Membekali Anak dengan Keterampilan Melindungi Diri
Abstract
Pada dasamya, setiap anak berhak untuk merasakan keamanan, ketenangan dan kebahagiaan. Namun, tak jarang anak-anak mengalami berbagai bentuk kekerasan. Kekerasan yang dialami anak bervariasi, mulai dari kekerasan verbal/emosional, fisik, seksual maupun pengabaian {neglect). Pelakunya pun beragam, diantaranya dari keluarga (domestic based violence), maupun orang-orang di sekitar anak seperti teman, guru, dan tetangga (community based violence). Dengan keterampilan sosial seperti asertif dan self help mechanism, diharapkan anak dapat melindungi diri dari kekerasan (child abuse) sekaligus agar dapat menyesuaikan diri dengan kehidupan sosial. Kekerasan tidak hanya perlu diatasi secara kuratif (penganggulangan), namun perlu ada upaya preventif (pencegahan).
Kata kunci: keterampilan melindungi diri, anak
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/jpa.v3i1.3053
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c)
Our Journal indexed by:
Supervised by:
Jurnal Pendidikan Anak is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpa.
Jurnal Pendidikan Anak Stats