Analysis of the Causes of Students Lack of Creativity in SBdP Learning Pencil Drawstring Collage Works
Deasylina da Ary, Universitas Negeri Semarang, Indonesia
Abstract
Keywords
Full Text:
FULLTEXT PDFReferences
Adiha, A. S., Mugara, R., & Puspita, R. D. (2022). Model Contextual Teaching and Learning (CTL) pada Pemahaman Matematika Siswa Sekolah Dasar. COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education), 5(4), 802-808. https://doi.org/10.22460/collase.v5i4.6262
Altaftazani, D. H., Arga, H. S. P., Kelana, J. B., & Ruqoyyah, S. (2020). Analisis pembelajaran daring membuat seni kolase menggunakan model project based learning pada masa pandemi covid 19. Jurnal Ilmiah P2M STKIP Siliwangi, 7(2), 185-191.
Aprilya, A., Setyani, G. R. T., Pitaloka, N. R., & Cahyani, S. P. (2023). Menganalisis Efektivitas Metode Evaluasi Pembelajaran di Sekolah Dasar Tinjau terhadap Kinerja Siswa dan Peningkatan Prestasi Belajar. Al-DYAS, 2(3), 595-603. https://doi.org/10.58578/aldyas.v2i3.1479
Ardiansah, D. N. (2023). KHIDMAT KH MAIMOEN ZUBAIR SEBAGAI TOLOK UKUR KOMPETENSI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG).
Ariningsih, N. E., Sumarwati, S., & Saddhono, K. (2012). Analisis Kesalahan Berbahasa Indonesia dalam Karangan Eksposisi Siswa Sekolah Menengah Atas. BASASTRA, 1(1), 130-141.
Cendana, W., & Siswanto, E. (2022). Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar Melalui Pemberian Apresiasi Secara Sinkronus. Cendekiawan, 4(1), 43-49. https://doi.org/10.35438/cendekiawan.v4i1.252
da Ary, D. (2017). PACITANIAN (Model Pendidikan Seni Berorientasi Lingkungan) (Doctoral dissertation, INSTITUT SENI INDONESIA SURAKARTA).
Darwati, D. (2021). Pengembangan Silabus Pendidikan Agama Islam Materi Nilai Agama Dan Moral Anak Usia Dini Di Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Busthanul Athfal Se Kawedanan Ajibarang Kabupaten Banyumas (Doctoral dissertation, Institut Agama Islam Negeri Purwokerto (Indonesia)).
Desyandri, D. (2018). Nilai-nilai kearifan lokal untuk menumbuhkembangkan literasi budaya di sekolah dasar. Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, (1), 1-9. https://doi.org/10.17977/um009v27i12018p001
Dhafin, Ahmad Razan Rizqi. (2020). Pengaruh Lingkungan Siswa Terhadap Hasil Belajar SBdP Seni Tari di SMA Negeri 10 Malang
Fatchuroji, D. (2020). HUBUNGAN ADVERSITY QUOTIENT DENGAN KESIAPAN BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PAI: Studi Pada Siswa kelas XII MA Negeri 1 Kabupaten Serang. QATHRUNÂ, 7(1), 19-42. https://doi.org/10.32678/qathruna.v7i1.3028
Gafari, A. (2022). PELAKSANAAN IN HOUSE TRAINNING (IHT) PEMBUATAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) SATU LEMBAR UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU DI SMP. Jurnal Tunas Pendidikan, 4(2), 184-190. https://doi.org/10.52060/pgsd.v4i2.727
Ihsan, M. A., Ag, S., & Godal, H. M. M. (2023). PENGEMBANGAN KREATIVITAS SISWA MADRASAH ALIYAH. Uwais Inspirasi Indonesia.
Isi, C. D. I. Cover, Daftar Isi, Isi. Jurnal AlphaEuclidEdu, 1(2). https://doi.org/10.26418/ja.v2i1.51566
Khasanah, C. A. K., & Tanfidiyah, N. (2023). PENERAPAN ART ACTIVITY MEDIA BAHAN SEKITAR UNTUK MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN MENGENAL HURUF ANAK USIA DINI KELOMPOK A DI TK PERTIWI 1 SAMBIREJO SRAGEN (Doctoral dissertation, UIN Raden Mas Said Surakarta)
Khoirunnisa, Y. V. (2022). Studi Analisis Kreativitas Guru Dalam Menggunakan Media Pembelajaran Pada Aspek Pengembangan Seni Budaya Dan Prakarya Di MI Siraajul Ummah Bekasi. Wildan: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran-STAI Bani Saleh, 1(1), 85-97.
Laksana, R. B., & Wulandari, S. (2022). Efektifitas Pembelajaran Seni Rupa Membuat Karya Kolase Menggunakan Kertas Origami Melalui Metode Demonstrasi Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 06 Payaraman. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(3), 2141-2145.
Markamah & Deasylina da Ary, (2023). Analisis Faktor Pengambat Pembelajaran SBdP Seni Tari pada Siswa Kelas Tinggi di SDN 1 Tunggusari Kendal. Skripsi. Universitas Negeri Seamarang (UNNES). Kota Semarang.
Marlina, L., & Mayar, F. (2020). Pelaksanaan Kegiatan Finger Painting dalam Mengembangkan Kreativitas Seni Anak di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2), 1018-1025.
Mu'arif, A. N., Andriyansah, R., Nataliasari, D., Rahmin, S., Kurniawati, S., & Darmadi, D. (2021). Kesulitan Pembelajaran Daring Matematika Saat Pandemi COVID-19 Pada Siswa SMP Kelas VIII. Jurnal Pendidikan dan konseling, 3(2), 67-71. https://doi.org/10.31004/jpdk.v3i2.1787
Mudasir. (2016). Manajemen Kelas. Pekanbaru: Zanafa Publishing
Mulyati, S. (2013). Meningkatkan kreativitas pada anak. Asian Journal of Innovation and Entrepreneurship (AJIE), 2(02), 124-129.
Muqodas, I. (2015). Mengembangkan Kreativitas Siswa Sekolah Dasar. Metodik Didaktik: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 9(2).
Nisa, A. F., Prasetyo, Z. K., & Istiningsih, I. (2019). Tri N (Niteni, Niroake, Nambahake) Dalam Mengembangkan Kreativitas Siswa Sekolah Dasar. El Midad, 11(2), 101-116. https://doi.org/10.20414/elmidad.v11i2.1897
Nurvitasari, A. (2023). Penerapan model problem based learning untuk mengetahui kemampuan pemahaman konsep ips pada siswa kelas IV sekolah dasar. COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education), 6(4), 786-793. https://doi.org/10.22460/collase.v6i4.15167
Pebriana, S. S., Nurasiah, I., & Nurmeta, I. K. (2023). Media Loose Parts Untuk Meningkatkan Kreativitas Pembelajaran Seni Budaya dan Prakarya di Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(4), 1660-1667. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i4.5656
Putri, A. R., Rahman, B. A., Insani, M. Y. S., & Mayar, F. (2021). Analisis kreativitas siswa sekolah dasar dalam pembelajaran seni melalui kegiatan kolase pada masa pandemi. Jurnal Inovasi Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 5(1), 102-112. https://doi.org/10.24036/jippsd.v5i1.112928
Putri, A. R., Rahman, B. A., Insani, M. Y. S., & Mayar, F. Jurnal Inovasi Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar.
Putro, K. Z. (2016). Mengembangkan kreativitas anak melalui bermain. Aplikasia: Jurnal Aplikasi Ilmu-Ilmu Agama, 16(1), 19-27. https://doi.org/10.14421/aplikasia.v16i1.1170
Ridho, M. A., Oktavia, D., Prameisthi, D. A., & Astuti, D. D. (2024). Analisis Kreativitas Siswa dalam Pembelajaran Seni Rupa Anyaman Kain Flanel. Jurnal Ilmu Sosial, Humaniora dan Seni, 2(2), 118-123.
Rijali, A. (2018). Analisis data kualitatif. Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah, 17(33), 81-95. https://doi.org/10.18592/alhadharah.v17i33.2374
Sabandini, A. A., Widyaningrum, A., & Prasetyo, S. A. (2022). ANALISIS KARYA KOLASE DENGAN POLA GAMBAR ULAT DAN KUPU-KUPU SD N GAYAMSARI 02 SEMARANG. Cerdas Mendidik, 1(2).
Setiahati, I. P. (2019). Student’s Interest and Creativity in Cultural Art and Craft Lessons. Student’s Interest and Creativity in Cultural Art and Craft Lessons, 295, 232-235. https://doi.org/10.2991/icetep-18.2019.55
Suarca, K., Soetjiningsih, S., & Ardjana, I. E. (2016). Kecerdasan majemuk pada anak. Sari Pediatri, 7(2), 85-92. https://doi.org/10.14238/sp7.2.2005.85-92
Sururuddin, M., Husni, M., Jauhari, S., Aziz, A., & Ilhami, B. S. (2021). Strategi pendidik dengan media pembelajaran berbasis multimedia untuk menghadapi era society 5.0. Jurnal didika: wahana ilmiah pendidikan dasar, 7(1), 143-148. https://doi.org/10.29408/didika.v7i1.3848
Susanti, S., & Setiana, D. S. (2020). Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika Kelas IV melalui Media Berbasis Dolanan Anak di SD Negeri Wirosaban. Trihayu: Jurnal Pendidikan, 6(2), 834-837. https://doi.org/10.30738/trihayu.v6i2.8053
Toharudin, U. (2023). Improving Student Learning Outcomes Using Powtoon Media Apps. International Journal of Interactive Mobile Technologies. https://doi.org/10.3991/ijim.v17i24.45983
Ulfa, A. (2021). Perkembangan Motorik Halus Anak Usia Dini Melalui Berbagai Kegiatan (Kajian Jurnal Piaud) (Doctoral dissertation, UPT. PERPUSTAKAAN).
Wijaya, S. H. (2022). Penyusunan Rancangan Peraturan Daerah Kabupaten Wonosobo Tentang Penyelenggaraan Pendidikan (Untuk Mengganti Peraturan Daerah Nomor 1 Tahun 2012 Tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan Kabupaten Wonosobo) (Doctoral dissertation, Universitas Islam Sultan Agung (Indonesia)).
Winata, S. (2019). Politik Dan Kebijakan Pendidikan Aspek Masyarakat (Orang Tua Murid). An-Nidhom: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(2), 101-118. https://doi.org/10.32678/annidhom.v4i2.4418
Yuen, F. (2016). Collage: An arts-based method for analysis, representation, and social justice. Journal of Leisure Research, 48(4), 338-346. https://doi.org/10.18666/JLR-2016-V48-I4-6922
Zakariah, M. A., Afriani, V., & Zakariah, K. M. (2020). METODOLOGI PENELITIAN KUALITATIF, KUANTITATIF, ACTION RESEARCH, RESEARCH AND DEVELOPMENT (R n D). Yayasan Pondok Pesantren Al Mawaddah Warrahmah Kolaka
DOI: https://doi.org/10.21831/jpe.v12i2.72474
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Jurnal Prima Edukasia
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Prima Edukasia indexed by:
All rights reserved p-ISSN: 2338-4743 |e-ISSN: 2460-9927
Jurnal Prima Edukasia by http://journal.uny.ac.id/index.php/jpe/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. |
View Prima Edukasia Journal Stats |