PENGARUH PEMBEBANAN DAN PENGATURAN KECEPATAN MOTOR BLDC 1 KW PADA SEPEDA MOTOR LISTRIK

Muhammad Ikhsan, Teknik Elektro, Universitas Global Jakarta, Indonesia
Brainvendra Widi, Teknik Industri, Universitas Global Jakarta, Indonesia
Sinka Wilyanti, Teknik Elektro, Universitas Global Jakarta, Indonesia
Arisa Olivia, Teknik Elektro, Universitas Global Jakarta, Indonesia
Safira Faizah, Teknik Informatika, Universitas Global Jakarta, Indonesia
Agung Pangestu, Teknik Elektro, Universitas Global Jakarta, Indonesia

Abstract


ABSTRACT
Fuel Oil (BBM) is one of the fuels that have been used to drive most of vehicles such as motorcycles. The authors did the research on motorcycles using electrical energy to be more environmentally friendly. Experiments were done by using the direct test method and analyzing the obtained data to determine how much power was released and how much battery capacity was used to drive an electric motorcycle with variations of the driver's weight as much 60 Kg, 90 Kg, and 125 Kg and speed variations such as 10 Km/Hour, 20 Km/Hour, 30 Km/Hour, and 38 Km/Hour. The experimental results shows that the greater the weight and the speed of the motorcycle, the greater the power and capacity of the battery, so that could be concluded that the use of the battery on the motorcycle becomes more wasteful and the battery life will be shorter.

ABSTRAK
Bahan Bakar Minyak (BBM) menjadi salah satu bahan bakar yang digunakan untuk menggerakkan kendaraan seperti sepeda motor. Penulis melakukan penelitian pada sepeda motor menggunakan energi listrik agar lebih ramah lingkungan. Dilakukan percobaan dengan metode uji coba langsung dan menganalisis data yang didapat untuk mengetahui seberapa besar daya yang dikeluarkan dan seberapa besar kapasitas baterai yang digunakan untuk menggerakkan sepeda motor listrik dengan variasi berat pengemudi yaitu 60 Kg, 90 Kg, dan 125 Kg dan variasi kecepatan yaitu 10 Km/Jam, 20 Km/Jam, 30 Km/Jam, dan 38 Km/Jam. Hasil percobaan menunjukkan semakin besar berat beban dan kecepatan pada sepeda motor, maka daya dan kapasitas baterai semakin besar dikeluarkan sehingga penggunaan baterai pada sepeda motor menjadi lebih boros dan ketahanan pada baterai semakin sebentar.



Keywords


Sepeda Motor Listrik, Motor BLDC 1KW, Pembebanan, Pengaturan Kecepatan, Energi Listrik.

Full Text:

PDF

References


Afif, M. T., & Pratiwi, I. A. P. (2015). Analisis perbandingan baterai lithium-ion, lithium-polymer, lead acid dan nickel-metal hydride pada penggunaan mobil listrik-review. Jurnal Rekayasa Mesin, 6(2), 95–99.

Arsari, D. T. (n.d.). Jurist-Diction.

Atmaja, H. F. (2016). STUDI EKSPERIMEN: METODE INKUIRI DENGAN METODE KOOPERATIF PADA MATA PELAJARAN PENGGUNAAN ALAT UKUR LISTRIK DI SMK N 1 PUNDONG. Jurnal Pendidikan Teknik Mekatronika, 6(5).

FAUZI, A. (2020). Analisa Konsumsi Daya Motor Listrik pada Sepeda Motor Hybrid dengan Variasi Laju Kecepatan Berbasis Microcontroller. Universitas Pancasakti Tegal.

Kiki, D. I., & Hanifi, R. (2022). SIMULATION ANALYSIS OF ERGONOMIC DESIGN OF ELECTRIC MOTORBIKE FRAMES FOR RESIDENTIAL COMMUNITIES. TRAKSI, 22(2), 162–174.

Simanullang, S. D. S. (2019). Pengaruh Berat Beban Terhadap Efisiensi Motor Pada Rancang Bangun Sepeda Motor Listrik Menggunakan Motor BLDC 3 KW. Elektro, Departemen Teknik Teknik, Fakultas Utara, Universitas Sumatera.

Sudarmanto, P. S. P. (2018). Analisis Perbandingan Efisiensi Sistem Kelistrikan Arus Bolak-Balik Dan Purwarupa Arus Searah Untuk Beban Residensial.

Sukartini, M. (2022). Penerapan Model Generalized Autoregressive Conditional Heteroscedasticity (GARCH) dalam Peramalan Indeks Saham Syariah di Negara Asia. Universitas Islam Indonesia.




DOI: https://doi.org/10.21831/jee.v6i2.53318

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Edukasi Elektro

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed by:

Supported by:

RJI Main logo

Lisensi Creative Commons

JURNAL EDUKASI ELEKTRO by Jurusan Pendidikan Teknik Elektro, Fakultas Teknik UNY distributed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License based on the copyright of https://journal.uny.ac.id/index.php/jee/.