Identifikasi Komponen Model Pelatihan Pedagogi untuk Meningkatkan Profesionalitas Calon Guru Kejuruan
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan komponen model pelatihan pedagogi untuk meningkatkan profesionalitas calon guru kejuruan. Studi ini direncanakan akan memerlukan waktu tiga tahun. Pada tahun pertama dihasilkan komponen model pelatihan pedagogik beserta ujicoba pada skala internal UNJ. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif yang berdurasi selama tiga tahun. Luaran penelitian pada tahun pertama adalah identifikasi komponen model pelatihan pedagogik, tahun kedua menghasilkan model pelatihan pedagogi dan tahun ketiga menguji efektivitas model dengan mengintegrasikan mata kuliah kependidikan yang bersifat prerequisit sehingga setiap mahasiswa yang telah menyelesaikan matakuliah kependidikan akan memiliki kompetensi pedagogik yang dapat meningkatkan profesionalitas keguruannya.Penelitian ini menggunakan desain research and development dengan mengadopsi model latihan keterampilan kerja (skill training for the job). Subyek penelitian adalah mahasiswa di Fakultas Teknik Universitas Negeri Jakarta. Tahun pertama menempuh alur sebagai berikut: (1) studi literatur, (2) pengumpulan data lapangan dan triangulasi data, (3) deskripsi dan analisis temuan terhadap komponen model pembelajaran yang terdapat pada pendidikan kejuruan. Target yang dicapai pada tahun pertama yaitu identifikasi komponen model pelatihan pedagogik.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Borg, W. R., dan Gall, M. D. 1983. Educational Research: An Introduction. New York: Longman Inc.
Depdiknas. 2004. Kurikulum SMK Edisi 2004. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Menengah dan Kejuruan
Joni, R. 1996. Pembelajaran Terpadu. Makalah Untuk Program Pelatihan Guru Pamong. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan
Mustopa Kamal. 2003. Model-model Pelatihan. Bandung: UPI
Peraturan Pemerintah No 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan
Ridwan, Sunarto 2010. Pengantar Statistika. Cetakan Ketiga. Jakarta: Alfabeta
Undangundang RI Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen
DOI: https://doi.org/10.21831/jptk.v23i1.9487
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2016 Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Online (e-ISSN): 2477-2410 || Printed (p-ISSN): 0854-4735
Jurnal Pendidikan Teknologi Kejuruan by http://journal.uny.ac.id/index.php/jptk was distributed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
View My StatsSupported by:
Social Media: