PENINGKATAN KEMAMPUAN PRA-MEMBACA KATA PADA ANAK KELOMPOK B TK PUSIDE MUSI MELALUI MEDIA PERMAINAN KARTU HURUF
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil kemampuan pra-membaca dengan menggunakan media permainan kartu huruf pada anak kelompok B di TK Puside Musi Talaud. Tujuan kedua penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh kemampuan pra-membaca dengan menggunakan media permainan kartu huruf pada anak kelompok B di TK Puside Musi Talaud. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian adalah siswa kelompok B TK Puside Musi Talaud dengan jumlah 16 orang siswa. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan terhadap penggunaan kemampuan pra-membaca pada anak kelompok B di TK Puside Musi Talaud menggunakan media permainan kartu huruf. Hasil penelitian ini dalam pembelajaran pra-membaca atau membaca permulaan pada anak kelompok B peranan media sangat penting mengingat anak-anak masih amat senang bermain sambil belajar. Berdasarkan pengamatan awal di di TK Puside Musi Talaud bahwa dalam proses pra-membaca, selama ini (1) anak kurang antusias dalam mengikuti pelajaran, (2) pengenalan huruf pada anak-anak sangat terbatas, (3) guru hanya menggunakan metode ceramah. Berdasarkan hasil penelitian ini, guru menerapkan kegiatan pembelajaran pra-membaca yang menyenangkan dan inovatif dengan kartu huruf. Dengan demikian anak usia din lebih mudah mengenal huruf untuk meningkatkan kemampuan pra-membaca.
Kata Kunci: kemampuan pra-membaca, anak kelompok B, permainan kartu huruf
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/jpa.v3i2.11703
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2016 Jurnal Pendidikan Anak
Our Journal indexed by:
Supervised by:
Jurnal Pendidikan Anak is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpa.
Jurnal Pendidikan Anak Stats