Development of Android application-based digital literacy media to improve the reading ability of ADHD students
Murtadlo Pahrurrozi, Universitas Negeri Surabaya, Indonesia
Endang Purbaningrum, Universitas Negeri Surabaya, Indonesia
Ahmad Yudi Saputra, Universitas Pendidikan Sultan Idris, Malaysia
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adhd, T. T., Reading, G., & Language, G. (2015). Overlap of ADHD, reading disorders, and language disorders.
Akbar, S. N. (2017). Terapi Modifikasi Perilaku untuk penanganan hiperaktif pada anak retardasi mental ringan. Jurnal Ecopsy, 4(1), 41-51. https://doi.org/10.20527/ecopsy.v4i1.3414
Amarulloh, et al. (2020). Use of media applications based on the Indonesian Digital Literacy (LDI) android application. Affects the ability of learning outcomes of students with ADHD.
Amarulloh, A., Surahman, E., & Meylani, V. (2019). Refleksi peserta didik terhadap pembelajaran berbasis digital. Metaedukasi, 1 (1), 1323. https://doi.org/10.37058/metaedukasi.v1i1.977
Arwani, A. (2011). Pembelajaran Pendidikan agama islam berbasis multimedia. In Forum Tarbiyah (Vol. 9, No. 2). https://www.neliti.com/publications/69445/pembelajaran-pendidikan-agama-islam-berbasis-multimedia
Departemen Pendidikan Nasional. (2009). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 70 Tahun 2009, pasal 3 ayat 1, tentang semua anak, tanpa memandang kebutuhan atau kemampuannya yang memiliki disabilitas fisik, emosional, mental atau sosial berhak mengikuti pendidikan, termasuk di satuan pendidikan tertentu. https://jdih.kemdikbud.go.id/detail_peraturan?main=1697
Fatmawati, N. I., & Sholikin, A. (2019). Literasi Digital, mendidik anak di era digital bagi orang tua milenial. Madani Jurnal Politik dan Sosial Kemasyarakatan, 11(2), 119-138. https://doi.org/10.52166/madani.v11i2.3267
Gray, C., & Climie, E. A. (2016). Children with attention deficit/hyperactivity disorder and reading disabilities: A review of the efficacy of medication treatments. Frontiers in Psychology, 7(JUL), 1–6. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2016.00988
Hidayat, T., & Syafe'i, M. (2018). Filsafat perencanaan dan implikasinya dalam perencanaan pembelajaran pai di sekolah. Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, 21(2), 188-205. https://doi.org/10.24252/lp.2018v21n2i5.
Indarta, Y., Jalinus, N., Waskito, W., Samala, A. D., Riyanda, A. R., & Adi, N. H. (2022). Relevansi kurikulum merdeka belajar dengan model pembelajaran abad 21 dalam perkembangan era society 5.0. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 3011-3024. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2589
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2014). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Kurikulum 2013 No. 146 Tahun 2014, tentang bahasa dalam aspek pengembangan literasi, yaitu membaca. Permendikbud Nomor 146 Tahun 2014.pdf (kemdikbud.go.id)
Kurnianingsih, I., Ekadiana, N., & Deliasari, A. (2017). Prototipe literasi informasi berbasis web sebagai upaya peningkatan kemampuan literasi siswa MAN Insan Cendekia. Edulib, 7(1). https://doi.org/10.17509/edulib.v7i1.7542
Kurnianingsih, I., Rosini, R., & Ismayati, N. (2017). Upaya peningkatan kemampuan literasi digital bagi tenaga perpustakaan sekolah dan guru di wilayah Jakarta pusat melalui pelatihan literasi informasi. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 61-76. https://doi.org/10.22146/jpkm.25370
Manuscript, A. (2014). Underpinnings of the Centrality Deficit. 41(3), 473–483. https://doi.org/10.1007/s10802-012-9686-8.Reading
Masitoh, S. (2018). Blended Learning berwawasan literasi digital suatu upaya meningkatkan kualitas pembelajaran dan membangun generasi emas 2045. Proceedings of the ICECRS, 1(3), v1i3-1377. https://doi.org/10.21070/picecrs.v1i3.1377
Mariyah, M., Aprinastuti, C., & Anggadewi, B. E. T. (2017). Pengembangan alat peraga untuk meningkatkan kemampuan belajar matematika pada anak dengan ADHD. Prosiding Temu Ilmiah Nasional X Ikatan Psikologi Perkembangan Indonesia, 1. https://jurnal.unissula.ac.id/index.php/ippi/article/view/2195
Ng, N., Bangsa, P. G., & Christianna, A. (2016). Perancangan buku interaktif sebagai media pendukung terapi anak-anak ADHD usia 6-8 tahun. Jurnal DKV Adiwarna, 1(8), 11. https://publication.petra.ac.id/index.php/dkv/article/view/4358
Nurhazizah, N., Pransiska, R., & Saridewi, S. (2019). Peningkatan kemampuan membaca anak melalui permainan bengkel kata di taman kanak-kanak smart kids Padang Panjang. Aulad: Journal on Early Childhood, 2(2), 51-60. https://doi.org/10.31004/aulad.v2i2.34
Nurjanah, E., Rusmana, A., & Yanto, A. (2017). Hubungan literasi digital dengan kualitas penggunaan e-resources. Lentera Pustaka: Jurnal Kajian Ilmu Perpustakaan, Informasi Dan Kearsipan, 3(2), 117-140. https://doi.org/10.14710/lenpust.v3i2.16737
Pakpahan, A. F., Ardiana, D. P. Y., Mawati, A. T., Wagiu, E. B., Simarmata, J., Mansyur, M. Z., ... & Iskandar, A. (2020). Pengembangan media pembelajaran. Yayasan Kita Menulis. https://scholar.google.com/scholar?cluster=6292325207851984526&hl=en&oi=scholarr
Parwodiwiyono, S., & Witono, W. (2022). Analisis kaitan angka beban ketergantungan dengan indeks pembangunan manusia dalam pemanfaatan bonus demografi (studi 6 provinsi indonesia). PANCANAKA Jurnal Kependudukan, Keluarga, dan Sumber Daya Manusia, 3(1), 44-54.. https://doi.org/10.37269/pancanaka.v3i1.121
Purwandari, P. (2006). Identifikasi Anak Tunalaras yang mengalami ADHD (attention defisit-hyperactivity) berdasarkan DSM IV (diagnostic and statistical manual of mental disorders). JPK (Jurnal Pendidikan Khusus), 2(1). https://doi.org/10.21831/jpk.v2i1.6038
Putra, A. P. (2018). Meningkatkan kreativitas anak dengan ADHD melalui literasi. Abdau: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 1 (1), 354–370.https://dx.doi.org/10.36768/abdau.v1i2.20
Rakimahwati, R., & Roza, D. (2020). Developing of interactive game based on role play game to improve the reading abilities. Journal of Nonformal Education, 6(2), 193-201. https://doi.org/10.15294/jne.v6i2.25574
Rapisa, D. R., & Kusumastuti, D. E. (2022). Implementation of Behavior Modification Techniques in Overcoming Maladaptive Behavior of Children with Special Needs. Journal of Research and Development for Special Education, 9(2), 51. https://doi.org/10.17977/um029v9i22022p51-55
Rizki, A. S. (2019). Development of mobile learning media (m-learning) based on android applications for students with ADHD. https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13011/
Roshinah, F. R., Nursaliha, L., & Amri, S. (2014). Pengaruh terapi murottal terhadap tingkat hiperaktif–impulsif pada anak attention deficit hyperactive disorder (ADHD). Pelita-Jurnal Penelitian Mahasiswa UNY, 9(02). https://journal.uny.ac.id/index.php/pelita/article/download/4017/3473
Sari, H. Y. (2022). Peningkatan kemampuan literasi melalui media komik kartun bersambung dengan pendekatan kontekstual pada anak adhd (attention deficit hyperactivity disorder). Berajah Journal: Jurnal Ilmiah Pembelajaran dan Pengembangan Diri, 2(4), 889-898. https://doi.org/10.47353/bj.v2i4.176
Sari, V. F., & Sukerti, N. W. (2020). PECS (Picture Exchange Communication System) terhadap Interaksi Sosial anak ADHD (Attention Deficit-Hyperactive Disorder). JPK (Jurnal Pendidikan Khusus), 6(1), 28-34. https://doi.org/10.21831/jpk.v16i1.30797
Soegito. (2006). 6039-15792-1-SM. pdf. https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=604348
Sugiyono. (2016). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alphabet. https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=133467
Susanto, E., & Nugraheni, A. S. (2020). Metode vakt solusi untuk kesulitan belajar membaca permulaan pada anak hiperaktif. Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 6(1), 13-20. https://doi.org/10.31602/muallimuna.v6i1.2506
Umroh, N. S., Adi, E. P., & Ulfa, S. (2019). Multimedia tutorial untuk menumbuhkan minat baca anak ADHD (Attention Deficit Hyperactivity Disorder). JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 2(1), 45-52. http://dx.doi.org/10.17977/um038v2i12019p045
Wibowo, E. W., & Mumpuniarti, M. (2019). Application of inquiry methods to academic achievement of children with attention deficit hyperactivity disorder in inclusive schools. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Luar Biasa, 6(1), 9-12. http://dx.doi.org/10.17977/um029v6i12019p9-12
Widyastuti, A. (2017). Kiat jitu anak gemar baca tulis. Elex Media Komputindo. https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=1040812
DOI: https://doi.org/10.21831/jitp.v10i4.63849
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Abdul Siti Raodah, Murtadlo Pahrurrozi, Endang Anton Adhy Pujianto
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Our journal indexed by:
View Journal Statistics