MORALITAS DAN PROFESIONALISME GURU DALAM KEPENDIDIKAN DI INDONESIA

Annisa Ratna Sari, Dosen Pendidikan Akuntansi FE UNY, Indonesia

Abstract


Sumber daya manusia berperan ganda, baik sebagai obyek maupun sekaligus sebagai subyek pembangunan. Berperan obyek pembangunan, sumber daya manusia merupakan sasaran pembangunan untuk disejahterakan, dan sebagai subyek, sumber daya manusia berperan sebagai pelaku pembangunan yang sangat menentukan kemajuan. Pendidikan merupakan salah satu sarana untuk meningkatkan mutu sumber daya manusia.

Berbicara tentang pendidikan, sangat erat kaitannya dengan guru. Guru mempunyai peran sebagai pengajar dan pendidik, sehingga guru menjadi salah satu faktor penentu keberhasilan setiap upaya pendidikan.

Tulisan ini hendak menguraikan masalah guru dan pendidikan, moralitas, profesionalisme, moralitas dan profesionalisme guru, hambatan profesi guru dan guru masa depan. Dengan membaca tulisan ini diharapkan guru dapat memahami maknanya dan dapat menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari, terutama di lingkungan keprofesiannya.


Full Text:

Untitled


DOI: https://doi.org/10.21831/jpai.v4i1.1777

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)



Index sitasi:

                         


Creative Commons License
JPAI by JPAI is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpakun.
Permissions beyond the scope of this license may be available at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpakun.