Pemanfaatan Limbah Plastik Menjadi Barang Bernilai Guna untuk Meningkatkan Kreativitas Anak-Anak
Oktaviana Wulandari,
Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia Dhiana Nur Ardhia,
Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia Lestari Handayani,
Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia Berliana Farah Diba,
Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia Eva Dwi Nugraheni,
Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia Novan Aulia Muhammad,
Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia Aprili Cahya Lestari,
Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia Yossiana Diva Maharani,
Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia Soka Febrianto,
Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia Keysa Inas Tsary,
Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia Khafidh Nur Aziz,
Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Limbah plastik kini menjadi masalah paling serius yang ada di masyarakat khususnya masyarakat Dukuh Gatak. Jumlah limbah plastik selalu meningkat seiring dengan bertambahnya jumlah penduduk. Upaya pengelolaan limbah plastik agar bermanfaat bagi masyarakat dan lingkungan sekitar membutuhkan daya kreativitas yang tinggi. Salah satu upaya yang dapat dilakukan Tim KKN Universitas Negeri Yogyakarta yaitu melakukan kegiatan pemanfaatan limbah plastik dengan prinsip reuse untuk meningkatkan kreativitas anak-anak di Dukuh Gatak, Desa Beteng, Jatinom, Klaten. Metode yang digunakan adalah sosialisasi, pembuatan, penerapan, dan evaluasi. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa pengolahan limbah plastik tidak hanya membantu mengelola sampah plastik yang sulit terurai, tetapi juga menghasilkan produk kreatif dan bernilai guna, seperti tempat sampah yang dilukis anak-anak Dukuh Gatak. Antusiasme dan partisipasi anak-anak dalam kegiatan ini mencerminkan peningkatan kreativitas mereka.
Acal, A. (2023). Sampah Plastik yang Tak Terkendali. https://digdata.id
Hardiana, D. (2018). Perilaku Masyarakat dalam Menjaga Kebersihan Lingkungan Pantai Kecamatan Sasak Ranah Pasisie Kabupaten Pasaman Brat. Jurnal Buana, 2(2), 495-495.
Istirokhatun, T. (2019). Pelatihan Pembuatan Ecobricks sebagai Pengelolaan Sampah Plastik di RT 01 RW 05, Kelurahan Kramas, Kecamatan Tembalang, Semarang. Jurnal Pasopati: Pengabdian Masyarakat dan Inovasi Pengembangan Teknologi, 1(2), 85-90.
Muqodas, I. (2015). Mengembangkan Kreativitas Siswa Sekolah Dasar. Metodik Didaktik: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, 9(2), 25-33.
Nasution, R. S. (2015). Berbagai Cara Penanggulangan Limbah Plastik. Elkawnie: Journal of Islamic Science and Technology, 1(1), 97-104.
Nirmalasari, R. dkk. (2021). Pemanfaatan Limbah Sampah Plastik Menggunakan Metode Ecobrick di Desa Luwuk Kanan. Jurnal Solma, 10(3), 469-477. Doi: https://doi.org/10.22236/solma.v10i3.7905.
Susanto, A. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenada Media Group.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 18 Tahun 2008 Tentang Pengelolaan Sampah.
Widiyasari, R., Zulfitria, Z., & Fakhirah, S. (2021). Pemanfaatan Sampah Plastik dengan Metode Ecobrick sebagai Upaya Mengurangi Limbah Plastik. In Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ,(1).
Yusuf, A. Muri. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian Gabungan. Jakarta: Kencana.