Hubungan pola asuh orang tua dengan kemandirian anak

Mira Lestari, Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pola asuh orang tua dengan kemandirian anak kelompok B di gugus VIII Kasihan, Bantul. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode korelasi. Populasi penelitian ini adalah anak kelompok B di gugus VIII Kasihan. Teknik sampling yang digunakan adalah random sampling dengan jumlah 106 anak. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner dan lembar observasi. Metode analisis yang digunakan yaitu analisis diskriptif dan analisis statisik nonparametik dengan teknik chi square. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh sebanyak 34,9% anak memiliki tingkat kemandirian rendah dan 65,1% memiliki tingkat kemandirian tinggi. Sebanyak 15,1% orang tua menggunakan pola asuh autoritarian dan 84,9% menggunakan pola asuh autoritative. Pola asuh dengan kemandirian anak memiliki hubungan yang signifikan dengan nilai X2 sebesar 11,335. Pola asuh autoritaive memiliki kontribusi lebih dalam menumbuhkan kamendirian anak daripada pola asuh autoritarian.

 

Abstract

The objective of this study is to determine relationship of parenting with independence of children in gruob B at gugus VIII Kasihan, Bantul. This study a quantitative research with correlation method. The pupulation of this study were children in groub B at gugus VIII Kasihan.. The sampling technique used was random sampling with total of 106 children. Methods of collecting data using questionnaries and observation sheets. The analytical methods used is descriptive analysis and nonparametic static analysis with the chi square technique. Based on the results of the study, 34,9 % of children had a low level of independence and 65,1% high. A total of 15,1% of parents use authoritarian parenting and 84,9% of parents use democratic parenting. Parenting with the independance of children has a significant relationship with the resuls X2 of 11,335. Authoritative parenting have more contributes to develop children independence than authoritarian parenting.


Keywords


pola asuh; kemandirian; parenting; independence

Full Text:

Fulltext PDF

References


Ali, M., & Asrori, M. (2008). Psikologi remaja perkembangan peserta didik. Jakarta: Bumi Aksara.

Asep & Bahrudin. (2014). Metode penelitian kuantitatif: aplikasi dalam pendidikan. Yogyakarta: Deepublish.

Brooks, J. (2011). The process of parenting (8th ed.).(Terjemahan Rahmat Fajar). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Casmini. (2007). Emotional parenting dasar-dasar pengasuhan kecerdasan emosi anak. Yogyakarta: Nuansa Aksara

Helmawati. (2014). Pendidikan keluarga teoritis dan praktis. Bandung: Rosda.

Hurlock, E.B. (1978). Perkembangan anak jilid 2 (6th ed). Jakarta: Erlangga.

Insiah. (2011). Stop 7 kesalahan agara anak terampil dan mandiri. Lptcindo. Diakses dari http://www.lptcindo.com/tips-psikologi/item/25-stop-7-kesalahan-agar-anak-terampil-dan-mandiri pada tanggal 28 Mei 2019 pukul 18.30 WIB.

Komsi, D., Hambali, I., & Ramli, M. (2018). Kontribusi pola asuh orang tua demokratis, kontrol diri, konsep diri terhadap motivasi belajar siswa. Psychology, Evaluation, and Technology in Educational Research, 1(1), 55-61. doi:http://dx.doi.org/10.33292/petier.v1i1.21

Nurhayati, E. (2011). Psikologi pendidikan inovatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Presiden Republik Indonesia. (2003). Undang-undang RI Nomor 20 Tahun 2003 tentang sisitem pendidikan nasional

Sugiyono. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2016). Metode penelitian dan pengembangan research and development. Bandung: Alfabeta.

Susanto, A. (2017). Pendidikan anak usia dini. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Tim Pustaka Familia. (2006). Membuat prioritas, Melatih anak mandiri. Yogyakarta: Penerbit Kanisius.

Tridhonanto. (2014). Mengembangkan pola asuh demokratis. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Wiyani, N.A. (2014). Bina karakter anak usia dini: panduan orang tua dan guru dalam membentuk kemandirian dan kedisiplinan anak usia dini. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media




DOI: https://doi.org/10.21831/jpa.v8i1.26777

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Pendidikan Anak

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Our Journal indexed by:

     

Supervised by:

RJI Main logo



Creative Commons License

Jurnal Pendidikan Anak is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpa.

Jurnal Pendidikan Anak Stats