah di Yayasan PAUD Sultan Qaimuddin Kendari. Pengumpulan data menggunakan wawancara pada ketua yayasan, observasi, dan dokumentasi tentang manajemen program bahasa Arab pada anak prasekolah. Penelitian ini menunjukkan bahwa yayasan ini menggunakan fungsi-fungsi kajian manajemen program dalam melaksanakan program pembelajaran bahasa Arab pada anak prasekolah sehingga program ini berjalan efektif dan efisien, yaitu: (1) Perencanaan program pembelajaran bahasa arab pada anak prasekolah melalui tahap identifikasi kebutuhan, rapat koordinasi, penyusunan program kerja, pelaksanaan program kerja, dan pengawasan. (2) Pengorganisasian di yayasan ini ialah pembina sebagai ketua yayasan yang memegang kekuasaan paling tinggi, dibantu pengurus dan pengawas yayasan, juga pengelola yayasan yang meliputi guru dan tenaga administrasi. (3) Pelaksanaan program pembelajaran bahasa Arab pada anak prasekolah ini yaitu dengan mempersiapkan hal yang berkaitan dengan penentuan guru, pembuatan rencana proses pembelajaran (RPP), penentuan jadwal pembelajaran, dan sarana prasarana yang dibutuhkan. (4) Pengawasan program pembelajaran bahasa Arab ini dilakukan dengan metode langsung.
Abstract
This descriptive qualitative research aims to determine the management programs of Arabic in preschool children at Yayasan PAUD of Sultan Qaimuddin Kendari. Data collection uses interviews with the head of the foundation, observations, and documentation about the management programs of Arabic in preschool children. The results show that the foundation uses the functions of management program studies in implementing Arabic learning programs in preschool children so the program runs effectively and efficiently, namely: (1) Planning the Arabic language program for preschool children through the stages of need identification, coordination meetings, preparation of work programs, implementation of work programs, and supervision. (2) Organization at this foundation is that the founder as chairman of the foundation holds the highest authority and is assisted by official members, supervisors, and organizers, including teachers and administrative staff. (3) Implementation of the Arabic language program for preschool children at this foundation is to prepare the matters related to determining the teachers, making the learning process plan, determining the learning schedule, and required infrastructure. (4) Controlling the Arabic language program in preschool children is carried out in a direct method.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Al-Muslim, M., & Zamri, A. (2012). Pengajaran dan pembelajaran bahasa Arab: Satu tinjauan literatur di Negeri Sembilan. Persidangan Kebangsaan Pengajaran Dan Pembelajaran Bahasa Arab 2012 (PKEBAR’12), 278-285.
Ali, M. (2015). Implementasi model manajemen berbasis sekolah (MBS) di SMA Negeri 2 Unggulan Sangatta Utara. Syamil: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(2), 303-338. https://doi.org/10.21093/sy.v3i2.247.
Amtu, O. (2013). Manajemen pendidikan di era Otonomi Daerah. Alfabeta.
Arikunto, S. (1998). Penilaian program pendidikan. Bima Aksara.
Basri, H. (2015). Manajemen pendidikan dan pelatihan. Pustaka Setia.
Fattah, N. (2004). Landasan manajemen pendidikan. PT Remaja Rosdakarya Offset.
Handoko, T. H. (2008). Manajemen personalia dan sumber daya manusia (2nd ed.). BPFE Yogyakarta.
Indriani, R. (2018). Manajemen program School Garden guna mewujudkan sekolah Adiwiyata. Jurnal Manajemen Dan Supervisi Pendidikan, 2(2), 89-96. https://doi.org/10.17977/um025v2i22018p089.
Jamian, A. R. (2010). Keupayaan kanak-kanak prasekolah menguasai ayat bahasa Melayu. Jurnal Linguistik, 11(1), 1-14. Retrieved from https://plm.org.my/ejurnal/index.php/jurnallinguistik/article/view/148.
Kamil, M. (2012). Model pendidikan dan pelatihan (konsep dan aplikasi). Alfabeta.
Karyoto, K. (2016). Dasar-dasar manajemen (Teori, definisi, dan konsep). Andi.
Kurniadin, D., & Machali, I. (2012). Manajemen pendidikan: Konsep & prinsip pengelolaan pendidikan. Ar-Ruzz Media
Patmonodewo, S. (2003). Pendidikan anak prasekolah. Rineka Cipta.
Peraturan Pemerintah (PP) No. 66 Tahun 2010 tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2010 Tentang Pengelolaan Dan Penyelenggaraan Pendidikan. (2010).
Sagala, S. (2009). Konsep dan makna pembelajaran: Untuk membantu memecahkan problematika belajar dan mengajar. Alfabeta.
Sisk, H. L. (1969). Principles of management: A systems approach to the management process. South-Western Publishing Company.
Sudjana, D. (2004). Manajemen program pendidikan: Untuk pendidikan nonformal dan pengembangan sumber daya manusia. Falah Production.
Sugiyono, S. (2007). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. (2003).
Wiyono, B. B., & Sunarni, S. (2009). Evaluasi program pendidikan dan pembelajaran. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang.
Yuniari, D. D. (2018). Manajemen program pendidikan dan pelatihan peningkatan kompetensi pengelola PAUD di BP-PAUD dan Dikmas Jawa Timur. J+PLUS UNESA: Jurnal Mahasiswa Pendidikan Luar Sekolah Universitas Negeri Surabaya, 7(1), 1-8. Retrieved from https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-luar-sekolah/article/view/24128.
DOI: https://doi.org/10.21831/jamp.v9i1.36943
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Our journal indexed by:
ISSN 2461-0550 (online) || ISSN 2337-7895 (print)
Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan by http://journal.uny.ac.id/index.php/jamp is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. |