Taman Penitipan Anak se-Kapanewon Depok Sleman Yogyakarta: Kendala dan Solusi

Muthmainah Muthmainah, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Nur Cholimah, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Eka Sapti Cahya Ningrum, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Prayitno Prayitno, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui kendala, materi yang diperlukan, dan solusi bagi para pengasuh dan pendidik di Tempat Penitipan Anak (TPA) se-Kapanewon Depok Sleman Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif yang menggunakan kuesioner sebagai instrumen utama dan wawancara sebagai pelengkap. Data selanjutnya dianalisis secara kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Kendala yang dihadapi meliputi 41.7 % terkait strategi pelibatan orang tua; 16.7 % terkait pengembangan kurikulum TPA; 16.7 % terkait penilaian dan pelaporan perkembangan anak; dan 8.3 % terkait stimulasi perkembangan anak berbagai usia, 2) Materi yang diperlukan yaitu 50 % pendidik dan pengasuh TPA memerlukan materi tentang deteksi dini tumbuh kembang; 25 % tentang pengembangan kurikulum TPA; dan 25 % tentang pengembangan ragam stimulasi perkembangan anak berbagai usia, termasuk pada anak berkebutuhan khusus, 3) Solusi yang diharapkan yaitu psikoedukasi, workshop dan pendampingan berkala sesuai kebutuhan. Pengasuh TPA memiliki tanggung jawab yang besar, serta perlu dipikirkan dan direalisasikan terkait peningkatan kompetensi, kesejahteraan, dan kerjasama dengan berbagai pihak terkait, khususnya orang tua.   


Keywords


TPA, kendala, solusi, anak

Full Text:

PDF

References


Asmawati, L. (2016). Pengelolaan Kegiatan Pengembangan Anak Usia Dini. Universitas Terbuka - Kementerian Riset, Teknologi, Dan Pendidikan Tinggi, 1.

Conley, A. (2010). Childcare: Welfare or investment? International Journal of Social Welfare, 19(2). https://doi.org/10.1111/j.1468-2397.2009.00665.x

Fazrin, I., Widiana, D., Trianti, I. R., Baba, K. J., Amalia, N. M., & Smaut, M. Y. (2018). Pendidikan Kesehatan Deteksi Dini Tumbuh Kembang pada Anak di Paud Lab School UNPGRI Kediri. Journal of Community Engagement in Health, 1(2).

Finch, J. E., Johnson, A. D., & Phillips, D. A. (2015). Is sensitive caregiving in child care associated with children’s effortful control skills? An exploration of linear and threshold effects. Early Childhood Research Quarterly, 31. https://doi.org/10.1016/j.ecresq.2014.12.007

Firdaus, V., & Hasanah, H. (2017). Desain Training Guru Paud Melalui Analisis Kebutuhan Training. Desain Training Guru Paud Melalui Analisis Kebutuhan Training Untuk Meningkatkan Kinerja Guru Paud, analysis training needs.

Gunawan, G., Destiana, R., & Rusmil, K. (2011). Gambaran Perkembangan Bahasa dan Berbicara Anak Usia 0-3 Tahun. Sari Pediatri, 13(1), 21–25.

Hornby, G. (2011). Parental Involvement in Childhood Education: Building Efecctive School-Family Partnership. Springer.

Humaedi, H., Saparia, A., Nirmala, B., & Abduh, I. (2021). Deteksi Dini Motorik Kasar pada Anak Usia 4-6 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1). https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.1368

Kemendikbud RI. (2015). Petunjuk Teknis Penyelenggaraan Taman Penitipan Anak. In Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Mardhiyah, A., Sriati, A., & Prawesti, A. (2017). Analisis Pengetahuan dan Sikap Kader tentang Deteksi Dini Tumbuh Kembang Anak di Desa Pananjung, Kabupaten Pangandaran. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(6).

Morrison, G. S. (2012). Dasar- dasar Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Fundamentals of Early Childhood Education.

Mutofa, B. (2016). Dasar-Dasar Pendidikan Anak Pra Sekolah. Parama Ilmu.

Nur, D. R. N., Husodo, B. T., & P, P. N. (2018). Faktor-faktor yang berhubungan dengan evaluasi program deteksi dini tumbuh kembang balita di Taman Posyandu Puskesmas Lamongan. Jurnal Kesehatan Masyarakat, 6(1).

Hidayat, A. (2021). Alpha generation education: future challenges for indonesian teachers. Jejak Pustaka.

Hilman, A. M. (2022). Parenting: 7 tahun pertama yang begitu berharga. Kiblat Pengusaha Indonesia.

Lubis, M. Y. (2019). Mengembangkan Sosial Emosional Anak Usia Dini melalui Bermain. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 47–58. https://doi.org/https://doi.org/10.25299/ge.2019.vol2(1).3301

Mc Crindle, M. (2021). Understanding generation alpha. McCrindle Research Pty Ltd.

Nuraini, Y. S. (2009). Konsep dasar pendidikan anak usia dini. Indeks.

Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 7 Tahun 2022 Tentang Standar Isi Pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, Dan Jenjang Pendidikan Menengah. (2022). Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Republik Indonesia.

Prayitno, P., Syamsudin, A., Pamungkas, J., Harun, H., & Sudaryanti, S. (2021). Implementasi pembelajaran seni rupa paud di masa pandemi covid-19. Jurnal Pendidikan Anak, 10(2), 128–136. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/jpa.v10i2.44103

Valencia, V., Luis, F., & Dubian, G. G. (2019). Pengaruh Bermain Terhadap Kreativitas Anak Usia Dini. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 2.

Pratiwi, D. (2017). Psikoedukasi Untuk Meningkatkan Pemahaman Tentang Problem Insomnia Pada Lansia. Open Access, 5(1).

Rachmaniah, D. (2012). Pengaruh psikoedukasi terhadap kecemasan dan koping orang tua dalam merawat anak dengan Thalasemia mayor di RSU Kabupaten Tangerang Banten [Thesis]. Universitas Indonesia.

Ratnaningsih, I. Z., Prihatsanti, U., & Prasetyo, A. R. (2017). Pelatihan Bagi Kader Pendidikan Anak Usia Dini (Paud) Kecamatan Banyumanik Semarang. Info, 17(2).

Sulistyoningtyas, S., & Fitriyanti, E. (2020). Pelatihan deteksi dini tumbuh kembang balita dengan KPSP pada guru TK ABA kecamatan Wirobrajan Yogyakarta. JURNAL INOVASI ABDIMAS KEBIDANAN (JIAK) , 1(1), 23–27.

Syahrul, S., & Nurhafizah, N. (2021). Analisis Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Perkembangan Sosial dan Emosional Anak Usia Dini Dimasa Pandemi Corona Virus 19. Jurnal Basicedu, 5(2). https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.792

Wahyuni, S. (2014). Perencanaan Strategis Pengembangan Lembaga PAUD Terpadu: Studi multikasus pada Tiga Lembaga PAUD Terpadu di Kota Malang [ Laporan Penelitian]. Malang: Universitas Negeri Malang.

Wahyuni, S. (2015). Peningkatan Nilai Strategis Jasa Layanan Lembaga PAUD: Studi Multisitus pada Tiga Lembaga PAUD di Kota Malang [Disertasi]. Universitas Negeri Malang.

Wahyuni, S., & Mutadzakir, A. (2015). Pembinaan karakter pendidik PAUD berbasis nilai-nilai agamis. Jurnal Pendidikan Nonformal, 9(1).

Wiyani, N. A. (2016). Konsep dasar PAUD. Gava Media.

Zedan, R. (2011). Parent involvement according to education level, socio-economic: Situation, and number of family members. Journal of Educational Enquiry, 11(1).




DOI: https://doi.org/10.21831/diklus.v8i2.74505

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Diklus: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Our journal indexed by:

 
 
Creative Commons LicenseDiklus: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah by https://journal.uny.ac.id/index.php/jurnaldiklus is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Diklus Stats