Penerapan Model PQ4R Terintegrasi Teknik Mind Mapping terhadap Prestasi Belajar dan Keterampilan Komunikasi
Eli Rohaeti, Jurusan Pendidikan Kimia, FMIPA, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya (1) perbedaan prestasi belajar dan keterampilan komunikasi peserta didik yang menggunakan model PQ4R terintegrasi teknik Mind Mapping dengan peserta didik yang menggunakan model PQ4R tanpa terintegrasi teknik Mind Mapping, jika pengetahuan awal kimia dikendalikan secara statistik, (2) perbedaan keterampilan komunikasi peserta didik sebelum dan sesudah menggunakan model PQ4R terintegrasi teknik Mind Mapping dan (3) perbedaan keterampilan komunikasi peserta didik sebelum dan sesudah menggunakan model PQ4R tanpa terintegrasi teknik Mind Mapping. Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen semu. Desain penelitian yang digunakan adalah posttest only design untuk prestasi belajar dan pretest-posttest design untuk keterampilan komunikasi. Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik kelas X MIPA SMA Negeri 1 Kota Mungkid tahun ajaran 2017/2018 sebanyak 170 peserta didik. Sampel penelitian ini berjumlah 68 peserta didik terdiri dari kelas eksperimen (X MIPA 2) dan kelas kontrol (X MIPA 1) yang diambil dengan teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh penerapan model PQ4R terintegrasi Teknik Mind Mapping.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Al-Qawabeh, R. H., & Aljazi, A. A. (2018). The Effectiveness of using PQ4R strategy in teaching reading comprehension in Arabic language subject among ninth grade students’ achievement in Jordan. World Journal of Educational Research, 5(2), 159-171.
Buzan, T. (2008). Buku pintar mind map. Gramedia.
Cheng, W. W., Chieh, L.C., & Chien, C.Y. (2010). A brief review on developing creative thinking in young children by mind mapping. International Business Research, 3(3), 233-238.
Darmawansyah., Cawang., & Sartika, R. P. (2017). Pengaruh metodel pembelajaran preview, question, read, reflection, recite dan review (PQ4R) berbantuan media booklet terhadap hasil belajar siswa pada materi ikatan kimia siswa kelas X SMA Negeri 1 Pengkadan Kabupaten Kapuas Hapulu. Ar-Razi Jurnal Ilmiah, 5(1), 13-21.
Daryanto., & Rahardjo, M. (2016). Teori komunikasi. Gava Media.
Djaali. (2012). Psikologi pendidikan. Bumi Aksara.
Heidari, A. A., & Karimi, L. (2015). The effect of mind mapping on vocabbulary learning and retention. International Journal of Educational Investigations, 2(12), 54-72.
Jain, M. (2013). Different techniques for developing communication skills. International Journal of Multidisiplinary Research in Social and Management Sciences, 1(1), 78-82.
Kendeou, P., & Broek, P. V. D. (2007). The effects of prior knowledge and text structure on comprehension processes during reading of scientific texts. Psychonomic Society, 35(7), 1567-1577.
Khuluqo, I. E. (2017). Belajar dan Pembelajaran. Pustaka Pelajar.
Rahyubi, H. (2012). Teori-teori belajar dan aplikasi pembelajaran motorik. Nusa Media.
Saed, H. A., & Al-Omari, H. A. (2014). The effectiveness of a proposed program based on a mind mapping strategy in developing the writting achievement of eleventh grade EFL students in Jordan and their attitudes towards writting. Journal of Education and Practice, 5(18), 88-109.
Sanjaya, W. (2009). Strategi pembelajaran berorientasi standar proses pendidikan. Kencana.
Shoaib, M., Inamullah, H. M., Irshadullah, H. M., & Ali, R. (2016). Effect of PQ4R strategy on slow learners’ level of attention in English subject at secondary level. Journal of Research and Reflections in Education, 10(2), 147-155.
Trianto. (2014). Mendesain model pembelajaran inovatif, progresif dan kontekstual: konsep, landasan, dan implementasinya pada Kurikulum 2013. Kencana.
Windura, S. (2008). Mind map langkah demi langkah. Gramedia.
Wulansari, G., Rini & Wiyasa. (2014). Strategi pembelajaran PQ4R berpengaruh terhadap keterampilan membaca pemahaman siswa kelas V Gugu I Gusti Ngurah Rai Denpasar Barat tahun pelajaran 2013/2014. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 2(1), 1-12.
DOI: https://doi.org/10.21831/jpms.v7i2.20284
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Yogyakarta
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
JPMS Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains
Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains by http://journal.uny.ac.id/index.php/jpms is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
All rights reserved.
==========================================================================================================
Supervised by: