Pengembangan multimedia interaktif tema binatang untuk pembelajaran di taman kanak-kanak

Kartini Kartini, Pascasarjana, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya, Indonesia
I Nyoman Sudana Degeng, Universitas Negeri Malang, Indonesia
Nurmida Catherine Sitompul, Pascasarjana, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya, Indonesia

Abstract


Tujuan dari penelitian ini yakni untuk menghasilkan produk media pembelajaran interaktif yang layak digunakan untuk mengenalkan berbagai macam binatang pada materi tema binatang pada anak taman kanak-kanak kelompok A. Untuk melihat kelayakan dari penelitian ini ditinjau dari tiga aspek antara lain: aspek edukatif, estetika, dan teknis. Model  pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini mengadaptasi dan  memodifikasi langkah-langkah penelitian dan pengembangan Brog & Gall. Dalam penelitian ini pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, angket atau kuesioner, dan dokumentasi. Analisis data diolah menggunakan deskriptif kuantitatif. Hasil validasi dari ahli materi memperoleh penilaian rata-rata skor 4,25 dengan kriteria sangat baik, adapun penilaian dari ahli media memperoleh rata-rata skor 4,42 dengan kriteria sangat baik. Penilaian dari guru kelompok A memperoleh nilai 100%, sedangkan uji coba lapangan awal dengan kelompok kecil memperoleh penilaian sebesar 97,22% dengan kriteria layak, hasil uji coba lapangan dengan kelompok besar memperoleh penilaian sebesar  92,15% dengan kriteria layak. Dapat disimpulkan bahwa secara keseluruhan media pembelajaran interaktif “Dunia Binatang” layak digunakan sebagai media pembelajaran interaktif untuk mengenalkan berbagai macam binatang pada anak taman kanak-kanak.

Abstract

This study aims to produce interactive learning media products that are feasible to use to introduce various animals in animal theme material in group A kindergarten children. To see this research's feasibility in three aspects, including educational, aesthetic, and technical aspects. The development model used in this study adapted and modified the steps of the research and development of Brog and Gall. In this study, data collection using observation, interviews, questionnaires or questionnaires, and documentation. Data analysis was processed using quantitative descriptive. The material experts' validation obtained an average rating of 4.25 with perfect criteria, while the assessment of the media experts obtained an average score of 4.42 with excellent standards. The evaluation of the group A teacher scored 100%. In comparison, the initial field trials with the small group received an estimate of 97.22% with the eligibility criteria. The field trials results with the large group received an assessment of 92.15% with the eligibility criteria. So it can be concluded that overall the interactive learning media "Animal World" is suitable to be used as an interactive learning media to introduce various animals to kindergartens.


Keywords


Media pembelajaran interaktif; tema binatang; taman kanak-kanak; interactive learning media; animal themes; kindergarten children

Full Text:

PDF

References


Arsyad, A, (2011). Media pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Brog, W. R., & Gall, M. D. (1989). Educational research: An introduction (5th ed.). London: Longman.

Chandra, R. D. A. (2016). Pengembangan media audio visual untuk mengenalkan huruf dan bilangan pada anak usia dini di TK. Bahkti Mandala Jember TA. 2015/2016. Jurnal CARE (Children Advisory Research and Education) : Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 24-41. Retrieved from http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/JPAUD/article/view/580

Darmawan, D. (2012). Pendidikan teknologi informasi dan komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Hardyana, S. E., & Herlawati, H. (2016). Animasi interaktif pengenalan hewan khas Pulau Indonesia berbasis Android pada TK Kupu-Kupu Mungil Bekasi. Jurnal Teknik Komputer, 2(1), 9-21. Retrieved from https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/jtk/article/download/358/267

Hartati, U. (2016). Pengembangan media pembelajaran interaktif "bedah beruang (belajar mudah berhitung kurang)" untuk mengenalkan konsep pengurangan pada anak taman kanak-kanak kelompok B (Unpublished bachelor's thesis). Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia.

Haryanto, H., & Friana, B. (2020). Aplikasi permainan edukatif mengaji berbasis multimedia interaktif. Jutis (Jurnal Teknik Informatika), 6(1), 8-16. doi: https://doi.org/10.33592/jutis.Vol6.Iss1.36

Hurlock, E. B. (1995). Perkembangan anak jilid 1 (4th ed.). Jakarta: Erlangga.

Izzaty, R. E., Suardiman, S. P., Purwandari, Y. A., Iliryanto, I., & Kusmaryani, R. E. (2008). Perkembangan peserta didik. Yogyakarta: UNY Press.

Ibrahim, R., & Syaodih, N. (2003). Perencanaan pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Kurniawan, F. Y., Siahaan, S. M., & Hartono, H. (2019). Pengembangan multimedia interaktif berbasis adventure game pada materi prinsip animasi. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 6(2), 183-195. doi: https://doi.org/10.21831/jitp.v6i2.28488

Dwiyogo, W. D., & Heynoek, F. P. (2017). Pengembangan permainan aku dan hewan menggunakan multimedia interaktif untuk guru anak usia dini. Gelanggang Pendidikan Jasmani Indonesia, 1(1), 153-165. doi: https://doi.org/10.17977/um040v1i1p153-165

Rahman, R. A., & Tresnawati, D. (2016). Pengembangan game edukasi pengenalan nama hewan dan habitatnya dalam 3 bahasa sebagai media pembelajaran berbasis multimedia. Jurnal Algoritma, 13(1), 184-190. doi: https://doi.org/10.33364/algoritma/v.13-1.184

Rasyid, H., & Mansyur, S. (2009). Asesmen perkembangan anak usia dini. Yogyakarta: Multi Presindo.

Santrock, J. W. (2002). Life span development: Perkembangan masa hidup. Jakarta: Erlangga.

Sudjana, N., & Rivai, A. (2002). Media pendidikan. Jakarta: Balai Pustaka

Sugiyono, S. (2014). Metode penelitian pendidikan: Pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Susanto, A. (2011). Perkembangan anak usia dini: Pengantar dalam berbagai aspeknya. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Suyanto, S. (2005). Dasar-dasar pendidikan anak usia dini. Yogyakarta: Hikayat Publishing.

Tresnawati, D., & Hidayat, E. (2017). Pengembangan aplikasi pengenalan huruf, angka dan warna untuk anak berbasis multimedia. Jurnal Algoritma, 14(2), 400-409. doi: https://doi.org/10.33364/algoritma/v.14-2.400

Widyatmojo, G. & Muhtadi, A. (2017). Pengembangan multimedia pembelajaran interaktif berbentuk game untuk menstimulasi aspek kognitif dan bahasa. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 4(1), 38-49. doi: https://doi.org/10.21831/jitp.v4i1.10194

Yuliani, N. S. (2009). Konsep dasar pendidikan anak usia dini. Jakarta: Indeks.

Yus, A. (2015). Penilaian perkembangan belajar anak taman kanak-kanak. Jakarta: Kencana.




DOI: https://doi.org/10.21831/jitp.v7i2.33879

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Kartini Kartini, I Nyoman Sudana Degeng, Nurmida Catherine Sitompul

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Our journal indexed by:

       

View Journal Statistics