Pelatihan Olimpiade Sains Nasional Bidang Kebumian Melalui Pendekatan Strategis

Ogi Danika Pranata, Institut Agama Islam Negeri Kerinci, Indonesia

Abstract


Olimpiade Sains Nasional (OSN) bertujuan untuk mendapatkan dan mengembangkan peserta didik bertalenta. Terdapat 9 bidang OSN untuk jenjang SMA/sederajat. Salah satu bidang yang paling unik dan menantang adalah Kebumian yang ditunjukkan oleh ruang lingkup, tingkat kesulitan, dan eksistensi kebumian di mata siswa. Oleh karena itu pihak sekolah menerapkan pendekatan strategis untuk menghadapinya. Metode Community-Based Research (CBR) diterapkan dalam bentuk pelatihan melalui pembelajaran. Proses pembelajaran menggunakan pendekatan strategis (strategic approach) dalam sebelas kali pertemuan yang terbagi ke dalam dua fase. Fase pertama terdiri dari enam pertemuan yang bertujuan untuk menyeleksi peserta di Tingkat Sekolah. Fase kedua terdiri dari lima pertemuan yang bertujuan untuk meningkatkan pemahaman materi. Modul pembelajaran didesain dalam bentuk penjabaran materi dan 30 butir soal tes formatif. Berdasarkan perbandingan data kedua fase, pemahaman dan keyakinan peserta dalam menjawab soal meningkatkan secara signifikan. Tidak hanya fokus pada pemahaman, OSN juga menghadirkan nuansa baru dalam dunia pendidikan, baik dari sisi kompetensi, kompetisi ataupun evaluasi. Persiapan melalui pelatihan hanyalah kontribusi kecil dari sekolah dan pelatih selaku penulis untuk mendukung kegiatan OSN dari salah satu pelosok negeri. Penulis berharap adanya langkah besar yang akan diambil segera untuk memberikan perubahan yang diharapkan dalam kegiatan Olimpade Sains Nasional. Salah satu langkah besar yang mulai tampak, namun belum terjangkau oleh penulis sendiri adalah menghadirkan Kebumian sebagai mata pelajaran baru di sekolah.


Keywords


pelatihan, pendekatan strategis, olimpiade sains, kebumian

Full Text:

PDF

References


Amijaya, H. (2016). Earth Science Education and the National Earth Science Olympiad for Secondary School in Indonesia. In R. Greco & L.

Almberg (Eds.), Earth science education: Global Perspectives (pp. 123–129). Ifsuldeminas.

Entwistle, N., & McCune, V. (2001). Conceptions, Styles, and Approaches Within Higher Education: Analytic Abstractions and Everyday Experience. In R. Sternberg & L.-F. Zhang (Eds.), Perspectives on Thinking, Learning, and Cognitive Styles. Rout.

Fang, S. C. (2021). Towards Scientific Inquiry in Secondary Earth Science Classrooms: Opportunities and Realities. International Journal of Science and Mathematics Education, 19(4), 771–792. https://doi.org/10.1007/s10763-020-10086-6

Greco, R., & Almberg, L. (2016). Earth science education: Global Perspectives. In Geoscientist (Vol. 2, Issue 3). Ifsuldeminas.

Park, D. Y., & Park, M. (2013). Examining the features of Earth Science logical reasoning and authentic scientific inquiry demonstrated in a high school Earth Science curriculum: A case study. Journal of Geoscience Education, 61(4), 364–377. https://doi.org/10.5408/12-360.1

Pranata, O. D. (2021a). Kerja Sama Guru-Dosen untuk Menghadapi Tantangan Besar dalam Kompetisi Sains Cabang Kebumian. Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat UNSIQ, 8(3), 315–321. https://doi.org/https://doi.org/10.32699/ppkm.v8i3.1938

Pranata, O. D. (2021b). Pelatihan Kompetisi Sains Nasional (KSN) Cabang Matematika Tingkat SMP/MTs melalui Pembelajaran Berbasis Puzzle. Jurnal Pengabdian Masyarakat MIPA Dan Pendidikan MIPA (JPMMP), 5(2), 118–124. https://doi.org/10.21831/jpmmp.v5i2.42276

Puspresnas. (2022). Pedoman Olimpiade Sains Nasional (OSN) 2022. Pusat Prestasi Nasional.

Sahin, A., Gulacar, O., & Stuessy, C. (2015). High School Students’ Perceptions of the Effects of International Science Olympiad on Their STEM Career Aspirations and Twenty-First Century Skill Development. Research in Science Education, 45(6), 785–805. https://doi.org/10.1007/s11165-014-9439-5

Strand, K., Marullo, S., Cutforth, N., Stoecker, R., & Donohue, P. (2003). Community-Based Research and Higher Education. Jossey-Bass.




DOI: https://doi.org/10.21831/jpmmp.v7i1.51410

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Accepted and published papers will be freely accessed in this website and the following abstracting & indexing databases:

   

 

 
Creative Commons License
Jurnal Pengabdian Masyarakat MIPA dan Pedidikan MIPA is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
 
 Flag Counter
 

 

View My Stats

 

Supervised by:

RJI Main logo