Perkembangan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) Melalui Integrasi Pendidikan Karakter dalam Perkuliahan Kesehatan Lingkungan

Tutiek Rahayu, Program Studi Pendidikan Biologi, FMIPA, Universitas Negeri Yogyakarta. Jl. Colombo No.1, Karangmalang, Yogyakarta, Indonesia., Indonesia
Siti Maryam, Program Studi Pendidikan Biologi, FMIPA, Universitas Negeri Yogyakarta. Jl. Colombo No.1, Karangmalang, Yogyakarta, Indonesia., Indonesia
Yuliati Yuliati, Program Studi Pendidikan Biologi, FMIPA, Universitas Negeri Yogyakarta. Jl. Colombo No.1, Karangmalang, Yogyakarta, Indonesia., Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakter ilmiah yang dapat berkembang pada diri mahasiswa setelah terlibat dalam kegiatan Problem Based Learning (PBL); dan keterkaitan antara Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dengan karakter ilmiah mahasiswa. Jenis penelitian ini adalah deskriptif yang tergolong studi perkembangan di bidang pendidikan yang berkaitan dengan tingkah laku. Subyek penelitian adalah mahasiswa jurusan pendidikan biologi FMIPA UNY peserta perkuliahan Kesehatan Lingkungan semester genap 2014/2015. Fenomena yang digali adalah PHBS dan karakter ilmiah mahasiswa serta kognitif mahasiswa tentang PHBS. Instrumen pengukuran PHBS diadopsi dari instrumen PHBS Depkes RI, serta pengukuran karakter ilmiah dengan instrumen yang dikembangkan dari deskriptor pengukuran karakter Depdiknas 2010. Pengukuran kognitif mahasiswa tentang PHBS dilakukan dengan memberikan pre test dan post test. Kegiatan PBL dilaksanakan dengan implementasi RPP model. Analisis data dengan statistik deskriptif dan tabulasi silang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa belum semua mahasiswa dapat mencapai Mulai Konsisten pada karakter ilmiah Kreatif dan Rasa Ingin Tahu; tidak ada keterkaitan antara PHBS mahasiswa dengan karakter ilmiah mereka. Mahasiswa dengan PHBS yang tergolong Sangat Baik masih memiliki karakter ilmiah yang belum mencapai kategori Mulai Konsisten.

Kata Kunci: Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), Integrasi, Pendidikan Karakter

Development Clean and Health Living Behavior Through The Integration of Character Education in Environmental Health Education

Abstract

This study aims is to determine the scientific characters that can develop in students after participating in the activities of Problem Based Learning (PBL); and the linkage between Clean and Healthy Behavior (PHBS) with students' scientific character. The type of this study is descriptive that classified as a study of development in education that related with behavior. The subjects of the study were students of biology education department of mathematics and natural science in Yogyakarta State University, especially the participants of Environmental Health lectures on 2014/2015. The phenomenon being excavated is PHBS and students' scientific character as well as cognitive students about PHBS. PHBS measurement instrument was adopted from PHBS instrument in health department of RI, and measurement of scientific character with instrument developed from descriptor of Indonesian Ministry of Education 2010 character measurement. Student cognitive measurement about PHBS was done by giving pre test and post test. PBL activities are implemented with the implementation of RPP models. Data analysis with descriptive statistics and cross tabulation. The results of this study indicate that not all students can achieve a Consistent Start on the scientific character of Creative and Want to Know; there is no correlation between PHBS students with their scientific character. Students with PHBS who are classified as Very Good still have a scientific character that has not reached the Consistent Start category.

Keywords: Clean and Healthy Lifestyle, Integration, Character Education


Keywords


Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), Integrasi, Pendidikan Karakter

Full Text:

FULLTEXT PDF

References


Adams, P.F. and Schoenborn, H.A. 2006. “Health Behaviors of Adults: United States, 2002–04”. Vital and Health Statistics, Series 10, Number 230, September 2006. US Department of Health and Human Services.

Carin, A.A. dan Sund, R.B. 1989. Teaching science through discovery. Columbus: Merrill Publishing Company.

