PENERAPAN PICTURE EXCHANGE COMMUNICATION SYSTEM (PECS) PADA ANAK AUTISM SPECTRUME DISORDER
Elda Despalantri, Universitas Mercubaktijaya, Indonesia
Sri Rahmi Gustina, Universitas Mercubaktijaya, Indonesia
Abstract
Komunikasi merupakan salah satu kemampuan esensial dalam kehidupan manusia, tetapi bagi anak penyandang gangguan spektrum autisme (ASD), kemampuan ini menjadi tantangan besar. Anak dengan ASD sering kali mengalami hambatan signifikan dalam perkembangan bahasa, baik secara verbal maupun nonverbal. Hambatan tersebut berdampak langsung pada kemampuan mereka untuk berinteraksi sosial dan belajar. Seiring dengan tantangan yang ada, metode komunikasi berbasis visual seperti Picture Exchange Communication System (PECS) terbukti memberikan solusi yang efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan PECS (pictures exchange communication system) dalam meningkatkan kemampuan komunikasi anak Autis Spectrume Disorder. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tipe pra-eksperimen dengan pendekatan Single Subject Design (SSD) model A-B karena penelitian akan menguji suatu sample dan diterapkan untuk menguji efektivitas intervensi melalui PECS. Pada hasil pre test menggunakan PECS dalam komunikasi anak autis di SLB Khansa Kota Padang mendapatkan rata – rata skor 1 (tidak bisa) dan untuk anak autis di Klinik MERCUBAKTIJAYA Padang mendapatkan skor rata-rata 1 (tidak bisa). Setelah diberikan intervensi kepada 15 anak dengan menggunakan PECS didapatkan hasil meningkat dari hasil pre test. Hasil post test di SLB Khansa Kota padang mendapatkan rata-rata nilai 3 (bisa) dan pada Klinik MERCUBAKTIJAYA Padang mendapatkan rata-rata nilai 3 (bisa). Hal ini disebabkan karena materi yang diberikan kepada anak adalah hal yang dibutuhkan olehnya. Sehingga dalam penerapan program PECS pada anak bisa mendapatkan nilai yang meningkat. Dapat disimpulkan bahwa penerapan Picture Exchange Communication System (PECS) efektif digunakan untuk meningkatkan komunikasi komunikasi anak Autis Spectrume Disorder.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Asep Sunandar, A., Sunandar, A., Indreswari, H., Efendi, M., Dian Firdiana, A., & Lailiyah, N. (2019). The Use of Visual Support of PECS and Schedule Based on the Characteristics of Student with Autism. 382(Icet), 559–564. https://doi.org/10.2991/icet-19.2019.140
Bondy, A. S., & Frost, L. A. (2001). The Picture Exchange Communication System. Behavior Modification, 25(5), 725–744. https://doi.org/10.1177/0145445501255004
Ganz, J. B., Davis, J. L., Lund, E. M., Goodwyn, F. D., & Simpson, R. L. (2012). Meta-analysis of PECS with individuals with ASD: Investigation of targeted versus non-targeted outcomes, participant characteristics, and implementation phase. Research in Developmental Disabilities, 33(2), 406–418. https://doi.org/10.1016/j.ridd.2011.09.023
Marhamah. (2019). Pola Komunikasi anak autis : studi etnografi komunikasi pada keterampilan interaksi anak autis di Sekolah Cinta Mandiri Lhokseumawe. Jurnal Al-Bayan, 25(1), 1–34.
Panggabean, H. (2019). Strategi Komunikasi Orang Tua terhadap Anak ASD. Ejournal Unesa.
Rega, A., Somma, F., & Simeoli, R. (2018). a Review of Scientific Studies on the Effectiveness of Speech-Generating Devices To Stimulate Communication in People With Autism. ICERI2018 Proceedings, 1(November), 5160–5165. https://doi.org/10.21125/iceri.2018.2182
Ritonga, S. A., & Hasibuan, E. J. (2016). Komunikasi Interpersonal Guru Dan Siswa Dalam Mengembangkan Bakat Dan Kreativitas Anak Autis Di Slb Taman Pendidikan Islam (Tpi). JURNAL SIMBOLIKA: Research and Learning in Communication Study, 2(2). https://doi.org/10.31289/simbollika.v2i2.1030
Wiggins, L. D., Rice, C. E., Barger, B., Soke, G. N., Lee, L. C., Moody, E., Edmondson-Pretzel, R., & Levy, S. E. (2019). DSM-5 criteria for autism spectrum disorder maximizes diagnostic sensitivity and specificity in preschool children. Social Psychiatry and Psychiatric Epidemiology, 0(0), 0. https://doi.org/10.1007/s00127-019-01674-1
Yuli Afmi Ropita Sari, Rini Lestari, Neneng Maya Komalasari. (2021). Alternative Augmentative Communication "Wofal" for Children with Down Syndrome. Indonesian Journal of Disability Studies, 8(2), 361-366. https://doi.org/10.21776/ub.ijds.2021.008.02.05
DOI: https://doi.org/10.21831/jpk.v20i2.79245
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 JPK (Jurnal Pendidikan Khusus)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Supervised by:
Our Journal has been indexed by:
JPK (Jurnal Pendidikan Khusus) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpk.