Optimasi Penggunaan Laboratorium IPA di SMP: Evaluasi Ketersediaan Sarana Prasarana Laboratorium dan Kualitas Pembelajaran
Ita Yuliastuti, Universitas Siliwangi, Indonesia
Alfira Rayahu, Universitas Siliwangi, Indonesia
Yani Kristiani, Universitas Siliwangi, Indonesia
Romy Faisal Mustofa, Universitas Siliwangi, Indonesia
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Agustina, M. (2018). The Role of the Natural Science Laboratory (IPA) in Science Learning Madrasah Ibtidaiyah MI/SD (In Indonesian). At-Ta’dib: Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam, 10(1), 1–10.
Ahdila, A. I., Masykuri, M., & Hastuti, D. B. (2022). Efektivitas Pemanfaatan Laboratorium Dalam Pembelajaran Kimia Di Sma Negei 2 Boyolali. Jurnal Pendidikan Kimia, 11(2), 205–210. https://doi.org/10.20961/jpkim.v11i2.63552
Aprilia, S., Nur Wulandari, S., Dwi Agustina, K., Nurul Fitriyah Sulaeman, D., Studi Pendidikan Fisika, P., & Mulawarman, U. (2024). Mengeksplorasi Dampak Ketersediaan Peralatan pada Pelaksanaan Praktikum Fisika di Laboratorium SMA. Jurnal Literasi Pendidikan Fisika, 5(1), 49–58. http://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/JLPF
Barnawi, & Arifin, M. (2012). Manajemen Sarana dan Prasarana Sekolah. Ar-Ruzz Media.
Creswell. (2018). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches Approaches 5th Edition. In Writing Center Talk over Time. Sage Publications. https://doi.org/10.4324/9780429469237-3
Ekasriadi, I. (2024). Inovasi Pembelajaran Bahasa : Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Melalui Metode Cbl Dan Pjbl. Pedalitra, 4(1), 408–426.
Fathonah, A. R., Auliyani, D. S., Yunisa, I., Rasmuni, O. E., Najmiatusalwa, S. A., & Rizkyanfi, M. W. (2023). Kesehatan, keselamatan, dan pendidikan karakter: kunci keberhasilan dalam praktikum di laboratorium kimia. Jurnal Pendidikan Berkarakter, 6(4), 325–332.
Ghozali, I. (2017). Pendekatan Scientific Learning dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Pedagogik, 04(01), 1–13.
Gusnani, Y., Chiar, M., & Sukmawati. (2018). Pengelolaan Laboratorium IPA di Madrasah Tsanawiyah. International Conference on Teaching and Education (ICoTE), 2, 135–141. https://jurnal.untan.ac.id/index.php/icote/article/view/33951
Hamdani M., Prayitno B. A., & Karyanto P. (2019). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Melalui Metode Eksperimen. Proceeding Biology Education Conference, 16(Kartimi), 139–145.
Hartinah, S., Farhiati, E., & Apriani, D. (2023). Pengaruh Kompetensi Pedagogik, Pemanfaatan Sarana Laboratorium, dan Komitmen terhadap Kinerja Guru IPA SMP. Journal of Education Research, 4(4), 2320–2326.
Haryoko, S., Bahartiar, & Arwadi, F. (2020). Analisis Data Penelitian Kualitatif (Konsep,Teknik, & Prosedur Analisis).
Hasibuan, V. U., & Yani, F. (2024). Analisis Keterampilan Proses Sains Berbasis Praktikum di Universitas Haji Sumatera Utara. 4, 94–102.
Ika, I., Nisa, K., Riyandi, I. I., & Laffanillah, F. (2024). Pendidikan Holistik dalam Merangkul Spiritualitas dan Pengetahuan Empiris. 3.
Jamaluddin, N. S., Jumadi, O., & Hartono, H. (2023). Ketersediaan Prasarana Laboratorium Biologi Di SMAN 6 Wajo. Prosiding Seminar Nasional Biologi FMIPA UNM: Inovasi Sains Dan Pembelajarannya: Tantangan Dan Peluang, 599–607.
Klave, S., & Brinkmann, S. (2009). InterViews: Learning the Craft of Qualitative Research Interviewing. Sage Publications.
Kurniawati, D., & Widodo, W. (2023). Analisis Pemanfaatan Laboratorium dalam Pembelajaran IPA SMP/MTs. Jurnal Pendidikan Mipa, 13(2), 465–472. https://doi.org/10.37630/jpm.v13i2.1029
Lestari, W., Surtikanti, H., Rahman, T., & Riandi, R. (2025). Analisis Ketersediaan dan Standarisasi Sarana Prasarana Laboratorium IPA dalam Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Peserta Didik SMP. Jurnal Pendidikan Mipa, 15(3), 194–203. https://doi.org/https://doi.org/10.37630/jpm.v15i1.2471
Mamin, R. (2017). Inventarisasi Alat Dan Bahan Laboratorium Ipa Dengan Fitur Quick Response Code (Qr Code). Jurnal IPA Terpadu, 1(1), 95–105. http://ojs.unm.ac.id/index.php/ipaterpadu
Mardhiyana, D., & Sejati, E. O. W. (2016). Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Rasa Ingin Tahu Melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1(1), 672–688.
Nahsrullah, M. R., Tulasmi, T., & Yuniawan, R. (2020). Pengaruh Fasilitas Laboratorium Terhadap Minat Belajar Mahasiswa Program Studi Ekonomi Islam UII. El-Tarbawi, 13(2), 175–192. https://doi.org/10.20885/tarbawi.vol13.iss2.art4
Nurhayati, N. (2022). Laboratorium Sebagai Sarana Pembelajaran Ipa Dalam. Jurnal Literasiologi Nurhayati, 144(1).
Prayunisa, F., & Marzuki, A. D. (2024). Analisis Kesulitan Dalam Pelaksanaan Praktikum Ipa Sd Dan Ipa Terpadu Smp. Nusra: Jurnal Penelitian Dan Ilmu Pendidikan, 5(4), 17–23. https://doi.org/https://doi.org/10.55681/nusra.v5i4.3085
Rahman, D., Adlim, & Mustanir. (2015). Analisis Kendala Dan Alternatif Solusi Terhadap Pelaksanaan Praktikum Kimia Pada Slta Negeri Kabupaten Aceh Besar. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 03(02), 1–13. http://jurnal.unsyiah.ac.id/jpsi
Riyanto, A., & Susanti, R. (2023). Hambatan dan Solusi Pelaksanaan Praktikum IPA ( Studi kasus di SMP Negeri 3 Purwantoro Kabupaten Wonogiri ). September, 224–235.
Sari, P. I., Gunawan, G., & Harjono, A. (2017). Penggunaan Discovery Learning Berbantuan Laboratorium Virtual pada Penguasaan Konsep Fisika Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 2(4), 176–182. https://doi.org/10.29303/jpft.v2i4.310
Shulkhah, S. (2020). Penggunaan Laboratorium untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Siswa di MIN Yogyakarta 2. EduBase : Journal of Basic Education, 1(1), 1. https://doi.org/10.47453/edubase.v1i1.39
Sinta, I. M. (2019). Manajemen Sarana Dan Prasarana. Jurnal Islamic Education Manajemen, 4(1), 77–92. https://doi.org/10.15575/isema.v3i2.5645
Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Sukmana, N., & Langlangbuana, U. (2024). Peran Pendidikan Dalam Menyongsong Bonus Demografi Menuju Indonesia Emas Tahun 2045. Jurnal Darma Agung, 32(5), 306–316. https://doi.org/https://dx.doi.org.10.46930/ojsuda.v32i5.4825 P-ISSN:0852-7296
DOI: https://doi.org/10.21831/jpms.v13i1.84339
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
JPMS Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains
Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains by http://journal.uny.ac.id/index.php/jpms is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
All rights reserved.
==========================================================================================================
Supervised by:
