HUBUNGAN NASABAH PENGGUNA APLIKASI TEKNOLOGI DAN KEPUASAN JASA PERBANKAN DENGAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN IPS DI BANK PANIN JAKARTA BARAT

Yuni Shara Marantika, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA, Indonesia
Suswandari Suswandari, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA, Indonesia
Moh. Balya Ali Sya’ban, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA, Indonesia

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara nasabah pengguna aplikasi teknologi dan kepuasan terhadap layanan perbankan yang dapat dianalisis dari perspektif ilmu pengetahuan sosial (IPS). Penelitian ini menggunakan kuesioner dalam mengumpulkan data dengan metode survei. Peneliti menggunakan analisis regresi linear berganda dengan bantuan SPSS. Hasilnya menunjukkan bahwa nasabah pengguna aplikasi teknologi jasa perbankan dan kepuasan jasa perbankan terdapat pengaruh secara simultan dan signifikan terhadap nilai-nilai pendidikan IPS. Dengan kata lain, nasabah pengguna aplikasi teknologi jasa perbankan dan kepuasan jasa perbankan secara bersama-sama memiliki hubungan yang signifikan dengan nilai-nilai pendidikan IPS. Dalam uji koefisien determinasi yang telah diperoleh, dapat diketahui bahwa besarnya Adjusted R Square adalah 0,791=79,1%. Hal ini mengartikan bahwa pengaruh seluruh variabel independen terhadap variabel dependen sebesar 79,1% dan sebesar 28,9% dipengaruhi oleh variabel lain.

Keywords


aplikasi teknologi; kepuasan jasa perbankan; nilai-nilai pendidikan IPS

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2014). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek (15th ed.). Rineka Cipta.

Astawa, I. B. M. (2017). Pengantar Ilmu Sosial. Rajawali Pers.

Barlian, E. (2018). Metodologi penelitian kualitatif & kuantitatif. Raja Grafindo Persada.

Darmadi. (2014). Metode Penelitian Kualitatif: Pendekatan Teori dan Praktik. Rajawali Pers.

Deans, P. C. (2005). E-commerce and M-commerce Technologies. IGI Global.

Eisner, E. W. (2015). Pendidikan dan Interpretasi Estetika. Universitas Negeri Malang.

Ghifari. (2017). Peran Teknologi Informasi Dalam Dunia Perbankan. Jurnal Rekayasa Dan Manajemen Sistem Informasi, 3(1), 85–94.

Gunawan, C. (2018). Mahir Menguasai SPSS (Mudah Mengolah Data Dengan IBM SPSS Statistic 25). Deepublish.

Handayani. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif: Teori dan Praktik. Raja Grafindo Persada.

Isjoni. (2019). Coorperative Learning. Alfabeta.

Ju, F. (2020). Pengaruh Kualitas Layanan Mobile Banking terhadap Kepuasan dan Loyalitas Nasabah: Kasus di Indonesia. Jurnal Bisnis Dan Manajemen Eropa, 12(7), 34–45.

Kotler, P., & Keller, K. (2020). Marketing Management. Pearson.

Kumari, A., & Devi, N. C. (2022). The impact of fintech and blockchain technologies on banking and financial services. Technology Innovation Management Review, 12(1/2).

Malaquias, F., Malaquias, R., & Hwang, Y. (2018). Understanding the determinants of mobile banking adoption: A longitudinal study in Brazil. Electronic Commerce Research and Applications, 30, 1–7.

Neuman, W. L. (2014). Social research methods: Qualitative and quantitative approaches. Pearson Education.

Purwanto, & Loisa. (2020). Analisis Adopsi Mobile Banking Berdasarkan Faktor Persepsi Kemudahan Penggunaan dan Persepsi Kegunaan: Studi Kasus Bank BRI di Malang. Jurnal Dinamika Informatika, 11(1), 1–9.

Sapriya. (2017). Pendidikan IPS Konsep dan Pembelajaran. Remaja Rosda Karya.

Shaikh, A. A., & Karjaluoto, H. (2015). Mobile banking adoption: A literature review. Telematics and Informatics, 32(1), 129–142.

Simamora, H. (2014). Manajemen Pemasaran: Analisis Perilaku Konsumen. Gramedia Pustaka Utama.

Siyoto, S., & Sodik, M. A. (2015). Dasar metodologi penelitian. literasi media publishing.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Alfabeta.

Vy, P. D., & Tam, P. T. (2021). TESTING THE RELIABILITY OF THE BANKING SERVICE QUALITY: A CASE STUDY OF COMMERCIAL BANKS IN VIETNAM. Ilkogretim Online, 20(5).

Wang, S. W., Ngamsiriudom, W., & Hsieh, C.-H. (2015). Trust disposition, trust antecedents, trust, and behavioral intention. The Service Industries Journal, 35(10), 555–572.

Yu, M. (2018). Mobile Banking Usage and Customer Satisfaction in the Indonesian Banking Industry. Binus Business Review, 9(1), 29–34.




DOI: https://doi.org/10.21831/jep.v21i2.78769

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 Citation & Indexing:

 

 Creative Commons License

This site is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International