PENGUATAN KARAKTER ANAK DALAM KELUARGA DALAM SITUASI PANDEMI COVID-19
Erni Munastiwi, UIN Sunan Kalijaga
Abstract
Situasi pendemi Covid-19 mengharuskan orang untuk beraktivitas dari rumah termasuk proses pembelajaran. Pembelajaran dari rumah menjadi peluang besar bagi keluarga untuk memanfaatkan situasi ini sebagai sarana penguatan karakter anak. Penguatan karakter atau disebut juga pendidikan karakter merupakan hal yang sangat penting agar mencetak manusia yang terpuji, baik untuk dirinya maupun lingkungannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pemanfaatan situasi pandemi sebagai sarana penguatan karakter anak yang dilakukan oleh orang tua. Dengan metode kualitatif, melalui pendekatan grounded theory penelitian ini mengikutsertakan tiga partisipan yang dipilih secara acak (random sampling). Data dalam penelitian dikumpulkan melalui wawancara dengan menggunkakan pertanyaan terbuka. Sebelum dilakukan analisis data, terlebih dahulu dilakukan pengecekan keabsahan data menggunakan teknik member checking, yang dilanjutkan dengan analisis menggunakan teknik coding. Dari penelitian yang dilakukan ditemukan hasil bahwa situasi pandemi ini dapat menjadi sarana penguatan karakter anak. Hal ini dilakukan orang tua dengan cara menciptakan nilai mandiri, tanggung jawab, religius, gotong-royong, dan nasionalis menjadi momentum bagi keluarga untuk terlibat dalam pendidikan karakter dan membangun harmonisasi dengan anak, menjadikan anak belajar pola hidup bersih dan sehat, dan anak berkurang dari aktivitas lingkungan luar yang kurang bermanfaat.
STRENGTHENING CHILDREN'S CHARACTER IN THE FAMILY IN THE COVID-19 PANDEMIC SITUATION
The Covid-19 pandemic situation requires people to be active from home, including the learning process. Learning from home is a great opportunity for families to take advantage of this situation as a means of strengthening children's characters. Strengthening character or also called character education is very important in order to produce commendable human beings, both for themselves and their environment. This study aims to explore the use of the pandemic situation as a means of strengthening children's characters by parents. With a qualitative method, through a grounded theory approach, this study included three participants who were selected at random (random sampling). The data were collected through interviews using open-ended questions. Prior to data analysis, the validity of the data was checked using the member checking technique, followed by analysis using coding techniques. From the research conducted, it was found that this pandemic situation can be a means of strengthening children's characters. This is done by parents by creating independent, responsible, religious, mutual cooperation, and nationalist values to become a momentum for families to be involved in character education and build harmonization with children, made children learn clean and healthy lifestyles, and reduced from activities outside the environment that are less useful.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Akhyadi, A.S. & Mulyono, D. (2019). Program parenting dalam meningkatkan kualitas pendidikan keluarga. Abdimas Siliwangi, 1(1), 1–8. DOI: http://dx.doi.org/10.22460/as.v1i1p1-8.34.
Arifin, T., Nuraeni, N., Mashudi, D., & Saefudin, E. (2020). Proteksi diri saat pandemi Covid-19 berdasarkan hadits shahih, 1-15. Retrieved from https://core.ac.uk/download/pdf/3 27164615.pdf.
Ariyati, T. & Dimyati, D. (2018). Pentingnya peran keluarga untuk penguatan karakter dalam membentuk akhlak baik pada anak usia dini. Dalam Seminar Nasional dan Call for Paper “Membangun Sinergitas Keluarga dan Sekolah Menuju PAUD Berkualitas" (152–158). Retrieved from http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/13547.
Arofah, L. (2017). Pentingnya siswa memiliki self discipline sebagai alternatif penguatan karakter. Dalam Seminar Nasional Bimbingan Konseling Universitas Ahmad Dahlan, 2, 117-122. Retrieved from http://seminar.uad.ac.- id/index.php/snbkuad/article/view /67/71.
Bryant, A. (2017). Grounded theory and grounded theorizing; pragmatism in research practice. New York: Oxford Universsity Press.
Budiasih, I.G.A.N. (2013). Metode grounded theory dalam riset kualitatif. Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Bisnis, 9(1), 19-27.
Budiman, A. & Suva, P.R. (2018). Urgensi pembentukan karakter anak di eraglobalisasi melalui penguatan keluarga. Aplikasia: Jurnal Aplikasi Ilmuilmu Agama, 18(2), 135–142. DOI: https://doi.org/10.14421/aplikasia.v18i2.1846.
