Pengembangan E-Modul Dinamika Partikel Model Guided Discovery Learning Berbasis Stem Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Dan Kemampuan Kolaborasi Peserta Didik
Irvany Nurita Pebriana, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan e-modul dinamika partikel model guided discovery learning berbasis STEM, (2) mengetahui kelayakan e-modul hasil pengembangan, (3) menentukan keefektifan e-modul hasil pengembangan terhadap pemahaman konsep dan kemampuan kolaborasi, dan (4) menentukan profil pemahaman konsep dan kemampuan kolaborasi setelah pembelajaran. Penelitian ini merupakan jenis penelitian R&D dengan menggunakan model 4D. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Dikembangkan e-modul dinamika partikel model guided discovery learning berbasis STEM menggunakan model 4D (2) E-modul hasil pengembangan memenuhi skor validasi 3,25 atau dalam kategori sangat baik, (3) E-modul hasil pengembangan efektif meningkatkan pemahaman konsep dengan effect size sebesar 1,29 atau kategori tinggi tetapi belum efektif meningkatkan kemampuan kolaborasi dengan effect size sebesar 0,19 atau kategori tidak signifikan. (4) Profil Pemahaman konsep untuk aspek interpretasi dan ekstrapolasi 4,91 dan 4,22 dengan kategori sangat baik. Untuk aspek komitmen, keaktifan, tanggung jawab, dan menghargai sebesar 3,28; 3,30; 3,31; dan 3,38 dengan kategori sangat baik.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arafah, K. (2020). The Effect of Guided Discovery Method and Learning Interest on Students’ Understanding of Physics Concepts. Jurnal Pendidikan Fisika, 8(2), 147–154. https://doi.org/10.26618/jpf.v8i2.3259
Ate, O., Sundaygara, C., & Pranata, K. B. (2022). Pengembangan Buku Ajar Berbasis PjBL dengan Pendekatan STEM untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa pada Materi Fluida Statis Kelas XI SMA. RAINSTEK: Jurnal Terapan Sains & Teknologi, 4(4), 246–255.
Cholis, M. R. N., & Yulianti, D. (2020). Pembelajaran Fisika Berbasis Science Technology Engineering And Mathematics (STEM) Untuk Mengembangkan Keterampilan Kolaborasi. Unnes Physics Education Journal, 9(3), 249–255.
Faradhillah, F., Marhami, M., & Hadiya, I. (2021). Application of Discovery Learning Models To Improve Conceptual Mastery of Newton Force And Law. IJIS Edu : Indonesian Journal of Integrated Science Education, 3(1), 69. https://doi.org/10.29300/ijisedu.v3i1.4174
Hamzah, M., & Mahmudah, N. K. (2012). PENGARUH AKTIVITAS BELAJAR TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA di MTs.SALAFIYAH KOTA CIREBON. Eduma: Mathematics Education Learning and Teaching, 1(2). https://doi.org/10.24235/eduma.v1i2.293
Kurniawan, R., & Arief, A. (2015). Identifikasi Miskonsepsi Hukum Newton Tentang Gerak Bagi Siswa Sekolah Menengah Atas Di Kabupaten Nganjuk. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika (JIPF), 04(02), 1–3.
Mardapi, D. (2017). Pengukuran, penilaian dan evaluasi pendidikan. Yogyakarta: Parama Publising.
Maulidar, N., Yusrizal, Y., & Halim, A. (2016). Pengaruh Penerepan Model Pembelajaran Guided Discovery Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Dan Ketrampilan Berpikir Kritis Siswa Smp Pada Materi Kemagnetan. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 4(2), 69–75.
Petersen, K. (2014). Understanding the Laws of Motion. United States: Cavendish Square Publishing LLC.
Republik Indonesia. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia No 20 tahun 2003, tentang sistem pendidikan nasional.
Republik Indonesia. (2018). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 37 Tahun 2018, tentang perubahan atas peraturan menteri pendidikan dan kebudayaan nomor 24 tahun 2016 tentang kompetensi inti dan kompetensi dasar pelajaran pada kurikulum 2013 pada pendidikan dasar dan pendidikan menengah.
Serway, R. A.,& Vuille, C. (2018). College Physics, Eleventh Edition. United States: Cengage Learning.
Setyabudi, L. D., & Rosdiana, L. (2020). Identifikasi Miskonsepsi Materi Hukum Newton Menggunakan Certainity of Response Index (CRI) pada Siswa Kelas VIII SMP. Pensa E-Jurnal : Pendidikan Sains, 8(3), 340–345.
Sofiyana,M. S., (2022). Metodologi Penelitian Pendidikan. Padang: PT Global Eksekutif Teknologi
Suparno, P. (2013). Miskonsepsi dan perubahan konsep dalam pendidikan fisika. Jakarta: Grasindo.
Syafii, I. (2022). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN KOLABORASI SISWA PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA. Jurnal Pendidikan Indonesia: Teori, Penelitian, Dan Inovasi, 2(5). https://doi.org/10.59818/jpi.v2i5.340
Thiagarajan, S., Semme D. S., & Semmel M. I. (1974). Instructional Development for Training Teacher of Exceptional Children. Washington DC: National Center for Improvement Educational System.
Trianto. (2010). Model Pembelajaran Terpadu, Konsep, Strategi dan Implementasinya dalam KTSP. Jakarta: Bumi Aksara
Trilling, B., Fadel, C. (2012). 21st Century Skills: Learning for Life in Our Times. United Kingdom: Wiley.
Young, H. D., Freedman, R. A. (2019). Fifteenth Edition in SI Unit. United University Physic, with Modern Physics, Kingdom: Pearson Education Limited.
Zulvita, Halim, A., & Kasli, E. (2017). Identifikasi dan remediasi miskonsepsi konsep hukum newton dengan menggunakan metode eksperimen di man darussalam. Jurnal Ilmiah Mahasiswa (JIM) Pendidikan Fisika., 2(1), 128–134.
DOI: https://doi.org/10.21831/jpms.v11i2.65943
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
JPMS Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains
Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains by http://journal.uny.ac.id/index.php/jpms is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
All rights reserved.
==========================================================================================================
Supervised by: