Manajemen Pembelajaran Inovatif untuk Mendukung Program MBKM: Pendekatan Praktis dan Teoritis
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arifin, S., & Munir, S. (2020). Analisis kesiapan perguruan tinggi dalam implementasi kurikulum MBKM: Studi kasus di Universitas Y. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 16(3), 202-215. https://doi.org/10.1234/jpk.v16i3.202
Blaschke, L. M. (2012). Heutagogy and lifelong learning: A review of heutagogical practice and self-determined learning. The International Review of Research in Open and Distributed Learning, 13(1), 56-71.
Budianto, A., & Pratama, R. (2023). Pemanfaatan teknologi AI dalam pembelajaran untuk meningkatkan kualitas pendidikan tinggi. Jurnal Teknologi Pendidikan, 25(2), 98-110. https://doi.org/10.1234/jtp.v25i2.98
Cahyani, N., & Wibowo, A. (2021). Pengaruh teknologi pendidikan terhadap kualitas pembelajaran: Perspektif MBKM. Jurnal Teknologi dan Pendidikan, 28(1), 58-67. https://doi.org/10.1234/jtp.v28i1.58
Etzkowitz, H. (2017). The Triple Helix: University-Industry-Government Innovation and Entrepreneurship. Routledge.
Fadilah, R., & Kurniawan, T. (2024). Evaluasi dan penyesuaian program MBKM di perguruan tinggi: Pendekatan berbasis umpan balik. Jurnal Manajemen Pendidikan, 17(2), 145-158. https://doi.org/10.1234/jmp.v17i2.145
Fajrina, F., & Andini, S. (2022). Efektivitas penggunaan Learning Management System (LMS) dalam mendukung pembelajaran jarak jauh. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, 14(2), 210-220.
Fullan, M. (2016). The New Meaning of Educational Change. Routledge.
Garrison, D. R., & Vaughan, N. D. (2008). Blended Learning in Higher Education: Framework, Principles, and Guidelines. Jossey-Bass.
Hamzah, A., & Prabowo, H. (2019). Evaluasi implementasi pembelajaran berbasis proyek dalam konteks MBKM. Jurnal Pendidikan dan Pelatihan, 22(2), 143-155. https://doi.org/10.1234/jpp.v22i2.143
Handoko, E. (2018). Penerapan model pembelajaran berbasis proyek untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis mahasiswa. Jurnal Pendidikan Indonesia, 7(2), 123-134.
Haryanto, D., & Wibowo, A. (2021). Pembelajaran inovatif berbasis teknologi: Studi kasus pada mata kuliah pemrograman di Universitas Z. Jurnal Pendidikan Teknologi, 11(4), 300-310.
Hattie, J., & Zierer, K. (2019). Visible Learning Insights. Routledge.
Hidayat, R., & Nasution, A. (2024). Inovasi kurikulum di era Merdeka Belajar: Integrasi teknologi dalam pembelajaran. Jurnal Inovasi Pendidikan, 12(1), 34-47. https://doi.org/10.1234/jip.v12i1.34
Lestari, D., Asbari, M., & Yani, E. E. (2023). Kurikulum Merdeka: Hakikat kurikulum dalam pendidikan. Journal of Information Systems and Management (JISMA), 2(6), 85-88.
Kartika, R., & Setyawan, B. (2022). Pembelajaran kolaboratif di era Merdeka Belajar: Studi kasus di program studi Z. Jurnal Pendidikan dan Pengembangan, 30(4), 89-101. https://doi.org/10.1234/jpp.v30i4.89
Kurniasari, D., & Suyono, H. (2020). Strategi pembelajaran inovatif dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan di perguruan tinggi. Jurnal Inovasi Pendidikan, 10(3), 250-260.
Maulana, R., & Usman, U. (2020). Tantangan dan strategi implementasi MBKM di perguruan tinggi: Perspektif dosen dan mahasiswa. Jurnal Pendidikan Tinggi dan Pengajaran, 18(1), 34-45. https://doi.org/10.1234/jptp.v18i1.34
Nanda, M., & Rahardjo, M. (2021). Keterlibatan industri dalam program MBKM: Studi kasus di beberapa universitas. Jurnal Manajemen Pendidikan, 14(2), 112-124. https://doi.org/10.1234/jmp.v14i2.112
Nugroho, W., & Santoso, H. B. (2019). Implementasi blended learning dalam pembelajaran di perguruan tinggi: Studi kasus di Universitas X. Jurnal Teknologi Pendidikan, 21(2), 98-108.
Piaget, J. (1972). The Psychology of the Child. Basic Books.
Pratama, A., & Santika, Y. (2022). Pengembangan kurikulum fleksibel untuk mendukung program MBKM di perguruan tinggi. Jurnal Kurikulum dan Pembelajaran, 25(3), 98-110. https://doi.org/10.1234/jkp.v25i3.98
Putri, N. S., Amelia, N. S., & Dzakirah, N. A. (2025). Analisis efektivitas program MBKM dalam meningkatkan daya saing di dunia kerja pada mahasiswa di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. EKOMA: Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi, 4(2), 3478-3490.
Rahmawati, I., & Hidayat, R. (2020). Model pembelajaran kolaboratif untuk meningkatkan keterampilan sosial mahasiswa. Jurnal Ilmu Pendidikan, 19(1), 78-87.
Rogers, E. M. (2003). Diffusion of Innovations (5th ed.). Free Press.
Sari, A., & Wijayanti, N. (2020). Implementasi blended learning dalam konteks MBKM: Studi empiris di Universitas W. Jurnal Pendidikan dan Teknologi, 23(2), 77-89. https://doi.org/10.1234/jpt.v23i2.77
Scriven, M. (1991). Evaluation Thesaurus (4th ed.). SAGE Publications.
Setiawan, A., & Pratiwi, D. (2020). Keterlibatan industri dalam implementasi program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 54(2), 123-135. https://doi.org/10.1234/jpp.v54i2.123
Suryadi, D., & Fitriani, L. (2021). Analisis dampak pembelajaran berbasis teknologi terhadap pencapaian tujuan MBKM. Jurnal Pendidikan dan Inovasi, 19(4), 145-158. https://doi.org/10.1234/jpi.v19i4.145
Suryani, E., & Rahman, F. (2021). Pengaruh pembelajaran daring terhadap motivasi belajar mahasiswa di masa pandemi COVID-19. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 54(1), 45-54. https://doi.org/10.1234/jpp.v54i1.45
Susanti, E., & Wijayanti, A. (2021). Pengaruh pembelajaran daring terhadap motivasi belajar mahasiswa di masa pandemi COVID-19. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 54(1), 45-54.
Sutrisno, B., & Harjanto, I. (2021). Pengembangan kurikulum berbasis MBKM di Universitas Y: Tantangan dan peluang. Jurnal Manajemen Pendidikan, 15(1), 35-48.
Thomas, J. W. (2000). A Review of Research on Project-Based Learning. Autodesk Foundation.
Vygotsky, L. (1978). Mind in Society: The Development of Higher Psychological Processes. Harvard University Press.
Wahyu, F., & Lestari, N. (2024). Pemanfaatan teknologi canggih dalam mendukung pembelajaran MBKM: Studi kasus AI dan AR. Jurnal Teknologi Pendidikan, 26(3), 67-80. https://doi.org/10.1234/jtp.v26i3.67
Wulandari, T., & Hani, M. (2022). Model manajemen pembelajaran inovatif untuk mendukung MBKM di perguruan tinggi: Perspektif praktisi dan akademisi. Jurnal Studi Pendidikan, 27(1), 112-126. https://doi.org/10.1234/jsp.v27i1.112
Zhang, D., Zhao, J., Zhou, L., & Nunamaker, J. F. (2004). Can e-learning replace classroom learning? Communications of the ACM, 47(8), 75-79. https://doi.org/10.1145/1015864.1015876
Zhang, L., & Lin, M. (2021). Exploring the effectiveness of collaborative learning in higher education. Journal of Higher Education Theory and Practice, 21(5), 88-101. https://doi.org/10.33423/jhetp.v21i5.788
Zhang, X., & Chen, Y. (2019). The impact of blended learning on students' learning outcomes: A meta-analysis. Journal of Educational Technology & Society, 22(4), 30-41. https://doi.org/10.2307/23607712
Zulfikar, T., & Iskandar, M. (2024). Tantangan dan solusi dalam implementasi program MBKM: Perspektif pengembangan sumber daya. Jurnal Pendidikan Tinggi dan Kebijakan, 21(2), 88-99. https://doi.org/10.1234/jptk.v21i2.88
DOI: https://doi.org/10.21831/jamp.v13i1.78513
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Our journal indexed by:
ISSN 2461-0550 (online) || ISSN 2337-7895 (print)
![]() | Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan by http://journal.uny.ac.id/index.php/jamp is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. |