Budiyanto, M. & Machali, I. (2014). Pembentukan karakter mandiri melalui pendidikan agriculture di Pondok Pesantren Islamic Studies Center Aswaja Lintang Songo Piyungan Bantul Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Karakter, 4(2), 108-122. DOI: https://doi.org/10.21831/jpk.v0i2.2784.
Cohen, L. (2011). Observation. In Cohen, L., Manion, L. & Morrison, K. (Eds.). Research Methods in Education 7.
Dahliyana, A. (2017). Penguatan pendidikan karakter melalui kegiatan ekstrakurikuler di sekolah. Sosio Religi: Jurnal Kajian Pendidikan Umum, 15(1), 5464. Retrieved from https://ejournal.- upi.edu/index.php/SosioReligi/artic le/view/5628.
Firman, F. & Rahayu, S. (2020). Pembelajaran online di tengah pandemi Covid19. Indonesian Journal of Educational Science (IJES), 2(2):81–89. DOI: https: //doi.org/10.31605/ijes.v2i2.659.
Hanafi, I. (2017). Urgensi penanaman nilai karakter spiritual keagamaan dan integritas dalam dunia pendidikan. AnNuha: Jurnal Kajian Islam, Pendidikan, Budaya & Sosial, 4(2), 139–151. Retrievedfromhttp://ejournal.staima- diun.ac.id/index.php/annuha/article/view/171.
Komara, E. (2018). Penguatan pendidikan karakter dan pembelajaran abad 21. SIPATAHOENAN, 4(1), 17-26. DOI: https:/doi.org/10.2121/sip.v4i1.991.
Lickona, T. (1991). Educating for character: how our school can teach respect and responsibility. New York, Toronto, London, Sydney, Aucland: Bantam books.
Lickona, T. (2004). Character matters: How to help our children develop good judgment, integrity, and other essential virtues. New York, London, Toronto, Sidney: Simon & Schuster.
Maksudin. (2015). Desain pengembangan berpikir integratif interkonektif pendekatan dialektik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Maragustam. (2018). Filsafat pendidikan Islam menuju pembentukan karakter. Yogyakarta: Pasca Sarjana Fakultas Ilmu Tarbiyah & Keguruan (FITK) Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga.
Maragustam, M. (2015). Paradigma revolusi mental dalam pembentukan karakter bangsa berbasis sinergitas islam dan filsafat pendidikan. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 12(2), 161– 175. DOI: https://doi.org/10.14421/jpai.2015.122-03.
Munastiwi, E. (2015). Approaches in the implementation of character education (85–90). Dalam Proceedings of the 1st International Conference on Character Education. International Conference on Character Education and ST AI Sultan Abdu Hahman. Retrieved from http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/30104.
Najib, A & Achadiyah, B. N. (2012). Pengaruh pendidikan karakter terhadap prestasi belajar siswa. Jurnal Ekonomi dan Pendidikan 9(1), 102-109. DOI: https://doi.org/10.21831/jep.v9i1.41 48.
Purwaningsih, E. (2010). Keluarga dalam mewujudkan pendidikan nilai sebagai upaya mengatasi degradasi nilai moral. Jurnal Pendidikan Sosiologi dan Humaniora, 1(1),43-55. DOI: http://dx.doi.org/10.26418/j-psh.v1i1.379.
Shabrina, S. (2020). Memperkuat kesadaran bela negara di tengah pandemi COVID19. SSRN Scholarly Paper. ID 3576300. Rochester, NY: Social Science Research Network. Retrieved from https://papers.ssrn.com/sol3/paper s.cfm?abstract_id=3576300.
Subarto. (2020). Momentum keluarga mengembangkan kemampuan belajar peserta didik di tengah wabah pandemi Covid-19. ’ADALAH: Buletin Hukum dan Keadilan, 4(1), 13-18. DOI: 10.15408/adalah.v4i1.15383.
Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Pendidikan dalam Masa Darurat Covid-19.
Wulandari, Y. & Kristiawan, M. (2017). Strategi Sekolah dalam penguatan pendidikan karakter bagi siswa dengan memaksimalkan peran orang tua. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan), 2(2), 290-303. DOI: http://dx.doi.org/10.31851/jmksp.v2i2.1477.
Yazid, S. & Lie, L.D.J. (2020). Dampak pandemi terhadap mobilitas manusia di Asia Tenggara. Jurnal Ilmiah Hubungan Internasional, 16(1), 75–83. DOI: https://doi.org/10.26593/jihi.v0i0.3862.75-83.
DOI: https://doi.org/10.21831/jpk.v0i1.37648
Refbacks
Copyright (c) 2021 Jurnal Pendidikan Karakter
Jurnal Pendidikan Karakter by Institute of Research and Community Service (LPPM - UNY) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.uny.ac.id/index.php/jpka.
Jurnal Pendidikan Karakter Support by:
Jurnal Pendidikan Karakter indexed by: