PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN GAME TAX ADMINISTRATION MILLIONAIRE QUIZ UNTUK MATA PELAJARAN ADMINISTRASI PAJAK
Mahendra Adhi Nugroho, Staf Pengajar Jurusan Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengembangkan game edukatif sebagai media pembelajaran Administrasi Pajak bagi siswa kelas XI Akuntansi SMK YPE Sawunggalih Kutoarjo, 2) Mengetahui kelayakan game edukatif Tax Administration Millionaire Quiz berdasarkan penilaian ahli materi, ahli media, dan siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R & D) yang diadaptasi dan dimodifikasi dari model pengembangan Borg & Gall (1983). Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Teknik analisis data secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan pengembangan game edukatif Tax Administration Millionaire Quiz menggunakan aplikasi Adobe Flash dan melalui 5 tahap pengembangan yaitu: 1) Studi pendahuluan, 2) Perencanaan, 3) Pengembangan produk awal, 4) Uji coba dan evaluasi, 5) Produk akhir dan penyebaran. Kelayakan game edukatif ini diperoleh melalaui lima tahapan penilaian yang dilakukan pada tahap pengembangan produk awal serta uji coba dan evaluasi. Tingkat kelayakan rata-rata skor berdasarkan penilaian: 1) Ahli materi diperoleh 4,16 (Layak), 2) Ahli media diperoleh 4,42 (Sangat Layak), 3) Uji coba perorangan diperoleh 4,55 (Sangat Layak), 4) Uji coba kelompok kecil diperoleh 4,30 (Sangat Layak), 5) Uji coba lapangan diperoleh 4,37 (Sangat Layak). Dari hasil penilaian kelayakan tersebut dapat disimpulkan bahwa game edukatif Tax Administration Millionaire Quiz “Layak” digunakan sebagai media pembelajaran Administrasi Pajak.
Kata Kunci : Game edukatif, media pembelajaran, Tax Administration Millionaire Quiz, SMK, Administrasi Pajak, Borg & Gall.
Full Text:
85 - 98 (PDF)DOI: https://doi.org/10.21831/jpai.v13i1.5192
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c)
Index sitasi:
JPAI by JPAI is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpakun.
Permissions beyond the scope of this license may be available at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpakun.