Analysis of the needs of teachers of SMAN 3 Sidoardjo in the creation and use of learning media
Deni Ainur Rokhim, Universitas Negeri Malang, Indonesia
Zelen Surya Minata, Universitas Negeri Malang, Indonesia
Nur Indah Agustina, Universitas Negeri Malang, Indonesia
Kafita Krisnatul Islamiyah, Universitas Negeri Malang, Indonesia
Burhanuddin Ronggopuro, Universitas Negeri Malang, Indonesia
Habiddin Habiddin, Universitas Negeri Malang, Indonesia
Ristiwi Peni, SMAN 3 Sidoardjo, Indonesia
Bambang Wahyudi, SMAN 3 Sidoardjo, Indonesia
Asnan Wahyudi, SMAN 3 Sidoardjo, Indonesia
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdullah, R. (2017). Pembelajaran dalam perspektif kreativitas guru dalam pemanfaatan media pembelajaran. Lantanida Journal, 4(1), 35-49. DOI: http://dx.doi.org/10.22373/lj.v4i1.1866
Alwi, S. (2017). Problematika guru dalam pengembangan media pembelajaran. ITQAN: Jurnal Ilmu-Ilmu Kependidikan, 8(2), 145-167. Retrieved from https://ejurnal.iainlhokseumawe.ac.id/index.php/itqan/article/view/107
Asmara, A. P. (2015). Pengembangan media pembelajaran berbasis audio visual tentang pembuatan koloid. JURNAL ILMIAH DIDAKTIKA: Media Ilmiah Pendidikan dan Pengajaran, 15(2), 156-178. DOI: http://dx.doi.org/10.22373/jid.v15i2.578
Azmi, R. A., Rukun, K., & Maksum, H. (2020). Analisis kebutuhan pengembangan media pembelajaran berbasis web mata pelajaran administrasi infrastruktur jaringan. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(2), 303-314. DOI: https://doi.org/10.23887/jipp.v4i2.25840
Fernandes, R. (2019). Relevansi Kurikulum 2013 dengan kebutuhan Peserta didik di Era Revolusi 4.0. Jurnal Socius: Journal of Sociology Research and Education, 6(2), 70-80. DOI: https://doi.org/10.24036/scs.v6i2.157
Iwantara, I. W., Sadia, I. W., & Suma, K. (2014). Pengaruh penggunaan media video youtube dalam pembelajaran IPA terhadap motivasi belajar dan pemahaman konsep siswa. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran IPA Indonesia, 4(1). https://ejournal-pasca.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_ipa/article/view/1081/829
Jamil, M. M. (2019). Optimalisasi model ARCS dalam pembelajaran saintifik untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik pada peminatan mata pelajaran geografi di kelas matematika ilmu alam. IJIS Edu: Indonesian Journal of Integrated Science Education, 1(1), 7-24. DOI: http://dx.doi.org/10.29300/ijisedu.v1i1.1401
Karo-Karo, I. R., & Rohani, R. (2018). Manfaat media dalam pembelajaran. AXIOM: Jurnal Pendidikan Dan Matematika, 7(1). DOI: http://dx.doi.org/10.30821/axiom.v7i1.1778
Khairunnisa, G. F., & Ilmi, Y. I. N. (2020). Media pembelajaran matematika konkret versus digital: Systematic literature review di era revolusi industri 4.0. Jurnal Tadris Matematika, 3(2), 131-140. https://doi.org/10.21274/jtm.2020.3.2.131-140
Loe, A. P., Nenohai, J. A., Pamungkas, B. T. T., Parera, L. A., & Manu, R. E. R. (2022). Pengembangan E-LKPD Berbasis Liveworksheet pada Materi Prakarya dan Kewirausahaan Pada Sub Pokok Wirausaha Pengolahan Makanan Khas Daerah Yang Dimodifikasi Untuk Peserta Didik Kelas XII SMA. Journal Economic Education, Business and Accounting (JEEBA), 1(1), 90-97.
Lubis, I. R., & Ikhsan, J. (2015). Pengembangan media pembelajaran kimia berbasis android untuk meningkatkan motivasi belajar dan prestasi kognitif peserta didik SMA. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 1(2), 191-201. http://dx.doi.org/10.21831/jipi.v1i2.7504
Mariska, M., Kurniawan, E. S., & Fatmaryanti, S. D. (2013). Efektifitas Pemberian Apersepsi dan Motivasi dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa pada Pokok Bahasan Gaya, SMP NEGERI 13 Purworejo. Radiasi: Jurnal Berkala Pendidikan Fisika, 3(2), 161-165. Retrieved from https://jurnal.umpwr.ac.id/index.php/radiasi/article/view/441
Minata, Z. S., Agustina, N. I., Ardianty, A. E. C., & Rahayu, S. (2022). UTBK-Based Higher Order Thinking Skills (HOTS) Test Instruments on Reaction Rate Topic. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 11(4). DOI: https://doi.org/10.23887/jpiundiksha.v11i4.52595
Minata, Z. S., Rahayu, S., & Dasna, I. W. (2022). Context-Based Chemistry Learning: A Systematic Literature Review. Jurnal Pendidikan MIPA, 23(4), 1446-1463. DOI: http://dx.doi.org/10.23960/jpmipa/v23i4.pp1446-1463
Nenohai, J. A., Parera, L. A. M., & Pamungkas, B. T. T. (2021). Identifikasi Problematika Dan Solusi Pembelajaran Daring Mahasiswa Prodi Pendidikan Kimia Fkip Undana Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Geografi, 1(1), 77-83. DOI: https://doi.org/10.35508/jgeo.v1i1.6024
Nenohai, J. A., Rokhim, D. A., Agustina, N. I., & Munzil, M. (2022). Development of Gamification-Based Wordwall Game Platform on Reaction Rate Materials. Orbital: The Electronic Journal of Chemistry, 116-122. DOI: https://doi.org/10.17807/orbital.v14i2.16206
Novitasari, R., Anggraito, Y. U., & Ngabekti, S. (2015). Efektivitas model problem based learning berbantuan media audio-visual terhadap motivasi dan hasil belajar siswa pada materi sistem ekskresi. Journal of Biology Education, 4(3). DOI: https://doi.org/10.15294/jbe.v4i3.9583
Nurseto, T. (2011). Membuat media pembelajaran yang menarik. Jurnal Ekonomi dan pendidikan, 8(1). DOI: https://doi.org/10.21831/jep.v8i1.706
Parera, L. A. M., Naat, J. N., Nenohai, J. A., Tamonob, M., & Dewi, N. W. O. (2021). Pemanfaatan Bahan Ajar Digital Berbasis Android dan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap Hasil Belajar Peserta didik Kelas XI MIA pada Materi Pokok Asam Basa. Jurnal Beta Kimia, 1(2), 109-116. DOI: https://doi.org/10.201185/jbk.v1i2.5592
Parera, L. A. M., Toni, S., Naat, J., Sudirman, S., Dewi, N. W. O., Kerihi, E. C., & Nenohai, J. A. (2022). Pengembangan Video Pembelajaran Kimia Berbantuan Kinemaster pada Materi Sistem Koloid untuk Kelas XI SMA/MA. Jurnal Beta Kimia, 2(1), 23-32. DOI: https://doi.org/10.201185/jbk.v2i1.7247
Pradilasari, L., Gani, A., & Khaldun, I. (2019). Pengembangan media pembelajaran berbasis audio visual pada materi koloid untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa SMA. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 7(1), 9-15. DOI: https://doi.org/10.24815/jpsi.v7i1.13293
Putri, S. D., & Citra, D. E. (2019). Problematika guru dalam menggunakan media pembelajaran pada mata pelajaran IPS di madrasah ibtidaiyah Darussalam kota Bengkulu. Indonesian Journal of Social Science Education (IJSSE), 1(1), 49-55. DOI: http://dx.doi.org/10.29300/ijsse.v1i1.1325
Putri, I. Y. V. S., Rahayu, S., & Dasna, I. W. (2022). Game-Based Learning Application in Chemistry Learning: A Systematic Literature Review. Jurnal Pendidikan MIPA, 23(1), 01-12. DOI: http://dx.doi.org/10.23960/jpmipa/v23i1.pp01-12
Rokhim, D. A., Kurniawan, C. S. A., Ula, Q., & Al Siddiq, I. H. NEEDS ANALYSIS OF THE DEVELOPMENT OF SCHOOLOGY AND POWTOON-BASED LEARNING MEDIA TO INCREASE LEARNING MOTIVATION AND STUDENT LEARNING OUTCOMES. EduHumaniora| Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 14(1), 8-16. DOI: https://doi.org/10.17509/eh.v14i1.30
Syamsussabri, M., & Sueb, S. (2018). Need Analysis of Materials and Media Biology Teaching for High School Students Around the Location of People Gold Mining. In International Conference on Mathematics and Science Education (ICoMSE) (pp. 175-180).
Sudarisman, S. (2015). Memahami hakikat dan karakteristik pembelajaran biologi dalam upaya menjawab tantangan abad 21 serta optimalisasi implementasi kurikulum 2013. Florea: Jurnal Biologi dan Pembelajarannya, 2(1). DOI: http://doi.org/10.25273/florea.v2i1.403
Sumarni, R. A., Bhakti, Y. B., Astuti, I. A. D., Sulisworo, D., & Toifur, M. (2020). Analisis Kebutuhan Guru SMP Mengenai Metode Pembelajaran Flipped Classroom. ORBITA: Jurnal Kajian, Inovasi dan Aplikasi Pendidikan Fisika, 6(2), 236-242. DOI: https://doi.org/10.31764/orbita.v6i2.3168
Turrahmi, N., Yahya, F., & Erfan, M. (2018). Pengembangan media pembelajaran video berbasis microsoft office power point pada materi objek IPA dan pengamatannya untuk SMP kelas VII. QUARK: Jurnal Inovasi Pembelajaran Fisika Dan Teknologi, 1(1), 1-10.
Yunus, Y., & Fransisca, M. (2020). Analisis kebutuhan media pembelajaran berbasis android pada mata pelajaran kewirausahaan. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 7(2), 118-127. DOI: https://doi.org/10.21831/jitp.v7i1.32424
DOI: https://doi.org/10.21831/jitp.v10i3.54691
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Jacky Anggara Nenohai, Deni Ainur Rokhim, Zelen Surya Minata, Nur Indah Agustina, Kafita Krisnatul Islamiyah, Burhanuddin Ronggopuro, Habiddin Habiddin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Our journal indexed by:
View Journal Statistics