K0NSEP PLAY, GAMES, SP0RT DAN RELASINYA

Herwin Herwin, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Nur Cholis Majid, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Sumaryanto Sumaryanto, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Subagyo Subagyo, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Komarudin Komarudin, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Sridadi Sridadi, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Raden Sunardianta, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Kajian ilmiah ini bertujuan untuk memaknai pengertian tentang konsep play, games, sports dan relasinya satu dengan lainnya dalam kehidupan manusia. Filsafat olahraga memberikan makna bahwa dalam memandang suatu permasalahan atau kajian pengetahuan harus benar-benar bijaksana. Berdasarkan filsafat olahraga kuno dan modern melalui bangsa Yunani akan mendapat pemaknaan yang berbeda dan dengan persepsi yang berbeda pula. Perdebatan terjadi manakala memaknai sebuah konsep tentang play, games, sports dengan sudut pandang yang berbeda yang tidak dapat disatukan. Pemahaman tentang konsep ketiganya akan sejalan bila sudut pandang yang digunakan memiliki kesamaan. Kedalaman investigasi terhadap konsep play, games, sports akan memberikan makna yang lebih jelas dan tegas terhadap  ketiganya. Batasan atau terminologi yang terkandung di dalamnya akan menjadi semakin jelas. Bahwa ketiganya, play, games, sports memiliki hubungan satu dengan lainnya akan semakin kuat. Secara makro sports memiliki wilayah konsep lebih luas dibandingkan dengan games. Games sebagai bagian dari sports memiliki kedalam yang lebih dibandingkan dengan play. Oleh karenanya ketiganya memiliki hubungan atau relasi yang kuat. Meskipun demikian konsep ketiganya dapat berdiri secara sendiri-sendiri

Keywords


play, games, sports, homo ludens, Yunani kuno.

Full Text:

PDF

References


Dustin Hughes. 2021. https://www.quora.com/What-is-the-difference-between-game-sports-and-play. April 22, 2021.

Hemingway, Colette, and Seán Hemingway. (2002). “Athletics in Ancient Greece.” In Heilbrunn Timeline of Art History. New York: The Metropolitan Museum of Art, 2000http://www.metmuseum.org/toah/hd/athl/hd_athl.htm.October 2002).

Huizinga, J. (1980). Homo Ludens: A Study of The Play-Element in Culture. London: Routledge and Kegan Paul.

Huizinga, J. (2002). HOMO LUDENS: A Study of the Play-Element in Culture. Digital Printing 2009. London: Routledge.

Hurka, Thomas. 2019. Games, Sports, and Play: Philosophical Essays. Print ISBN-13: 9780198798354.Published to Oxford Scholarship Online: October 2019.DOI: 10.1093/oso/9780198798354.001.0001.

Suits, B. (1988). Tricky Triad: Games, Play, and Sport. Journal of the Philosophy of Sport, 15(1), 1–9. doi:10.1080/00948705. 1988. 9714457 . url to share this paper:

scihub.se/10.1080/00948705.1988.9714457.

Maundrell, Richard. (2020). Thomas Hurka (ed.), "Games, Sports, and Play: Philosophical Essays." Philosophy in Review. Volume 40, Number 4, November 2020 URI: https://id.erudit.org/iderudit/1074028ar DOI: https://doi.org/10.7202/1074028ar See table of contents Publisher(s) University of Victoria.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Pendidikan Dasar dan Aktifitas Jasmani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License

Jurnal Pendidikan Dasar dan Aktifitas Jasmani
is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpdaj