Efektivitas Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Pembelajaran Jarak Jauh di Sekolah Menengah Kejuruan
Arie Wibowo Khurniawan, Universitas Terbuka, Indonesia
Abstract
Penyebaran pandemi Covid-19 mengakibatkan perubahan dalam segala bidang, termasuk pendidikan. Pembelajaran yang semula secara keseluruhan dapat dilakukan tatap muka berubah menjadi pembelajaran jarak jauh. Kepala sekolah sebagai pemimpin di suatu lembaga pendidikan bertanggung jawab untuk mengelola jalannya pembelajaran jarak jauh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas kepemimpinan kepala sekolah dalam pembelajaran jarak jauh di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Metode penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif deskriptif dengan subjek penelitian adalah kepala sekolah dan atau wakil kepala sekolah SMK dari semua provinsi di Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran jarak jauh di SMK menggunakan berbagai macam media digital. Kendala yang paling tinggi yaitu pada sinyal internet. Tempat pelaksanaan untuk pembelajaran praktik yaitu di sekolah dengan prosedur yang paling sering digunakan yaitu fasilitas cuci tangan. Proporsi pembelajaran yang paling sesuai yaitu 20% PJJ vs 80% PTM. Waktu kegiatan pembelajaran tatap muka mulai dilaksanakan mayoritas dalam waktu dekat. Efektivitas sekolah dalam pembelajaran jarak jauh yaitu lebih banyak yang menyatakan tidak efektif. Pembelajaran jarak jauh tidak lebih efektif dibandingkan dengan pembelajaran tatap muka, tidak membuat nilai akademik siswa lebih meningkat, dan tidak cocok diterapkan sebagai pembelajaran masa depan di Indonesia. Sebagian besar kepala sekolah tidak setuju bahwa pembelajaran jarak jauh mudah untuk diikuti, membuat siswa lebih paham terhadap pelajaran, dan informasi yang diberikan pada pembelajaran jarak jauh mudah diterima. Di sisi lain, pembelajaran jarak jauh sesuai dengan perkembangan zaman dan dapat diandalkan dalam masa pandemi.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aksoy, M.U., Aksu, S.P., ̧ S€ozbir, S.Y., & Erenel, A.S. (2023). The effectiveness of the using scenario and video in distance nursing education during Covid-19 pandemic. Teaching and Learning in Nursing, 18, 24-29.
Ali, S., & Hasanah, E. (2021). Kepemimpinan kepala sekolah dalam menjamin mutu pendidikan pada masa pandemi covid-19 di SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 7(1), 264-272.
Amini, Damanik, K., & Bahri, S. (2021). Kepemimpinan kepala sekolah yang efektif dalam meningkatkan kinerja guru di SMA Negeri 5 Pematangsiantar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 1-8.
Aryansah, J.E & Sari, S.P. (2021). Analisis peran regulasi emosi mahasiswa terhadap kebijakan school from home di masa pandemi covid-19. Jurnal Pemerintahan dan Politik, 6(1), 8-14.
Atikah, R., Prihatin, R.T., Hernayati, H., & Misbah, J. (2021). Pemanfaatan google classroom sebagai media pembelajaran di masa pandemi covid-19. Jurnal PETIK, 7(1), 7-18.
Desfiyanti, Gistituati, N., & Rifma. (2021). Kepemimpinan instruksional kepala sekolah di masa pandemi covid-19. Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan, 10(2), 06-11. doi: 10.24036/jbmp.v10i1
Ellysa, N. (2022). Kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan pembeajaran daring. Journal of Instructional and Development Researches, 2(1), 17-25. doi: 10.53621/jider.v2i1.94
Fujs, D., Vrhovec, S., Zvanut, B., & Vavpoti, D. (2022). Improving the efficiency of remote conference tool use for distance learning in higher education: A kano based approach. Computers & Education, 181, 1-15. doi: 10.1016/j.compedu.2022.104448
Hastowo & Abduh (2021). Analisis kemampuan manajerial kepala sekolah dalam implementasi pembelajaran daring. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 11(3), 252-263.
Hidayat, E. (2021). Kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan profesionalisme dan kepuasan kerja guru pada masa pandemi covid-19. Jurnal Ilmiah Sosial, 3(1), 12-23.
Husnah, A., Harapan, E., & Rohana. (2021). Pengaruh kepemimpinan kepala sekolah dan budaya organisasi terhadap komitmen guru dalam melaksanakan tugas. Jurnal Manajemen Pendidikan, 3(1), 19-30.
Hutagalung, R.K., Nurabdiah, S., & Amini. (2022). Peran kepemimpinan kepala sekolah dalam peningkatan kinerja kerja guru pada proses pembelajaran masa pandemi. Journal of Administration and Educational Management, 5(2), 143–159. doi: 10.31539/alignment.v5i2.4543
Kristiyanti, E.I., & Muhyadi. (2015). Kepemimpinan kepala sekolah perempuan (Studi kasus SMKN 7, SMKN 1 Bantul, SMKN 1 Tempel). Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 3(1), 37-49.
Noor, T.R., & Astutik, E. (2021). School principal’s solution strategy on online learning during the covid-19 pandemic at SDN Sumput Sidoarjo. Jurnal Al-Fikrah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 11(1), 20-31.
Oktaviani, M., Wulaningrum, A.F., Firliyanti, D., Widyasari, F.P., Kantoni, Azzahra, R.S., & Lusiana, R. (2022). Praktik baik pembelajaran dalam jaringan (online learning) di SMK N 32 Jakarta selama masa pandemi. Jurnal Al-Azhar Indonesia Seri Humaniora, 7(1), 52-57.
Topuz, Ş., Sezer, N.Y., Aker, M.N., Gönenç, I.M., Cengiz, H.O., & Korucu, A.E. (2021). A SWOT analysis of the opinions of midwifery students about distance education during the covid-19 pandemic a qualitative study. Midwifery, 103, 1-10. doi: 10.1016/j.midw.2021.103161
Tresnatri, F.A., & Barasa, A.R. (2020). SMERU research institute: Selama pandemi, peran kepala sekolah masih minim dalam pelaksanaan pembelajaran jarak jauh. Artikel Program Rise Indonesia, diakses tanggal 6 April 2022, dari https://rise.smeru.or.id/id/ blog/selama-pandemi-peran-kepala-sekolah-masih-minim-dalam-pelaksanaan-pembelajaran-jarak-jauh
DOI: https://doi.org/10.21831/jump.v5i1.59233
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Jurnal Manajemen Pendidikan: Jurnal Ilmiah Administrasi, Manajemen dan Kepemimpinan Pendidikan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License