Pengaruh Model Pembelajaran REACT Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa

Annisa Nur Efanti, Universitas Lampung, Indonesia
Sri Hastusi Noer, Universitas Lampung, Indonesia
Mella Triana, Universitas Lampung, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran REACT terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Populasi pada penelitian ini adalah 192 siswa kelas VIII salah satu SMP Negeri di Bandar Lampung semester genap tahun pelajaran 2024/2025 yang terdistribusi dalam tujuh kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling, sehingga terpilih siswa kelas VIII-4 sebanyak 27 siswa sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VIII-1 sebanyak 26 siswa sebagai kelas kontrol. Desain penelitian yang digunakan adalah posttest-only control group design. Data penelitian ini berupa data kuantitatif yang diperoleh dari tes kemampuan komunikasi matematis siswa. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa kemapuan komunikasi matematis siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran REACT lebih tinggi daripada kemampuan komunikasi matematis siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. Berdasarkan hal tersebut, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan model pembelajaran REACT berpengaruh terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa.


Keywords


kemampuan komunikasi matematis, model pembelajaran REACT, pengaruh

Full Text:

PDF

References


Aini, F. N., Suprakarti, S., & Sari, P. (2017). Penerapan Strategi REACT (Relating, Experiencing, Applying,Cooperating, Transfering) untuk Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematis Siswa pada Pokok Bahasan Bangun Datar di Kelas VII-2 SMP Negeri 47 Jakarta. Jurnal Riset Pembelajaran Matematika Sekolah, 1(1), 67–75. https://doi.org/10.21009/jrpms.011. 08

Akbar, J. S., Dharmayanti, P. A., Nurhidayah, V. A., Lubis, S. I. S., Saputra, R., Sandy, W., Maulidiana, S., Setyaningrum, V., Lestari, L. P., Ningrum, W. W., Astuti, N. M., Nelly, Ilyas, F. S., Ramli, A., Kurniati, Y., & Yuliastuti, C. (2023). Model dan Metode Pembelajaran Inovatif (Teori dan Panduan Praktis). Jambi: Sonpedia Punlishing Indonesia.

Ambarwati, S. S., Zein, M., & Rahmi, D. (2019). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran REACT (Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transferring) terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Berdasarkan Self Efficacy Siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri 8 Pekanbaru. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 2(4), 317. https://doi.org/10.24014/juring.v2i4.8331

Anggrieni, N., & Putri, R. I. I. (2018). Analisis Kemampuan Literasi Matematika Siswa dalam Menyelesaikan Soal Tipe PISA. Seminar Nasional Pendidikan Matematika Ahmad Dahlan, 472–481. https://seminar. uad.ac.id/index.php/sendikmad/article/view/1065

Ariawan, R. (2017). Pengaruh Pembelajaran Visual Thinking Disertai Aktivitas Quick on the Draw Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Komunikasi Matematis. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika, 10(1). https://doi.org/10.30870/jppm.v10i1.1193

Erdem, C., Bağcı, H., & Koçyiğit, M. (2019). 21st Century Skills and Education. In Cambridge Schoolar Publishing (Issue September).

Fatmala, K., Churiyah, M., & Nora, E. (2016). Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Kontekstual REACT (Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, dan Transferring). Jurnal Pendidikan Bisnis Dan Manajemen, 2(1), 27–40. https://doi.org/10.20527/bipf.v3i2.7 53

Ismawati, R. (2017). Strategi REACT dalam Pembelajaran Kimia SMA. Indonesian Journal of Science and Education, 1(1), 1–7. https://doi.org/https://jurnal.untidar.ac.id /index.php/ijose/article/view/413

Jaya, I., Marini, A., & Bachtiar, I. G. (2018). Pengaruh Strategi Pembelajaran REACT dan Berpikir Kreatif terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika, 2(1), 44–52. https://doi.org/https://jurnal.um-pa lembang.ac.id/jpmatematika/article/view/1592

Junaidah, E., Nurdin, N., & Solihin, R. (2022). Pembelajaran REACT (Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, and Transferring) di Era Pendidikan Abad 21. Scaffolding: Jurnal Pendidikan Islam Dan Multikulturalisme, 4(3), 372–385. https: //doi.org/10.37680/scaffolding.v4i3.2119

Karima, F., & Supardi, K. I. (2016). Penerapan Model Pembelajaran MEA dan REACT pada Materi Reaksi Redoks. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 9(1), 1431–1439. https://doi.org/https://doi.org/10.15294/jipk.v14i1.21263

Musyadad, M. A., & Avip, B. (2020). Application of react (relating, experiencing, applying, cooperating, transferring) strategy to improve mathematical communication ability of junior high school students. Journal of Physics: Conference Series, 1521(3). https://doi.org/10.1088 /1742-6596/1521/3/032048

Nganga, L. (2019). Preservice teachers’ perceptions and preparedness to teach for global mindedness and social justice using collaboration, critical thinking, creativity and communication (4cs). Journal of Social Studies Education Research, 10(4), 26–57.

https://jsser.org/index.php/jsser/article/view/1262

National Council of Teacher of Mathematics (NCTM). 2000. Principles and Standars for School Mathematics. Reston, VA: NCTM.

Ningrum, P., Sains, J. P., & Semarang, U. M. (2016). Kata Kunci : Komunikatif, Berpikir Kreatif, Kolaboratif, Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Pendidikan Sains, 4(1), 17–28. https://doi.org/10.26714/jps.4.1.201 6.17-28

Nugraha, T. H., Nindiasari, H., & Syamsuri, S. (2019). Pengaruh Strategi Pembelajaran React Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Smp Berdasarkan Gender. Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education, 4, 16–27. https://doi.org/10.23969/symmetry. v4i1.1631

OECD. 2019. PISA 2018 Results Combined Executive Summaries (Volume I, II, dan III). OECD Publishing. (Online). Tersedia di: https://www. Oecdili brary.org/

Riyanto, A. I., & Muslim, S. (2014). Penerapan Srategi Pembelajaran REACT untuk Meningkatkan HASIL Belajar Siswa. Pendidikan Teknik Elektro., 3(2), 37–46. https://doi.org/10.26740/jpte.v3n2.p%25p

Sari. (2023). Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan Video Animasi Pembelajaran Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa.. Universitas Negeri Lampung. https://digilib.unila.ac.id/view/divisions/fkip/

Shidiq, A. S., & Yamtinah, S. (2019). Pre-service chemistry teachers’ attitudes and attributes toward the twenty-first century skills. Journal of Physics: Conference Series, 1157(4). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1157/4/042014

Siregar, Y. A., Lubis, A. M., & Harahap, E. M. (2024). Penerapan Metode Tutor Sebaya dalam Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP. JMES (Journal Mathematics Education Sigma) e-ISSN: 2720-9385 56, 5(1), 56–66. https://jurnal.umsu.ac.id/index.php/jmes/index

Situmeang, I. R. (2018). Prior Knowledge Peserta Didik Pada Problem Based Learning. Journal Methoda, 8(1), 80–87. https://doi.org/https://doi.org/10.46880/methoda.Vol8No1.pp80-88

Sugiyono. (2020). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D.

Taidi, Z., Kapahang, A., & Mamuaja, M. N. (2019). Efektivitas Strategi REACT Terhadap Hasil belajar Siswa Pada Materi Larutan Penyangga Di Kelas XI SMA Negeri 2 Langowan. Oxygenius Journal Of Chemistry Education, 1(2), 35. https://do i.org/https://doi.org/10.37033/ojce.v1i2.84

Usman, M. R. (2019). Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Melalui Strategi Pembelajaran Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Dan Transfering (React). SIGMA (Suara Intelektual Gaya Matematika), 11(2), 160–167. https://journal.unismuh.ac.id/index. php/sigma

Wiyono, Y. E. (2018). Pemanfaatan Tutor Sebaya Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Seni Budaya Dan Keterampilan Di Kelas VI SD Negeri Sendang 01 Kecamatan …. Janacitta (Journal of Primary and Children’s Education), 1(2). https://doi.org/https://doi. org/10.35473/jnctt.v2i2.337

Zahra Ihsani, A., Langitasari, I., & Affifah, I. (2020). Penerapan model pembelajaran REACT terhadap keterampilan berpikir kritis siswa pada konsep kelarutan dan hasil kali kelarutan. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 14(1), 2498–2511.

Zulfah. (2017). Tahap Preliminary Research Pengembangan LKPD Berbasis PBL untuk Materi Matematika Semester 1 Kelas VIII SMP. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 1–12. https://doi.org/ https://doi.org/10.31004/cendekia.v1i2.59




DOI: https://doi.org/10.21831/jpms.v13i1.82858

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JPMS Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains

 

 


Creative Commons License
Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains by http://journal.uny.ac.id/index.php/jpms is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

All rights reserved.

View JPMS Stats

==========================================================================================================

Supervised by:

RJI Main logo