Pengembangan multimedia pembelajaran untuk mengembangkan aspek kognitif anak

Henny Riska Pratiwi, Prodi Teknologi Pendidikan Program Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Christina Ismaniati, Fakultas Ilmu Pendidikan Univesitas Negeri Yogyakarfta, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan: (1) menghasilkan produk multimedia pembelajaran untuk mengembangkan aspek kognitif pada materi mengenal bilangan anak Palm Kids School Yogyakarta, dan (2) mengetahui tingkat kelayakan produk yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan yang mengacu pada langkah-langkah desain pengembangan Allesi & Trollip, yang dikelompokkan atas tiga prosedur pengembangan, meliputi: (a) planning, (b) design, dan (c) development yang dilengkapi dengan komponen atribut mencakup standards, ongoing evaluation, dan project management. Penelitian ini menghasilkan produk multimedia pembelajaran yang memenuhi kriteria dan dinyatakan layak sebagai media pembelajaran. Skor penilaian kelayakan produk melalui uji alpha pada ahli materi adalah 3,4 (layak) dan pada ahli media adalah 3,36 (layak). Uji beta menunjukkan skor hasil penilaian guru kelas K1 sebesar 3,7 (sangat layak). Kelayakan produk multimedia pembelajaran pada peningkatan perkembangan kognitif didukung oleh peningkatan perolehan skor hasil belajar kognitif anak K1 yang diketahui dari hasil pretes dan postes anak adalah sebesar 8,7.

Kata kunci:  multimedia pembelajaran, kognitif anak

 

DEVELOPING TEACHING MULTIMEDIA TO IMPROVE THE COGNITIVE ASPECTS OF THE CHILDREN

Abstract

This study aims to: (1) produce learning multimedia improve the cognitive aspects of the children of Palm Kids School Yogyakarta in understanding numbers, and (2) determine the feasibility level of the developed product. This research was research and development refering to the steps of developmental design proposed by Allesi and Trollip. The design was classified into three developmental procedures including: (a) planning, (b) design, and (c) development, completed with attributes of component including standards, ongoing evaluation, and project management. This study produced teaching multimedia which meet the criteria and the product is declared feasible as teaching media based on the score of product’s feasibility assessment through alpha test by material experts which is at 3.4 (feasible) and by media expert at 3.36 (feasible). Furthermore, the beta test conducted by teacher of K1 class showed the score of 3.7 (highly feasible). The product’s feasibility assessment of the teaching multimedia in improving the development of cognitive aspects was supported by the score of cognitive learning outcomes of the children in K1 class was observed by pre-test and post-test showing 8.7.

Keywords: teaching multimedia, children’s cognitive

Keywords


Multimedia Pembelajaran; Kognitif anak

Full Text:

Fulltext PDF

References


Alessi, S.M & Trollip, S. R. (2001). Multimedia for learning, method and development, (3rd ed.). Massachusetts: Pearson Education Inc.

Deporter, B., Reardon, M., & Singer, S. (2010) Quantum teaching mempraktikkan quantum learning di ruang-ruang kelas, Edisi baru (Terjemahan Ary Nilandari). Bandung: Kaifa.

Gallagher, P. K. (2010). The impact of learning style on learning outcomes in an interactive multimedia instruction (IMI) program. Disertasi, tidak diterbitkan, TUI University.

Januszewski, A & Molenda, M. (2008). Educational technolgy a defintion with commentary. New York: Taylor and Francis Group.

Kalyuga, S., & Tzu-Chien Liu. (2015). Managing cognitive load in technology-based learning environments, [Versi elektronik]. Journal of Educational Technology & Society, 4, (18), 1-8.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 137 Tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini. (2014). Jakarta

Munir. (2013). Multimedia konsep & aplikasi dalam pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Phillips, R. (1997). The developers handbook to interactive multimedia (practical guide for educational application). USA: Kogan Page.

Putra, L. D. & Ishartiwi. (2015). Pengembangan multimedia interaktif mengenal angka dan huruf untuk anak usia dini, [Versi elektronik]. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 2, (2), 169-178.

Sugiyono. (2010). Statistika untuk penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sukardjo. (2006). Kumpulan materi evaluasi pembelajaran. Yogyakarta: UNY Press.

Sulasmi. (2002). Warna teori dan kreativitas penggunaannya. Bandung: ITB

Trianto. (2011). Desain pengembangan pembelajaran tematik bagi anak usia dini TK/RA & anak usia kelas awal SD/MI. Jakarta: Kencana.

Tsung Juang Wang. (2012). Educational benefits of multimedia skills training. TechTrends, 1, (54), 47-60.

Wahyuningsih, M. (2011). Warna bisa mempengaruhi psikologis anak. Diakses pada tanggal 30 September 2016. Dari http://health.detik.com/read/2011/04/14/120159/1617042/764/2/warna- bisa-pengaruhi-psikologis-aNAK.

Wijaya, P. (2013). Perancangan buku ilustrasi anak berjudul kerajaan fantasi indonesia bertema gotong royong [Versi elektronik]. Student journal.petra.ac.id, 1, 689-789.




DOI: https://doi.org/10.21831/jitp.v4i2.11735

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Henny Riska Pratiwi, Christina Ismaniati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Our journal indexed by:

       

View Journal Statistics