JUDI SLOT DI KALAGAN GEN- Z DITINJAU DARI PENDIDIKAN PENGELOLAAN KEUANGAN KELUARGA (STUDI KASUS DI ANAK PEKERJA MIGRAN PONOROGO)

Novita Erliana Sari, Universitas PGRI Madiun, Indonesia
Yogiswara Arimurti, Universitas PGRI Madiun, Indonesia
Dhiah Fitrayati, Universitas Negeri Surabaya, Indonesia
Farida Styaningrum, Universitas PGRI Madiun, Indonesia

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh maraknya judi online atau biasa disebut dengan slot di kalangan Gen-Z yang terjadi pada keluarga pekerja migran di Kabupaten Ponorogo. Kalangan Gen-Z mendapatkan uang jatah dari orang tuanya setiap bulan. Mereka menggunakan uang tersebut tanpa pendampingan intensif dari orang tua sehingga banyak yang terjebak dalam judi slot. Tujuan penelitian ini adalah untuk membedah fenomena maraknya judi slot di kalangan gen-Z di lingkungan keluarga pekerja migran ditinjau dari pendidikan pengelolaan keuangan keluarga. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif fenomenologi, dengan teknik wawancara mendalam terhadap 13 Gen-Z yang berasal dari keluarga pekerja migran di Kabupaten Ponorogo. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketiadaan pendidikan pengelolaan keuangan keluarga sejak dini membuat anak-anak pekerja migran usia Gen-Z lebih rentan terhadap perjudian. Perilaku finansial yang tidak sehat dapat diturunkan dari generasi ke generasi, terutama jika lingkungan keluarga tidak memberikan contoh positif tentang pengelolaan keuangan yang baik. Minimnya diskusi keuangan melahirkan pemikiran bahwa berjudi adalah cara cepat dan mudah untuk mendapatkan uang, tanpa mempertimbangkan konsekuensi keuangan jangka panjang. Tekanan sosial menjadikan anak muda lebih rentan terhadap pengaruh teman sebaya dan iklan, terutama dalam konteks perilaku berisiko seperti berjudi. Selain itu kemasan judi slot yang sangat menarik di media sosial menjadikan anak-anak pekerja migran terlena dan tidak ragu untuk memaikannya, seolah judi slot bukan sesuatu yang berbahaya.

Keywords


Slot Gambling; Family Financial Management Education; Gen-Z; Migrant Workers

Full Text:

PDF

References


Achmadhani, F., & Safitri, D. (2024). Analisis Faktor Penyebab Fenomena Permainan Judi Slot Online Di Kalangan Mahasiswa Universitas Negeri Jakarta Analysis of Factors Causing the Phenomenon of Online Slot Gambling Games Among Students of Jakarta State University. 1(3), 4075–4083. https://jicnusantara.com/index.php/jicn

Addiyansyah, W., & Roffi’ah. (2023). Kecanduan Judi Online di Kalangan Remaja Desa Cilebut Barat Kecamatan Sukaraja Kabupaten Bogor. Jurnal Gagasan Komunikasi, Politik, Dan Budaya, 1(1), 13–22.

Bandura, A. (1977). Social Learning Theory Albert Bandura. Group & Organization Studies, 2(3), 384–388.

Derevensky, J. L., & Gupta, R. (2000). Youth Gambling: A Clinical and Research Perspective. Journal of Gambling Issues, 2, 1–11. https://doi.org/10.4309/jgi.2000.2.3

Dewi, M. Z., & Listiadi, A. (2021). Pengaruh Status Sosial Ekonomi, Pendidikan Pengelolaan Keuangan Keluarga dan Literasi Keuangan terhadap Manajemen Keuangan Pribadi Siswa Akuntansi SMK. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 3544–3552. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.965

Djohari, N., Weston, G., Cassidy, R., Wemyss, M., & Thomas, S. (2019). Recall and awareness of gambling advertising and sponsorship in sport in the UK: A study of young people and adults. Harm Reduction Journal, 16(1), 1–12. https://doi.org/10.1186/s12954-019-0291-9

Fernandes, D. (2016). Financial Literacy, Financial Education and Downstream Financial Behaviors (full paper and web appendix) Daniel. 1–23.

Furnham, A., & Okamura, R. (1999). from the SAGE Social Science Collections . Rights Reserved . The ANNALS of the American Academy of Political and Social Science, 52(9), 1157–1177.

Holdsworth, L., Nuske, E., Tiyce, M., & Hing, N. (2013). Impacts of gambling problems on partners: partners’ interpretations. Asian Journal of Gambling Issues and Public Health, 3(1), 1–14. https://doi.org/10.1186/2195-3007-3-11

Howe, N., & Strauss, W. (2000). Millennials rising: The next great generation. Vintage.

Igomu, A., Muliyono, A., & Bonggoibo, A. A. (2024). Judi Online : Permainan Menggiurkan dengan Risiko yang Menguras Harta dan Masa Depan. 01(02).

Jinhee, K., S, G. M., & Taylor, S. (2017). Review of Family Financial Decision Making: Suggestions for Future Research and Implications for Financial Education. Journal of Financial Counseling and Planning, 28(2), 253–267.

Lusardi, A., & Mitchell, O. S. (2014). The economic importance of financial literacy: Theory and evidence. Journal of Economic Literature, 52(1), 5–44. https://doi.org/10.1257/jel.52.1.5

Migu, M., & Zaki, M. (2022). Penyebab Keterlibatan Masyarakat dalam Aktivitas Perjudian Online: Studi Kasus Kelurahan Kedaung, Tangerang Selatan. Anomie, 4(1), 24–36. https://jom.fisip.budiluhur.ac.id/index.php/anomie/article/view/331

Murti, F. K., Muttaqin, M. H., & Saputra, R. (2024). Faktor Penyebab Maraknya Judi Online Serta Upaya Pencegahannya Di Lingkungan Masyarakat. Jurnal Hukum Dan Kewarganegaraan, 5(12), 1–7.

Pujianti, T., Syaodih, E., & Djohaeni, H. (2019). PERAN ORANG TUA DALAM MELAKUKAN FINANCIAL EDUCATION PADA ANAK USIA DINI Oleh : Tiara Pujianti , Ernawulan Syaodih , Henny Djohaeni Program Studi Pendidikan Guru Pe ndiddikan Anak Usia Dini Departemen Pedagogik Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidik. 16(229), 99–108.

Riley, B. J., Oster, C., Rahamathulla, M., & Lawn, S. (2021). Attitudes, risk factors, and behaviours of gambling among adolescents and young people: A literature review and gap analysis. International Journal of Environmental Research and Public Health, 18(3), 1–14. https://doi.org/10.3390/ijerph18030984

Riyanto, A. D. (2023). Indonesian Digital Report 2023 Hootsuite (We are Social). Hootsuite (We Are Social): Indonesian Digital Report 2023, 1. https://andi.link/hootsuite-we-are-social-indonesian-digital-report-2023/

Rosa, I., & Listiadi, A. (2020). Pengaruh Literasi Keuangan dan Sikap Keuangan terhadap Perilaku Keuangan Mahasiswa di Universitas Negeri Surabaya. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 12(12).

Shim, C., Oh, E. J., & Jeong, C. (2017). A qualitative analysis of South Korean casino experiences: A perspective on the experience economy. Tourism and Hospitality Research, 17(4), 358–371. https://doi.org/10.1177/1467358415619673

Shim, S., Barber, B. L., Card, N. A., Xiao, J. J., & Serido, J. (2010). Financial Socialization of First-year College Students: The Roles of Parents, Work, and Education. Journal of Youth and Adolescence, 39(12), 1457–1470. https://doi.org/10.1007/s10964-009-9432-x

Vigar, L. S., Himawan, K. K., & Mutiara, E. (2016). 305-Article Text-526-1-10-20190524.pdf. Mind Set, 7(1), 17–24.

Watanapongvanich, S., Khan, M. S. R., Putthinun, P., Ono, S., & Kadoya, Y. (2022). Financial Literacy and Gambling Behavior in the United States. Journal of Gambling Studies, 38(2), 445–463. https://doi.org/10.1007/s10899-021-10030-5

Widhiatanti, K. T., & Tobing, D. H. (2024). Dampak Judi Online pada Remaja Penjudi: Literature Review. Deviance Jurnal Kriminologi, 8(1), 91. https://doi.org/10.36080/djk.2759

Zurohman, A., Astuti, T. M. P., & Tjaturahono Budi Sanjoto. (2016). Dampak Fenomena Judi Online terhadap Melemahnya Nilai-nilai Sosial pada Remaja (Studi di Campusnet Data Media Cabang Sadewa Kota Semarang). Journal of Educational Social Studies, 5(2), 157–158.




DOI: https://doi.org/10.21831/jep.v21i2.78737

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 Citation & Indexing:

 

 Creative Commons License

This site is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International