Diptasari Wibawanti. 2013. Persepsi dan Perilaku Mahasiswa dalam Pendidikan Karakter Studi Kasus di Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret. Skripsi. Universitas Sebelas Maret, Surakarta. Diakses tanggal 7 Oktober 2015 dari http://eprints.uns.ac.id/1020/.

Dettmer, P. (2006). New Blooms in established fields: Four domains of learning and doing. Roeper Review, ProQuest Education Journal. Vol 28.No. 2. 70-78

Hamilton R. et all. 1994. Learning and Instruction. New York. Mc-Grow Hill Inc.

Isroah,Sukanti, Ani Widayati. 2015. Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Perkuliahan Perpajakan Pada Mahasiswa Jurusan Pendidikan Akuntansi FISE Universitas Negeri Yogyakarta.Abstrak Penelitian. Diakses tanggal 7 Oktober 2015 dari http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/penelitian/Sukanti,Dra.%20%20M.Pd./Laporan%20Penelitian%20Implementasi%20Pendidikan%20Karakter%20dalam%20Perkuliahan%20Perpajakan%20Pada%20Mahasiswa%20Jurusan%20Pendidikan%20akuntansi%20FISE%20UNY.pdf.

Kasnodihardjo, dkk. 2010. Metode Pelembagaan Perilaku Hidup Sehat Kaitannya dengan Kesehatan Lingkungan dan Hygiene Perorangan pada Keluarga di Subang Jabar. Laporan Penelitian. Pusat Penelitian serta Pengembangan Ekologi dan Status Kesehatan, Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan, Departemen Kesehatan RI.

Mukminan. 2014. Integrasi Pendidikan Karakter Ke Dalam Pembelajaran Geografi dalam Rangka Implementasi Kurikulum 2013. Dalam Maman Suryaman, Margana darn Esti Swatika Sari (Ed.). Memanfaatkan Pendidikan Karakter untuk Melahirkan Insan Bermoral, Humanis, dan Profesiona. Yogyakarta. UNY Press.

Pratiwi Pujiastuti. 2013. Membangun Karakter Siswa Sekolah Dasar Melalui Pembelajaran Sains. Dalam Dwi Siswoyo (Ed.) Pendidikan untuk pecerahan dan Kemandirian.

Siti Mariyam dan Kartika Ratna Pertiwi 2012. Profil Personal Health Behavior Mahasiswa Jurusan Pendidikan Biologi FMIPA UNY. Laporan Penelitian. FMIPA UNY.

Soekidjo Notoatmodjo. 2007. Promosi Kesehatan dan Ilmu Perilaku. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudjoko.2012.Upaya Membangun Insan Berkarakter Ilmiah dan Kompetitif. Makalah Utama Seminar Nasional Pendidikan MIPA 10 Mei 2012.

Sukardi. 2014. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Tatang Roni S, Tati Ruhmawati, Denny Sukandar. 2013. Hubungan Pendidikan dan Penghasilan dengan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat. Jurnal Kesehatan Lingkungan Indonesia Vol. 12 No. 1 / April 2013.

Thamrin. 2012. Karakter Budaya Akademik dan Hubungannya dengan Prestasi Belajar Mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi FE Universitas Negeri Medan. Jurnal Mediasi F E-U N I M E D Vol. 4 N0.1 Juni 2012. Diakses Tangga l7 Oktober 2015 dari http://Digilib.Unimed.Ac.Id/Public/Unimed-Article-23310-artikel%20thamrin%2026-35.Pdf.

Trowbridge L.W. and Bybee.1991. Teaching Science by Inquiry in the Secondary School. Second Ed. Columbus: Charles E Merrill Publishing Company.

Wenning, C.J. Levels of Inquiry: Hirarchies of pedagogical practies and innquiry process. J. Phys.Tchr.Educ.Online 2(3) Feb 2005. Illionis State University Physics Dept.

W.F Maramis. 1980. Catatan Ilmu Kedokteran Jiwa. Surabaya. Airlangga University Press.




DOI: https://doi.org/10.21831/jpms.v6i2.23960

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Tutiek Rahayu, Siti Maryam, Yuliati Yuliati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JPMS Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains

 

 


Creative Commons License
Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains by http://journal.uny.ac.id/index.php/jpms is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

All rights reserved.

View JPMS Stats

==========================================================================================================

Supervised by:

RJI Main logo