Pelatihan penggunaan buku panduan pembuatan dan pelaksanaan pembelajaran di taman lalu lintas untuk guru taman kanak-kanak

Eka Sapti Cahya Ningrum, Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini FIP Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Martha Christianti, Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini FIP Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Ika Budi Maryatun, Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini FIP Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Nur Cholimah, Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini FIP Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Tujuan pengabdian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan para guru dalam membuat dan melaksanakan pembelajaran di taman lalu lintas untuk taman kanak-kanak di Daerah Istimewa Yogyakarta. Pemecahan masalah yang dilakukan bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan tentang: (1) rambu lalu lintas yang harus ada dalam taman lalu lintas, (2) etika berlalu lintas yang harus dikenalkan pada anak usia dini, (3) cara membuat taman lalu lintas di sekolah,(4) cara merancang pembelajaran di taman lalu lintas, (5) cara melaksanakan pembelajaran di taman lalu lintas dalam bentuk praktik microteaching dan pendampingan, dan (6) pembuatan video praktik pembelajaran di taman lalu lintas. Pelatihan penggunaan buku panduan pembuatan dan pelaksanaan pembelajaran di taman lalu lintas untuk taman kanak-kanak bagi guru TK di DIY ini mencapai target yang diharapkan yaitu kehadiran peserta melebihi target, yaitu dari target 25 peserta menjadi 35 peserta. Selain itu, para guru dapat menggunakan taman lalu lintas dalam pembelajaran di sekolah, mengenalkan rambu lalu lintas dan etika berlalu lintas pada anak melalui penjelasan dengan gambar dan praktik langsung dengan bermain peran, serta mengajak anak untuk belajar di taman lalu lintas dalam tema pembelajaran yang lain seperti pekerjaan dan lingkungan.


Keywords


pelatihan, pembelajaran, taman lalu lintas, guru tk

Full Text:

PDF

References


Crain, W. (2007). Teori perkembangan; konsep dan aplikasi; edisi ketiga. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Dirjen PLS. Dir PAUD. (2009). Pedoman penerapan pendekatan “beyond centers and circles time (bcct)” (pendekatan sentra dan saat lingkaran) dalam pendidikan anak usia dini. Jakarta: Depdiknas.

Papalia, D.E., Old, S.W., Feldman, R.D. (2008). Human developmant 9th edition, (psikologi perkembangan, terjemahan oleh A. K. Anwar, Jakarta: Kencana.

Sue Dockett, S. & Fleer, M. (2002). Play and pedagogy in early childhood, bending the rules, Australia: Thomson.

Sujiono, Y.N. (2013). Konsep dasar pendidikan anak usia dini. Jakarta: Permata Puri Media.

Suyanto, S. (2005). Dasar-dasar pendidikan anak usia dini. Yogyakarta: Hikayat.




DOI: https://doi.org/10.21831/jpa.v9i1.31395

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Pendidikan Anak

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Our Journal indexed by:

     

Supervised by:

RJI Main logo



Creative Commons License

Jurnal Pendidikan Anak is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpa.

Jurnal Pendidikan Anak Stats