Manajemen Pelatihan Porgram Komputer di Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) Gama Nusantara Kudus
Fakhrudin Fakhrudin, Universitas Negeri Semarang, Indonesia
Yudi Siswanto, Universitas Negeri Semarang, Indonesia
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan manajemen pelatihan komputer di LKP Gama Nusantara Kudus. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, subyek penelitian yaitu 5 orang yang terdiri dari 1 pengelola LKP Gama Nusantara, 1 instruktur pelatihan komputer, dan 3 peserta pelatihan komputer. Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Teknik analisis data dengan tahap pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen pelatihan komputer di LKP Gama Nusantara terkait perencanaan, untuk merencanakan diawali dengan menganalisis kebutuhan peserta, penetapan tujuan pelatihan, penyusunan kurikulum pelatihan, penetapan materi, dan media pembelajaran. Sedangkan pelaksanaan meliputi pembinaan keakraban, identifikasi kebutuhan, penetapan kontak pembelajaran, proses pembelajaran, dan tes akhir peserta pelatihan. Bentuk evaluasi yang diterapkan pada program pelatihan kursus komputer di LKP Gama Nusantara dengan mengadakan tes teori dan praktik.
Computer Training Management Program at Gama Nusantara Kudus Courses and Training Institution (LKP)
Abstract
This study aims to describe the management of computer training at LKP Gama Nusantara Kudus. This research uses a qualitative approach, the research subjects are 5 people consisting of 1 manager of LKP Gama Nusantara, 1 computer training instructor, and 3 computer training participants. Data collection techniques used through observation, interviews, and documentation. For the validity of the data using technique triangulation and source triangulation. Data analysis techniques with the stages of data collection, data reduction, data presentation, and drawing conclusions. The results of the study show that the management of computer training at LKP Gama Nusantara is related to planning, planning begins with analyzing the needs of the participants, setting training objectives, preparing training curricula, determining materials and learning media. While the implementation includes building familiarity, identifying needs, determining learning contacts, learning processes, and final tests of trainees. The form of evaluation applied to the computer course training program at LKP Gama Nusantara is by holding theoretical and practical tests.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adisasmita, R. (2011). Pengelolaan Pendapatan dan Anggaran Daerah. Graha Ilmu : Yogyakarta.
Ansah, A., & Rita, Q. (2019). Effects of Training on Employee Performance in Ga East Hotels. Acta Scientific Paediatrics, 2(7), 02–07. https://doi.org/10.31080/aspe.2019.02.0091
Apriliana, S. D., & Nawangsari, E. R. (2021). Pelatihan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) Berbasis Kompetensi. Forum Ekonomi, 23(4), 804–812. https://doi.org/10.30872/jfor.v23i4.10155
Aryaningrat, R. A. R., & Hidayat, A. N. (2023). Manajemen Pengorganisasian Pada Lembaga Kursus Dan Pelatihan (LKP) Cambridge Post Kecamatan Majalaya – Kabupaten Bandung. Jurnal Ilmu, 2(1), 13–20.
Ashary, L. (2019). Pentingnya Pelatihan Dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Terhadap Peningkatan Kinerja Karyawan Pada Kfc Jember. CERMIN: Jurnal Penelitian, 3(2), 158. https://doi.org/10.36841/cermin_unars.v3i2.464
Daft, R. L. (2010). Era Baru Manajemen. Salemba Empat.
Fakhruddin. (2011). Evaluasi Program Pendidikan Non Formal.
Fauzi, E. R., & Widiastuti, N. (2018). Peran Lembaga Kursus dan Pelatihan Menjahit dalam Memperkuat Manajemen Pemberdayaan Masyarakat di Desa Padalarang. Jurnal Comm-Edu, 1((2)), 30–35.
Fitriani, R. D., Hendrawijaya, A. T., & Ariefianto, L. (2019). PERAN METODE PRAKTEK DALAM PENGUASAAN KETERAMPILAN BERBAHASA INGGRIS PESERTA PELATIHAN DI LKP ANDI’S ENGLISH COURSE BUDUAN KABUPATEN SITUBONDO. Learning Community : Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 3(1), 49. https://doi.org/10.19184/jlc.v3i1.13573
Haryati, R. A. (2019). Analisis Pelaksanaan Program Pelatihan dan Pengembangan Karyawan: Studi Kasus Pada PT Visi Sukses Bersama Jakarta. Widya Cipta - Jurnal Sekretari Dan Manajemen, 3(1), 91–98. https://doi.org/10.31294/widyacipta.v3i1.5185
Hertanti, S., Nursetiawan, I., Garvera, R. R., & Asep Nurwanda. (2019). Pelaksanaan Program Karang Taruna Dalam Upaya Meningkatkan Pembangunan Di Desa Cintaratu Kecamatan Parigi Kabupaten Pangandaran. MODERAT, 5.
Jaya, F. (2019). Perencanaan Pembelajaran.
Karim, R. Al. (2019). Impact of Different Training and Development Programs on Employee Performance in Bangladesh Perspective. International Journal of Entrepreneurial Research, 2(1), 8–14. https://doi.org/10.31580/ijer.v1i2.497
Kuruppu, C. ., Kavirathne, C. ., & Karunarathna, N. (2021). The Impact of Training on Employee Performance in a Selected Apparel Sector Organization in Sri Lanka. Global Journal of Management and Business Research: A Administration and Management, 21(2), 13–20.
Lateiner, A. R. (2002). “Teknik Memimpin pegawai dan Pekerja” Terjemahan Imam Sudjono. Jakarta : Akasara Baru.
Maulana, A. (2021). Analisis Pelatihan Dan Pengembangan Sumber Daya Manusia. YUME : Journal of Managemen, 4, 64–69.
Miles, M. B., Huberman, A., & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebooks. Sage Publications.
Nina Kharina, E., Husnika, E., & Handani, F. (2022). Peran LKP Dalam Membantu Meningkatkan Perekonomian Masyarakat Dengan Berwirausaha Sesuai Dengan Keterampilan Yang Dimiliki. Journal of Millennial Community, 3(2). https://doi.org/10.24114/jmic.v3i2.32343
Nugrahani, F. (2014). Metode Penelitian Kualitatif dalam Penelitian Pendidikan Bahasa.
Purwanti, R., & Pandansari, P. (2023). Manajemen Strategi Pada Lembaga Kursus Dan Pelatihan ( LKP ) Dessy Kecamatan Bergas. Lokawati: Jurnal Penelitian Manajemen Dan Inovasi Riset, 1(4), 226–239.
Raco, J. (2010). Metode penelitian kualitatif: jenis, karakteristik dan keunggulannya. PT Grasindo. https://doi.org/10.31219/osf.io/mfzuj
Robbins, S. P., & Judge, T. A. (2007). Organizational Behavior. Prentice-Hall of India.
Rogers, E. M. (2019). Diffusion of innovations. 3Th edn. The Free Press. https://doi.org/10.4324/9780203710753-35.
Setiawan, D. (2017). Dampak Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi Terhadap Budaya. Jurnal Pendidikan, 2.
Sihombing, P., & Verawati, D. M. (2020). Pelatihan Dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (Studi Kasus PD BPR Bank Bapas 69 Magelang). Jurnal Maneksi, 9, 389–395.
Sudjana, S. (2007). Sistem dan Manajemen Pelatihan. Falah Production.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.
Sugiyono, S. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. ALFABETA, CV.
Sunarni, S. (2023). Analisis SWOT Dalam Menentukan Strategi Kursus Dan Pelatihan Studi Pada LKP Sunakis Institute Di Bekasi. Wawasan: Jurnal Ilmu Manajemen, Ekonomi Dan Kewirausahaan, 1(4), 223–236.
Tambunan, T. T. . (2003). Usaha Kecil dan Menengah di Indonesia, Beberapa Isu Penting. Salemba Empat, Jakarta.
Wijiastuti, S., Widodo, Z. D., & Darmaningrum, K. (2021). Pengelolaan Sumber Daya Manusia Pada Industri Kreatif Sablon ( Zee Screenprinting) Karanganyar Di Masa Pandemi Covid-19. Publik: Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia, Administrasi Dan Pelayanan Publik, 8(1), 58–66. https://doi.org/10.37606/publik.v8i1.171
DOI: https://doi.org/10.21831/diklus.v7i1.60851
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Diklus: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Our journal indexed by:
Diklus: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah by https://journal.uny.ac.id/index.php/jurnaldiklus is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. |
Diklus Stats |